Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

14/03/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Mercedes-Benz sekali lagi membuktikan bahwa unsur kepraktisan khas mobil wagon bisa dipadukan dengan desain sensual khas Coupé lewat Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019.

PENGANTAR Mercedes-Benz CLA 2019

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019Nama Mercedes-Benz CLA-Class memang identik dengan desain mobil kompak bercita rasa rasa sensual. Sejak tahun 2015, Mercedes-Benz CLA selain hadir dalam versi sedan juga hadir dalam versi ‘wagon’ atau yang lebih dikenal dengan nama Shooting Brake.

Gambar menunjukkan Generasi 1 Mercedes-Benz CLA Shooting Brake berwarna abu-abu dilihat dari sebelah kanan

Sosok Mercedes-Benz CLA Shooting Brake generasi pertama

Memiliki kode bodi X117, Mercedes-Benz CLA generasi pertama memiliki kesamaan secara dimensi panjang dan wheelbase dan fitur dengan CLA sedan generasi pertama. Perbedaan yang paling kentara pastinya adalah dari area pilar B hingga D dibuat lebih tinggi dan tidak menukik a la bentuk coupe, serta ruang bagasi lebih luas.

Hal yang serupa juga terjadi saat Mercedes-Benz CLA yang masuk ke dalam keluarga New Generation Compact Cars (NGCC) Mercedes-Benz generasi kedua hadir. Tak berselang lama setelah debut di CES 2019, pada Geneva Motor Show 2019 giliran Mercedes-Benz CLA Shooting Brake yang hadir ke depan mata publik. Kira-kira apa yang akan ditawarkan Mercedes-Benz CLA Shooting Brake yang tidak bisa didapat di Mercedes-Benz CLA standar? Inilah dia review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019.

EKSTERIOR Mercedes-Benz CLA 2019

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan tampilan sisi Depan Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 berwarna putih yang sedang berjalan di jalan Indonesia

Eksterior depan Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Tidak ada perbedaan signifikan antara Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 dengan saudara dekatnya Mercedes-Benz CLA 2019, mengingat kedua mobil ini berdiri di atas basis yang sama yakni basis MFA2. Fascia depan tetap mengusung konsep sharknose dengan grille trapezoidal dengan detil diamond dan logol logo Mercedes-Benz di tengah, yang diapit oleh desain Headlight LED yang lebih flat dengan detil LED Daytime Running Light yang memiliki guratan pada bagian atas dan bawah frame headlight. Terdapat dua garis ‘powerdome’ yang memanjang di area kap mesin yang seakan memaksimalkan kesan mobil berperforma tinggi pada mobil ini.

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan Tampak Samping Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Eksterior samping Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Cara paling baik untuk menentukan perbedaan antara Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 dengan saudaranya CLA sedan ialah pada sisi eksterior samping. Jika biasanya pada versi sedan dari pilar B desain roofline dibuat langsung melandai hingga area bagasi, pada Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 justru sejak pilar B roofline tetap dijaga flat dengan sedikit menukik pada pilar D yang menjadi akhir dari desain bodi samping mobil ini secara keseluruhan.

Oke bicara soal dimensi, jika dikomparasi dengan Mercedes-Benz CLA versi sedan saat ini memiliki panjang yang sama (4688 mm), lebar yang identik sama (1830 mm) namun lebih tinggi (1442 mm) sekitar 3 mm dibanding versi sedan sebagai kompensasi dari bentuk roofline yang lebih ramah kepada ruang kepala dan bagasi di dalam kabin. Soal kaca samping mobil tetap didesain sensual dengan format frameless dan pada bagian kaca samping mulai dari pilar C hingga pilar D dibuat dengan sudut lekukan tajam yang mempertegas efek desain kaca samping coupé

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Eksterior Belakang

Gambar menujukkan Tampak Belakang Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Eksterior belakang Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Perbedaan paling signifikan antara Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 dengan Mercedes-Benz CLA standar jelas bisa dilihat pada bagian buritan belakang. Pintu bagasi dibuat dengan lebar 871 mm dan sudah dibekali teknologi akses Easy- Pack dan Access-Free Access yang memungkinkan proses buka tutup bagasi lebih mudah. Detil taillight LED dibuat senada dengan versi sedan yang mengusung format desain pipih, serta untuk penempatan plat nomor ditempatkan di bumper belakang. Pada bumper belakang pun sudah menggunakan detil diffuser dan twin tailpipe.

INTERIOR Mercedes-Benz CLA 2019

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan Tampak Dashboard Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Penampilan dashboard Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Konsep kabin Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 mengikuti keluarga Mercedes-Benz NGCC generasi kedua. Sama-sama hadir dengan dashboard yang memadukan dua layar digital yang memiliki dimensi 10.25 inci untuk penggunaan instrument cluster dan MBUX, kisi-kisi AC model turbin, dan detil setir flat bottom dan tombol multifungsi beserta trackpad yang hadir di area palang setir.

