BMW dan Mercedes Tunda Proyek Kolaborasi Mobil Otonom

22/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
BMW dan Mercedes Tunda Proyek Kolaborasi Mobil Otonom
Masih ingat kolaborasi dua raksasa Jerman, BMW dan Mercedes untuk menggarap mobil otonom? Kedua pabrikan sepakat menunda pengembangan sistem berkendara level 4 tersebut.

Tahun lalu, dua pabrikan besar Jerman, BMW dan Mercedes menjajaki kolaborasi program development sistem otonom berkendara Level 4, yang disiapkan untuk mobil jalanan mulai 2024. Namun, rencana ini ditunda dengan kedua pabrikan memilih jalan masing-masing.

>>> Terbagi jadi lima tingkat, bagaimana sih sistem berkendara otonom itu?

BMW dan Mercedes tengah berada dalam posisi sulit untuk menyudahi kolaborasi proyek mobil otonom mereka melalui kesepakatan bersama dan dalam kondisi baik. Kedua pabrikan juga tidak menutup kemungkinan melanjutkan proyek kolaborasi BMW dan Mercedes dalam menggarap mobil otonom, yang melibatkan sekitar 1.200 orang.

Terpengaruh krisis global

Dari rilis yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan, kondisi bisnis dan ekonomi global saat ini membuat proyek kolaborasi BMW dan Mercedes berada di waktu yang tidak tepat.  Krisis global yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 mempengaruhi pendekatan sebagian besar pabrikan dalam Research & Development (R&D) teknologi otonom untuk beberapa alasan.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Konsep kota masa depan dengan mobil otonom

Krisis global tidak hanya berdampak pada proyek mobil otonom BMW dan Mercedes, tapi hampir semua pabrkan

Sebelumnya, Audi mengumumkan bahwa pihaknya tak lagi menargetkan sistem berkendara otonom Level 3 untuk Audi A8 generasi saat ini karena keterbatasan teknologi. Sementara itu, raksasa Amerika Ford juga menerapkan pendekatan lebih realistis terhadap teknologi berkendara otonom.

Sistem otonom level 5 tidak realistis

Terbagi jadi lima tingkatan, sistem otonom berkendara Level 4 dianggap salah satu yang paling canggih saat ini, di mana mobil dapat berkendara sendiri di kondisi tertentu. Proyek kolaborasi BMW dan Mercedes sendiri fokus dalam mengembangkan mobil yang bisa berkendara sendiri di jalan tol. 

>>> Simak berita pasar mobil terbaru di sini

Mobil otonom berkendara sendiri di jalan tol

Dengan sistem otonom level 4 menghadirkan kapabilitas mobil berkendara sendiri di jalan tol 

Hal ini diklaim oleh anggota dewan BMW, Klaus Frohlich.

“Sensor yang sangat bertenaga dengan kekuatan komputasi tingkat tinggi menempatkan BMW dalam posisi ideal untuk menawarkan pengguna mobil kami apa yang mereka butuhkan selama bertahun-tahun,”ucap anggota Dewan BMW, Klaus Frohlich seperti dilansir AutoExpress.

COO Daimler, Markus Schäfer juga mengungkapkan komitmen Mercedes dalam development sistem berkendara otonom, di mana pabrikan Jerman itu akan bermintra dengan perusahaan non-otomotif.

“Saat ini, kami juga menjajaki kemungkinan lain dengan mitra di luar sektor otomotif,” tambah Schafer.

Berada di puncak hiraki sistem otonom berkendara, level 5 menawarkan mobil otonom yang bisa berkendara sendiri di berbagai jalan dan kondisi. Namun, teknologi ini dianggap masih sangat jauh dari jangkauan industri otomotif, sekalipun bagi pabrikan raksasa seperti BMW dan Mercedes.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top