Review BMW 3 Series Touring 2020: Penyempurna Kebangkitan BMW Seri 3

18/04/2020

Share this post:

BMW 3 Series 2020

Editor rate:

Rp. 1.289.000.000

Daftar mobil BMW 3 Series dijual Lihat promo

BMW 3 Series Touring mempertahankan nilai sebagai Driver’s Car yang tetap memanjakan keluarga. BMW Indonesia kini secara resmi mulai memasarkannya di Tanah Air

Review BMW 3 Series Touring 2020: Penyempurna Kebangkitan BMW Seri 3
Review BMW 3 Series Touring 2020: Penyempurna Kebangkitan BMW Seri 3
0 Gambar

Pengantar BMW 3 Series 2020

Mari kita simak spesifikasi BMW 3 Series 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kapasitas bagasi meningkat, menambah fleksibilitas dalam menaruh barang

Membesarnya dimensi mobil tidak mempengaruhi sensasi berkendara, yang justru semakin membaik

Fitur pengemudian dan keselamatan yang sangat mumpuni

Kekurangan

Varian yang dimasukkan tidak terlalu spesial dari sisi performa

Harga yang relatif mahal

Review BMW 3 Series Touring 2020 - Setelah BMW 3 Series sedan (G20) diperkenalkan pada gelaran Paris Motorshow, Oktober 2018, dan dijual secara resmi Maret 2019. Kini giliran model Touring, atau biasa disebut juga Station Wagon yang diperkenalkan di Indonesia mulai April 2020.

Gambar sebuah mobil BMW E30 Touring 2020 warna merah dilihat dari sisi depan

Sejak pertama kali dijual BMW 3 Series Wagon telah laku terjual 1,7 juta unit

Ini merupakan generasi keenam BMW 3 Series Touring, yang telah terjual lebih dari 1,7 juta unit sejak 1987. Dan hadir untuk memberi perlawanan terhadap Audi A4 Avant, Mercedes C-Class Estate, dan Volvo V60 dalam pertarungan di kelas Wagon, atau biasa disebut juga Estate.

Di Indonesia, BMW 3 Series Touring memiliki tempat tersendiri di hati pecinta mobil. Karena jumlahnya tidak sebanyak model sedan, mobil ini jadi incaran para kolektor yang akhirnya membuat harga jual mobil ini terkerek naik.

Setelah menunggu hampir satu tahun, akhirnya BMW Group Indonesia meluncurkan BMW 320i Touring M Sport melalui kerja sama dengan e-Commerce Tokopedia. Penasaran bagaimana penilaian kami terkait eksterior, interior, dan rasa berkendara BMW 3 Series Touring 2020, khususnya 320i Touring M Sport yang baru saja launching di Indonesia? Simak review lengkapnya di sini.

Eksterior BMW 3 Series 2020

Perubahan desain BMW 3 Series Touring 2020 tidak membuat kami terkejut, ya karena pada dasarnya ini masih sebuah BMW Seri 3. Maka, jangan heran jika tampilan dari pilar-B ke depan sangat identik seperti model sedan.

Dimensi eksteriornya kini semakin besar dibanding pendahulunya dengan panjang yang bertambah 76 mm menjadi 4.709 mm, lebih lebar 16 mm menjadi 1.827 mm, dan lebih tinggi 8 mm menjadi 1.470 mm. Jarak sumbu roda lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm dan tracks lebar berkontribusi pada pengendalian yang lebih sporty dan lincah.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Eksterior depan 

Gambar sebuah mobil BMW 320i Touring M Sport 2020 dari sisi depan

Jika dilihat dari depan, tampilan BMW 3 Series Touring sangat identik dengan sedan

Kami tak bisa menemukan perbedaan antara BMW 3 Series Touring 2020 dengan varian sedan yang telah lebih dulu diperkenalkan. Namun, menurut kami itu justru hal bagus. Kami sangat menyukai desain berani dan agresif yang dianut BMW dalam perancangan generasi keenam BMW 3 Series, hal tersebut berhasil diterapkan dengan sempurna ke dalam wagon.

Desain lampu depan yang lebih agresif, empat garis tegas pada bagian bonnet yang mengarah ke grill depan, serta lekukan agresif dari lampu menuju bumper bawah memberi kesan sangar pada BMW 3 Series Touring 2020 ini.

BMW LaserLight terbaru juga memperkuat tampilan depan mobil. Ini merupakan fitur teknologi tinggi BMW yang tawarkan glare-free hi-beam dan konsumsi energi yang lebih efisien.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Eksterior samping

Gambar sebuah mobil BMW 320i Touring M Sport 2010 dari sisi samping

Guratan garis tegas di bagian samping memberi kesan sporty

BMW 3 Series Touring 2020 diklaim memiliki dimensi lebih besar ketimbang pendahulunya, ini dapat terlihat dari wheelbase yang lebih panjang 41mm, serta front track (43mm) dan rear track (21mm) yang lebih lebar dari generasi sebelumnya. Desain tegas juga terlihat dengan garis body yang melintang dari bumper depan hingga lampu belakang, BMW juga tak lupa menyisipkan Hoffmeister Kink yang jadi identitas pabrikan Bavaria itu di kaca belakang.

Review BMW 3 Series Touring 2020: Eksterior belakang 

Gambar sebuah mobil BMW 320i Touring M Sport 2020 dari sisi belakang

Bagian belakang BMW 3 Series Touring tampak sangat berisi

Beralih ke belakang, kita langsung menyadari bahwa generasi terbaru BMW 3 Series Touring lebih berisi ketimbang pendahulunya, terlihat dari overfender yang membuat bokong mobil ini tampak sangat padat.

Kesan sporty hadir dengan hadirnya lekukan yang tampak seperti spoiler di bawah kaca belakang, serta pemasangan twin-pipe exhaust system yang membuat wagon ini tampak seperti mobil performa tinggi.

Bukan hanya sporty, mobil ini juga terasa lebih lega dengan kaca belakang yang lebih lebar 20mm dibanding versi sebelumnya. Untuk lampu belakang, BMW 3 Series Touring 2020 menggunakan desain serupa seperti varian sedan.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Velg dan Ban 

Gambar menunjukkan Pelek BMW 330i Touring M Sport 2020

Jika Anda menginginkan tampilan sporty, kami sarankan Anda mengambil varian M Sport

BMW 3 Series Touring 2020 sejatinya menawarkan tiga trim, yakni  SE, Sport, M Sport, sementara di Inggris mendapatkan satu varian tambahan, yakni M Sport Plus Edition.

Tiap trim memiliki spesifikasi pelek dan ban yang berbeda-beda, SE memperoleh pelek 17 inci, Sport mendapatkan pelek 18 inci, sedangkan M Sport (foto) menggunakan pelek two-tone palang lima 19 inci yang dibalut dengan ban Pirelli P-Zero.

Untuk model 320i Touring M Sport yang hadir di Indonesia, digunakan velg alloy-ringan 19 inci BMW Individual Double-spoke style 793 I Bi-colour orbit grey matt dengan ban run-flat tyre berukuran 225/40 R19 - 255/35 R19. Mobil ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper 4-piston di depan dan kaliper 2-piston di belakang. Kaliper dicat biru dengan embos logo BMW M untuk memperkuat kesan sporty.

>>> Mungkin Anda tertarik: 


Interior BMW 3 Series 2020

Sama seperti sedan, BMW 3 Series Touring 2020 mengadopsi desain kokpit yang modern namun elegan. Interiornya tampak seperti sportscar Z4, di mana panel instrumennya terintegrasi dengan layar infotainment. Untuk material kabin, BMW meningkatkan kualitas bahan-bahan yang digunakan seperti plastik keras serta kulit untuk memberikan kenyamanan bagi para pemakainya.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Dashboard dan Kemudi

Gambar bagian kabin BMW 320i Touring M Sport 2020

Penggunaan material berkualitas tinggi memastikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang

Sama seperti sedan, BMW 3 Series Touring 2020 mendapatkan layar instrumen sebesar 12,3 inci menggunakan desain baru dan disesuaikan dengan level trim yang tersedia.

Layar tersebut bersebelahan dengan konsol iDrive yang memiliki dimensi yang berbeda-beda, pada trim SE, Anda akan mendapatkan layar infotainment sebesar 9 inci, dan pada varian M Sport yang hadir kali ini menggunakan layar 10 inci.

Beralih ke bawah, Anda akan disuguhkan desain konsol tengah baru yang lebih elegan dengan aksen logam, di sana ada banyak tombol fungsi seperti start/stop engine, serta tombol mode untuk sejumlah pengaturan yang berbeda.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Kursi

Atap panoramic BMW 320i Touring M Sport 2020

Kesan luas hadir dengan adanya panoramic sunroof

Desain bangku terbaru meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan jarak jauh. Ruang bahu di kabin bagian depan kini lebih lapang, ruang kepala yang juga lebih leluasa dibandingkan pendahulunya. Selain itu, kabin belakang memberikan ruang kaki ekstra dan kemudahan masuk dan keluar lebih optimal bagi penumpang plus ruang lebih privasi berkat Roller-sunblind. Bangku belakang juga dapat mengakomodasi tiga kursi anak, yang dua di antaranya dapat dipasang dengan kaitan ISOFIX. Mobil ini juga dilengkapi sistem pendingin udara 3-zona otomatis. Yang lebih menyenangkan, Panoramic glass-roof memberikan kesan lapang bagi semua penumpang.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Bagasi

Layout bagasi rata lantai BMW 330i Touring M Sport 2020

Bagasi BMW 3 Series Touring kini lebih luas dari sebelumnya

Salah satu daya tarik dan faktor penting dalam pemilihan station wagon adalah bagasi yang besar, membesarnya dimensi BMW 3 Series Touring 2020 berdampak pada kapasitas bagasi yang membesar, yakni 500 liter. Kapasitas ini berarti lebih besar ketimbang Mercedes C-Class Estate, meski belum bisa mengalahkan kapasitas 529 liter milik Volvo V60. Jika dirasa belum cukup, kapasitas muatan dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.510 liter dengan melipat sandaran bangku belakang 40:20:40. Sandaran bangku belakang ini juga dapat dengan mudah direbahkan hanya dengan menekan sebuah tombol sehingga meningkatkan tingkat keptraktisan all-new BMW 320i Touring M Sport.

>>> Baca juga:

Fitur BMW 3 Series 2020

BMW 3 Series Touring 2020 mendapatkan segudang fitur yang ditanamkan, hal ini lumrah mengingat generasi sebelumnya telah beredar tujuh tahun, dan butuh pembaruan fitur besar-besaran agar dapat mengimbangi produk rival.

Berbagai macam teknologi terbaru disematkan dalam mobil ini, mulai dari personal assistance, fitur mengemudi, serta kepraktisan. Ingin tahu lebih jelasnya, simak review fitur BMW 3 Series Touring 2020 berikut ini:

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): BMW Operating System 7.0 dan Intelligent Personal Assistant

Sistem iDrive pada mobil BMW 330i touring M Sport 2020

Mungkin Anda bisa memanggil mobil Anda dengan sebutan "Hey Sayang?"

BMW Operating System 7.0 terbaru menjadi otak untuk mengoptimalkan sistem kendali dan display dengan fungsi digital modern sesuai dengan kebutuhan pengemudi. BMW Live Cockpit Professional menunjukkan display yang dirancang sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan pada panel instrumen 12,3 inci dan Display Control 10.25 inci. Untuk pengoperasian intuitif, pengemudi dapat memilih fungsi layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan gesture control.

Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara "Hey BMW". Ia dapat menjadi co-driver yang ideal dan akan menemani Anda selama berkendara dengan menanggapi perintah suara yang diberikan, seperti menangani hiburan onboard yang disediakan oleh sistem suara surround Harman Kardon. All-new BMW 320i Touring M Sport ini juga telah dilengkapi dengan Apple CarPlay.

Review BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport): Fitur berkendara

Gambar sebuah mobil BMW 320i Touring M Sport

BMW 3 Series Touring 2020 punya rigiditas lebih baik ketimbang pendahulunya

Rigiditas bodi BMW 3 Series Touring meningkat sekitar 25 persen secara keseluruhan bahkan hingga 50 persen di beberapa bagian. Tak hanya itu, BMW Seri 3 Touring terbaru memiliki pusat gravitasi rendah dan distribusi berat 50:50 nan seimbang. Aerodinamika telah dioptimalkan dengan drag coefficient yang mencapai 0,27. Suspensi BMW M Sport memiliki peredam yang dikontrol secara elektronik, dengan dua varian suspensi opsional, yang masing-masing terhubung dengan teknologi kemudi sport variabel, sehingga memastikan performa sporty dan kenyamanan berkendara pada level tertinggi.

Review BMW 3 Series Touring 2020: Fitur kepraktisan

Gambar sebuah mobil BMW 330d xDrive Touring Luxury 2020 dengan Kaca belakang terbuka

Salah satu fitur yang memudahkan di BMW 3 Series Touring, kaca belakang yang bisa dibuka secara terpisah

Sama seperti generasi pendahulunya, BMW 3 Series Touring 2020 juga memiliki kaca belakang yang dapat dibuka secara terpisah, dengan bukaan yang lebih lebar 20 mm dibandingkan model sebelumnya, memberinya kepraktisan untuk mengambil barang-barang yang ada di bagian atas kargo. 

Mobil ini juga telah dilengkapi tailgate otomatis. Opsi Comfort Access 2.0 memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu bagasi tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati mobil. Memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah, berkat lebar kompartemen yang bertambah 112 mm, serta derajat buka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 mm lebih lebar di bagian atasnya.

>>> Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019, Spesifikasi dan Harga

Operasi BMW 3 Series 2020

Mesin BMW B58 yang digunakan pada trim M340i Touring xDrive

Mesin yang digunakan trim tertinggi BMW 3 Series Touring 2020, M340i xDrive

Sama seperti sedan, Ada enam varian mesin yang dapat anda pilih untuk BMW 3 Series Touring 2020, tiga mesin bensin dan tiga mesin diesel, dengan masing-masing menggunakan turbocharger.

Khusus untuk BMW 320i Touring M Sport, mesin yang digunakan berkapasitas 1.998cc turbo berkode B48B20, yang menghasilkan tenaga 184 HP dan torsi 300 Nm, dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. 

Kombinasi powertrain ini menghasilkan perpaduan yang sangat baik antara performa dan efisiensi bahan bakar, di mana akselerasi dari 0-100 bisa ditempuh dalam waktu 7,5 detik dengan konsumsi bahan bakar 14,9 km/l. Meski terhitung cukup baik, performa seperti ini tidaklah spesial. Dan akan lebih baik lagi jika ada tambahan varian yang lebih kencang.

Spesifikasi BMW 3 Series 2020

Spesifikasi BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport):

Spesifikasi BMW 3 Series Touring 2020 (320i Touring M Sport)

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.709 mm x 1.827 mm x 1.470 mm

Jarak Poros Roda

2.851 mm

MESIN

Tipe Mesin

BMW B48B20 Inline-4 1.998 cc Turbocharged

Daya/Torsi Maksimum

184 HP/300 Nm

Sistem Transmisi

8-Speed Automatic

Akselerasi 0-100 kpj/Konsumsi BBM

7,5 detik  / 14,9 km/l

HANDLING

Suspensi Depan

Double-joint spring-strut axle

Suspensi Belakang

Five-link axle

Rem Depan - Belakang

M Sport bakes 4-piston calipers (front) and 2-piston calipers (belakang)

Pelek dan ban

Pelek: BMW Individual Double-spoke style 793 I 19 inch

Ban: 225/40 R19 (depan) 255/35 R19 (belakang)

FITUR

Fitur Pengemudian

Parking Assistant with Reverse Assistant

Fitur Hiburan

BMW Operating System 7.0 with BMW Live Cockpit Professional and Intelligent Personal Assistant, AppleCar Play Wireless

Daftar Harga BMW 3 Series 2020

BMW Group Indonesia menghadirkan BMW 3 Series Touring dengan varian 320i Touring M Sport, yang tersedia dalam jumlah terbatas dan hanya dijual melalui Official Store BMW di Tokopedia dengan harga Rp. 1.289.000.000,- off-the-road.

Termasuk di dalamnya BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan BMW 3 Series 2020

BMW 320i Touring M Sport tampak atas

BMW 3 Series Touring 2020 dijual di Indonesia mulai April 2020

Well, BMW 3 Series Touring 2020 adalah mobil yang menarik. Fungsional, asyik dikendarai, dan punya basis penggemar cukup besar di Indonesia, tentu ini adalah mobil yang dapat Anda nikmati sehari-hari, dan bisa jadi investasi jangka panjang jika melihat bagaimana gilanya harga bekas BMW Touring generasi terdahulu.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Derry Munikartono
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

back to top