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian Jok Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Penampilan jok Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Jok Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 menggunakan format jok semi bucket yang memiliki area headrest tersambung. Pengaturan jok depan sepenuhnya diatur lewat tombol elektrik yang ada di panel pintu. Sedangkan jok belakang tersedia dengan arm rest yang bisa disembunyikan sebagai jok ketiga. Dan keuntungan pada Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 ialah tentu ruang kepala yang lebih baik untuk penumpang belakang

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan desain ruang Bagasi Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Format penyimpanan barang pada bagasi Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Bagasi Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 diuntungkan dengan bentuk mobil yang lebih luas dibanding pendahulunya. Efek ini terasa saat melihat kemampuan ruang bagasi mobil ini yang mencapai 505 liter, atau jika dikomparasi dengan versi sedan lebih luas 45 liter (460 liter). Keuntungan ruang bagasi yang luas memungkinkan penempatan sekitar 3 koper berukuran medium.

>>> Baca juga:

FITUR Mercedes-Benz CLA 2019

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan fitur berkendara di setir Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Fitur berkendara pada Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 bisa diatur lewat setir

Mercedes-Benz fokus menghadirkan teknologi berkendara yang bersifat autonomous partial. Fitur tersebut di antaranya adalah Active Distance Assist DISTRONIC dengan bantuan untuk peta dan data navigasi, Active Steer Assist, serta Active Lane Change Assist yang intuitif. Active Park Assist with PARKTRONIC juga tetap hadir memastikan proses parkir mobil tetap aman sekalipun dikendalikan secara otomatis tanpa ada intervensi pengemudi. Sistem ESP dan Adaptive Damping System juga sudah diatur ulang agar bisa memaksimalkan handling mobil ini.

Review Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan

Gambar menunjukkan fitur MBUX Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Interface MBUX di Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Fokus fitur hiburan pada Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 difokuskan pada Mercedes-Benz User eXperience (MBUX) yang dihadirkan di layar 10.25 inci di tengah dashboard dengan pengaturan melalui trackpad, gestur tangan, layar sentuh, sampai dengan berkomunikasi langsung dengan mengucap ‘Hey Mercedes’. Di dalam MBUX sendiri terdapat fitur kenyamanan seperti ENERGIZER Comfort Control yang fokus pada pengaturan sistem climate control, jok, hingga suasana ambience kabin beserta musik yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengguna.

>>> TIPS BELI MOBIL BEKAS: MPV Berkabin Luas Dan Mewah, Tips Beli Mercedes-Benz Viano Bekas

OPERASI Mercedes-Benz CLA 2019

Mesin 2.0 liter digunakan pada Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Mesin yang digunakan pada Mercedes-Benz CLA Shooting Brake memiliki kapasitas 2.0 liter 4-silinder turbocharger

Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 hadir dengan mesin 2.0 liter 4-silinder turbocharger dengan figur performa 225 hp dengan torsi 350 Nm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi kopling ganda 7G-DCT. Hanya saja belum ada informasi mengenai top speed atau kecepatan dari 0-100 km/jam dari mobil ini.

>>> TIPS BELI MOBIL BEKAS: Cari SUV Premium? Simak Tips Membeli Mercedes-Benz M-Class Bekas

spesifikasi Mercedes-Benz CLA 2019

Inilah dia informasi spesifikasi Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 yang bisa di cek di Cintamobil.com

Dimensi Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.688 mm x 1.830 mm x 1.442 mm

Jarak Poros Roda

2.729 mm

Bagasi

505 liter

Mesin Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Tipe Mesin

2.0 liter Turbocharger 4 silinder segaris

Tenaga Maksimal

225 dk

Torsi Maksimal

350 Nm

Transmisi

Tujuh Percepatan Otomatis Dual Kopling 7G-DCT

Kaki-Kaki Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019

Suspensi

Adaptive Damping

Velg

18 Inci, dan 19 Inci Opsional

kelebihan & kekurangan Mercedes-Benz CLA 2019

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Mercedes-benz CLA Shooting Brake 2019? Ini dia ulasan selengkapnya.

Kelebihan

Kekurangan

Keseksian eksterior Mercedes-Benz CLA Sedan dipadukan format wagon yang praktis

Penampilan interior dan fitur sama persis dengan CLA Sedan

Mesin 2.0 liter cukup bertenaga dan efisien

 
Ruang bagasi lebih luas dibanding CLA Sedan  

daftar harga Mercedes-Benz CLA 2019

Belum ada informasi resmi mengenai harga Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019. Hal ini disebabkan mobil ini baru bisa didapat konsumen pada September 2019 mendatang. Jika sudah ada informasi harga Mercedes-Benz CLA terbaru, akan Cintamobil.com informasikan kembali kepada Anda. 

>>> Klik sini untuk update informasi tentang harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya di pasar Indonesia

Video Mercedes-Benz CLA 2019

KESIMPULAN Mercedes-Benz CLA 2019

Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 menawarkan keseksian Mercedes-Benz CLA 2019 yang bergenre sedan 'rasa' coupé, namun untuk versi Shooting Brake giliran elemen desain coupé yang dipadukan dengan format wagon yang sangat mengutamakan fungsional. Alhasil, Mercedes-Benz CLA Shooting Brake 2019 menjadi model kendaraan kompak Mercedes-Benz yang bisa tampil sensual, didukung performa yang menjanjikan, serta kepraktisan yang sangat penting dibutuhkan untuk penggunaan kalangan masyarakat urban.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil