Tips Beli BMW E36 Bekas yang Kondisinya Masih Sehat

07/03/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Tips Beli BMW E36 Bekas yang Kondisinya Masih Sehat
Saat tengah menimbang untuk beli BMW E36 bekas, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui. Mulai dari tipe mesinnya sampai penyakit yang mungkin ada di mobil tersebut.

Walaupun usianya sudah tak lagi muda, tetapi ternyata masih banyak saja penggemar BMW E36. Bodi pipih dengan desain mengkotak, model BMW Seri 3 ini memang terlihat masih sporty dan layak diadu dengan mobil-mobil modern. Banyak yang menyebut, bentuknya long lasting.

Tak heran dalam kondisi terawat, harga BMW E36 bekas bisa tembus di atas Rp100 juta. Tapi jangan langsung mundur untuk beli BMW E36 bekas, karena masih ada juga kok yang kondisinya segar alias sehat tapi harganya tetap masuk akal untuk ukuran mobil berusia lebih dari 25 tahun.

Tipe BMW E36

BMW E36 tipe

Usianya sudah lebih dari 25 tahun tapi masih banyak peminatnya

>>> Kelebihan dan kekurangan BMW 320i 2010

E36 masuk dalam keluarga BMW Seri 3 yang diproduksi pada rentang 1992 sampai 1998. Untuk Indonesia, ada beberapa tipe BMW E36 yang dijual massal. Pertama yaitu tipe 318i yang menggunakan mesin 1.800 cc M40. Kemudian ada juga tipe 320i bermesin 2.000 cc 6 silinder berkode M50B20. Terakhir ada tipe 323i 2.300 cc 6 silinder bermesin M52B25.

Sekitar 1994, BMW memperkenalkan tipe 320i bermesin 2.000 cc tapi kodenya M52B20. Kemudian di tahun 1995 muncul juga tipe 318i pakai mesin 1.800 cc namun dengan kode M43. Nah menariknya lagi, BMW pernah menyediakan tipe 323i Limited Edition. Mesinnya M52B25 tapi pakai aksesoris bemper M-Tech, interior aksen kayu, jok kulit, aksen lis pintu yang sama dengan versi M3, dan emblem Limited Edition pada bagian belakang.

>>> Berbagai promo mobil baru bisa Anda nikmati dengan klik link ini

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

BMW E36 biru

Hati-hati dalam memilih untuk bisa mendapatkan BMW E36 yang masih dalam kondisi sehat

Saat akan meminang BMW E36 bekas, beberapa hal wajib diperhatikan dan tidak boleh ada toleransi. Karena jika diabaikan, siap-siap saja untuk memperbaikinya butuh biaya amat mahal. Berikut tips beli BMW E36 bekas yang Cintamobil.com kutip dari forum BMWCCI Jakarta Chapter:

1. Bodi

Dengan usia lebih dari 20 tahun, sebuah mobil tentu rentan terkena karat. Jadi sebaiknya periksa kondisi keseluruhan bodi. Cek bagian kolong dan dibalik karpet lantai, apakah tersembunyi karat atau tidak. Pastikan juga pernak pernik di bagian eksterior ini lengkap. Misalnya gril tidak patah, lampu-lampu utuh tidak berembun, dan kaca tidak ada baret atau retak.

2. Mesin

Periksa kondisi seal-seal mesin, apakah ada rembesan oli atau tidak. Jangan tertipu kondisi mesin yang mengkilap saat akan beli BMW E36 bekas. Karena bisa jadi mesin sudah lebih dulu dipoles sebelum mobil dijual. Pastikan tidak ada lelehan oli juga di kolong mobil. Coba nyalakan mesin, dan pastikan tidak ada bunyi "tek...tek...tek" yang cukup keras dan dari knalpot keluar asap hitam ketika mesin hidup. Karena kalau bunyi itu muncul, pemilik sebelumnya mungkin jarang merawat mesin tersebut.

BMW E36 original

Jangan ragu untuk lakukan test drive sebelum membeli

>>> Temukan berbagai mobil bekas BMW yang masih berkualitas disini

3. Sistem Pendingin

Di usianya, beberapa mobil Eropa rentan masalah sistem pendingin mesin. Karena itu cek bagian radiator apakah masih dalam kondisi orisinal atau sudah diubah. Pastikan juga temperatur mesin normal saat mesin hidup. Cek kondisi selang-selang radiator apakah masih elastis atau sudah getas dengan cara menekannya. Jika selang terasa keras, maka siap-siap selang diganti karena sudah getas.

4. Test Drive

Ketika sudah berminat beli BMW E36 bekas, jangan pernah sungkan untuk lakukan test drive. Coba jalankan mobil ini dengan kecepatan sedang di jalan yang sedikit lenggang. Karakter mesin E36 ada di putaran atas sehingga tenaga baru terasa mulai dari RPM 4.000. Jika tenaga terasa tidak keluar, maka sebaiknya cari unit lain. Rasakan juga transmisinya apakah masih mulus perpindahan giginya atau sudah terasa menghentak. Karena itu tandanya Anda perlu siapkan dana untuk perbaikan transmisi.

5. Kelistrikan

Periksa bagian kotak sekering, apakah masih menggunakan sekering BMW yang berjenis keramik atau sudah diganti. Karena sekering original terkenal akan daya tahannya dibanding model aftermarket. Cek juga apakah ada kabel-kabel yang dijumper dengan asal. Karena kalau ada, ini berpotensi menimbulkan arus pendek.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar perawatan mobil ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bengkel BMW Astra Cilandak Sediakan Layanan Menyeluruh: Mobil Klasik, Mobil Balap, Hingga Sertifikat Uji Emisi

25/10/2019

Event - Promosi

3 menit

BMW Astra Cilandak merupakan salah satu dealer resmi BMW yang menyediakan layanan penjualan mobil baru, layanan purna jual yang lengkap dan bernilai tambah bagi pelanggan.

Lihat juga

Minat Beli BMW Seri 3 G20? Ini Triknya Buat Dapatkan Harga Terbaik

21/02/2020

Jual beli

5 menit

Jika Anda berminat untuk meminang BMW Seri 3 G20 terbaru, maka kami berikan beberapa pilihan unitnya, yang tentunya semua pilihan ini memiliki harga terbaik.

Lihat juga

Ingin Beli Mobil Bekas Pasca Banjir? Jangan Sampai Terkecoh, Simak Tips Ini

20/01/2020

Jual beli

3 menit

Jika saat ini Anda ingin beli mobil bekas pasca banjir? Ada yang harus diperhatikan, sebabnya jangan terkecoh, simak tips ini agar Anda tidak salah pilih.

Lihat juga

Review BMW 325i 2003: Fun to Drive Khas Sedan Klasik Eropa

03/01/2020

Editor rate:

Salah satu mobil terlaris pabrikan Jerman ada BMW 325i 2003 yang memiliki desain klasik dengan pengendaraan menyenangkan melintasi padatnya perkotaan.

Lihat juga

BMW 3 Series 2020: Daftar Harga mobil BMW 3 Series terbaru September

01/09/2020

BMW

BMW 3 Series di Indonesia tesedia dalam versi sedan dan dua tipe menarik. Seperti apa kehebatan mobil ini dan berapa harga BMW 3 Series di bulan ini?

Lihat juga