Review Bentley Bentayga Speed 2019

04/03/2019

Share this post:

Bentley Bentayga 2019

Editor rate:

Lihat promo

Bentley Bentayga Speed saat ini menjadi benchmark SUV tercepat di dunia untuk tahun 2019. Apa alasannya? Dan apakah SUV ini tetap memiliki nuansa kemewahan kelas atas khas Bentley?

Review Bentley Bentayga Speed 2019
Review Bentley Bentayga Speed 2019
0 Gambar

Pengantar Bentley Bentayga 2019

Mari kita simak spesifikasi Bentley Bentayga 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Sang penerus tradisi ‘Speed’ di keluarga Bentley

Performa terkuat di ranah SUV saat ini

Nuansa Kabin bak mobil sport Bentley

Kekurangan

Diperkirakan menjadi varian Bentley Bentayga termahal

Review Bentley Bentayga Speed 2019 Nama Bentley di industri otomotif identik dengan mobil bercitra aristokrat khas Inggris yang gemar menunjukkan potensi kecepatan di atas trek maupun jalan raya. Apalagi brand yang kini berusia 1 abad ini sudah mulai menghadirkan versi high performance yang bertitel Speed, dimulai dengan Bentley Continental GT Speed yang diluncurkan pada tahun 2007 silam.

Gamabr menunjukkan Logo Speed Bentley Bentayga 2019

Nama Speed kembali hadir di jajaran keluarga Bentley

Dan di tahun 2019, Bentley kembali menghadirkan versi ‘Speed’ pada keluarga Bentley Bentayga, Luxury SUV terbaik mereka. Dengan performa dan detail teknis yang berubah pada segi performa dan aerodinamika, mobil ini diklaim sukses menjungkal Lamborghini Urus dari singgasana SUV tercepat di dunia. Apa sebabnya? Ikuti terus ulasan review Bentley Bentayga Speed 2019 berikut ini.

Eksterior Bentley Bentayga 2019

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Eksterior Depan

Gambar menunjukkan mobil Bentley Bentayga Speed 2019 berwarna coklat tua dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Tampilan eksterior depan Bentley Bentayga Speed 2019

Dari fascia depan, Bentley hanya sedikit melakukan perbaikan dari sisi aero lewat penggunaan bumper splitters pada bumper depan, serta secara estetika lewat hadirnya screening panel pada area bawah grille depan. Secara kasat mata pun bahasa desain yang disajikan pada Bentley Bentayga Speed 2019 masih sama, termasuk penggunaan empat headlight LED bundar berpadukan matrix grille berukuran masif yang kini dibalut aksen dark tinted.

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Eksterior Samping

Gambar menunjukkan tampilan bagian samping mobil Bentley Bentayga Speed 2019 berwarna orange

Tampilan eksterior samping Bentley Bentayga Speed 2019

Di sektor samping, Bentley Bentayga Speed 2019 masih memiliki format desain dan detil yang mirip dengan keluarga Bentley Bentayga lainnya. Hanya saja untuk Bentley Bentayga Speed 2019 hadir dengan velg 22 inci yang tersedia dalam tiga desain finishing menarik, yakni ‘silver’, ‘dark tint’, atau ‘black’. Untuk mencirikan versi ini berbeda dengan keluarga Bentley Bentayga lainnya, pada Bentley Bentayga Speed 2019 terdapat ikon Speed yang mempertegas varian Bentley Bentayga paling powerful ini.

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan mobil Bentley Bentayga Speed 2019 berwarna coklat tua dilihat dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Bentley Bentayga Speed 2019

Bentley melakukan peningkatan dalam hal aerodinamika pada area buritan belakang Bentley Bentayga Speed 2019 lewat penggunaan tailgate spoiler, yang dipadukan bumper splitters pada bagian grille belakang. Untuk desain taillight masih menggunakan LED dengan desain membentuk efek ‘B’, dan tersedia detil garnish chrome yang memanjang mulai dari sisi bawah pintu samping pengemudi hingga bumper belakang.


Interior Bentley Bentayga 2019

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Kokpit Depan

Area kabin Bentley Bentayga Speed 2019 masih mengedepankan nilai-nilai premium, sekalipun ia diciptakan sebagai SUV bertenaga monster. Ia tetap menggunakan penampilan format dashboard yang ‘terpisah’ antara bagian pengemudi dan penumpang, dengan area instrument panel tengah hingga konsol tengah yang menjadi tempat bersemayam fitur-fitur infotainment, climate control, hingga mode berkendara yang tersedia di dekat tuas transmisi. Sedangkan untuk pengemudi dimanjakan oleh setir yang memliki tombol multifungsi dan paddle shift.

Gambar menunjukkan Kokpit depan mobil Bentley Bentayga Speed 2019

Tampilan area kokpit depan Bentley Bentayga Speed 2019

Untuk membuat detil dashboard mobil ini berbeda, Bentley mengubah panel dashboard yang selama ini biasa menggunakan panel kayu menjadi carbon fibre. Selain itu, Bentley pun untuk pertama kalinya menggunakan trim Alcantara untuk model Bentley Bentayga Speed 2019. Selain itu, detil jahitan berbentuk diamond pun hadir di area panel pintu Bentley Bentayga Speed 2019. Tak lupa Bentley menghadirkan illuminated treadplate bertuliskan Speed sebagai bentuk penyambutan kepada para pengemudi dan penumpang yang masuk ke dalam kabin SUV ini.

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Kabin Belakang

Gambar menunjukkan desain Jok belakang Bentley Bentayga Speed 2019

Tampilan area kabin belakang Bentley Bentayga Speed 2019

Bicara soal kabin belakang, maka berbicara soal betapa elemen nuansa khas mobil sport yang disajikan Bentley pada SUV ini. Mulai dari penggunaan jok berdetil material alcantara, sama seperti jok depan, yang kemudian dipadukan detil jahitan diamond beserta jahitan bertuliskan Speed pada bagian atas jok. Pada jok belakang pun sudah diberikan ‘bantal’ pada headrest yang menggunakan material alcantara. Bentley juga menghadirkan dua layar infotainment beserta meja lipat berdetil carbon fibre, yang berada di belakang jok pengemudi dan penumpang depan.

Jika material Alcantara dirasa terlalu sporty, dan Anda lebih ingin kabin yang elegan, maka semua material ini bisa diganti kembali menjadi material leather yang dikerjakan secara hand-made oleh para artisan Bentley di Crewe, Inggris.

Fitur Bentley Bentayga 2019

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Fitur Berkendara

Sama seperti Bentley Bentayga lainnya, pada Bentley Bentayga Speed 2019 menggunakan suspensi udara yang terdiri oleh empat mode (High 2, High 1, Normal, dan Low) dengan opsi 8 Drive Dynamics modes. Empat mode pada Drive Dynamics modes tersedia untuk penggunaan di jalan raya, yakni Comfort, Bentley, Sport, dan Custom.

Gamabr menunjukkan Fitur Bentley Drive Dynamics Mode pada mobil Bentley Bentayga Speed 2019

Tombol pengaturan Bentley Drive Dynamics modes

Bentley Bentayga Speed 2019 tetap menggunakan teknologi keselamatan berkendara yang sama seperti keluarga Bentayga lainnya. Teknologi tersebut di antaranya adalah ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), dan Brake Assist (BA), Electric Stability Control, Lane Departure Warning, multi-mode Traction Control (TCS), Hill Descent Control, Park Assist, Traffic Sign Recognition, Pedestrian Warning, City Safeguard, Reversing Traffic Warning, dan top-view camera view.

Gambar menunjukkan Fitur Rem Bentley Bentayga Speed 2019

Rem pada Bentley Bentayga Speed menggunakan Carbon Ceramic Brake

Khusus untuk Bentley Bentayga Speed 2019, mode Sport pada Drive Dynamics modes di-revisi ulang agar bisa menghasilkan karakter performa lebih agresif, settingan suspensi dan Bentley Dynamic Ride lebih kaku, serta raungan suara exhaust yang lebih kuat.  Bentley Dynamic Ride sendiri adalah inovasi teknologi Active Roll Control dengan sistem 48V, yang bertugas membuat handling lebih mantap saat bermanuver dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Selain itu, rem kini menggunakan Ceramic brake yang memiliki ketahanan terhadap temperatur 1,000 °C dengan torsi pengereman maksimum berkekuatan 6,000 Nm.

Review Bentley Bentayga Speed 2019 : Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan Sistem hiburan Bentley Bentayga Speed 2019

Sistem hiburan Bentley Bentayga sudah mengadopsi layar sentuh 8 inci sebagai standar 

Sistem hiburan pada Bentley Bentayga Speed 2019 menggunakan layar sentuh 8 inci yang terkoneksi dengan sistem audio Naim for Bentley Premium Audio. Untuk pengemudi belakang dimanjakan oleh sistem hiburan Rear Seat Intertainment yang menggunakan dua layar sentuh.

>>> Apa Sebenarnya Yang Dicari Masyarakat Ketika Membeli Mobil?

Operasi Bentley Bentayga 2019

Secara teknis Bentley Bentayga Speed 2019 menggunakan spesifikasi mesin yang sama dengan Bentley Bentayga W12. Mesin 6.0 liter W12 twin turbo tetap dipercaya sebagai jantung pacu mobil ini. Hanya saja, Bentley mengupgrade performa mobil ini dari sebelumnya berkekuatan 608 PS menjadi 635 PS. Selain itu torsi mesin mobil ini pun tetap berada di angka 900 Nm yang tergolong sangat kuat, dan sudah masuk ke dalam teritori performa sports car.

Gambar menunjukkan tampilan bagian mesin dari mobil Bentley Bentayga Speed 2019

Mesin 6.0 liter W12 Twin Turbo

Berdasarkan klaim Bentley, ubahan tenaga yang dilakukan Bentley pada Bentley Bentayga Speed 2019 membuat Luxury SUV ini bisa berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik dan top speed berada di angka 306 km/jam. Angka ini lebih baik dari Bentley Bentayga W12 yang memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4.1 detik dan top speed 301 km/jam.

Spesifikasi Bentley Bentayga 2019

Spesifikasi Bentley Bentayga Speed 2019 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Bentley Bentayga Speed 2019

Tipe Mesin

6.0 litre twin turbo W12

Kapasitas

5.950 cc

Tenaga Maksimal

635 PS

Torsi Maksimal

900 Nm

Transmisi

8-speed A/T dengan AWD permanen

Dimensi Bentley Bentayga Speed 2019

P x L x T

5.140 x 2.223 x 1.742 mm

Jarak Sumbu Roda

2.995 mm

Berat

2.440 kg

Suspensi dan Kaki-kaki Bentley Bentayga Speed 2019

Suspensi

Air suspension with Continuous Damping Control and 4 height settings

Rem

Carbon Ceramic Brakes

Velg

22 inch 10-Spoke Alloy Wheel-Painted

>>> Mari klik sini untuk lanjut baca artikel yang mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Bentley lainnya

Daftar Harga Bentley Bentayga 2019

Sampai saat ini Bentley belum mengumumkan secara resmi harga Bentley Bentayga Speed 2019. Hal ini disebabkan peluncuran resmi mobil ini ke publik baru akan dilakkan pada Geneva Motor Show 2019, yang berlangsung pada 7-17 Maret 2019 nanti.

>>> Jangan lupa klik sini untuk update informasi tentang harga dan promo mobil-mobil lainnya

 

Kesimpulan Bentley Bentayga 2019

Selama kehadiran Bentley Bentayga, indikasi bahwa Bentley ingin meraih statu sebagai SUV tercepat memang sudah terasa. Terbukti sejak awal debut Luxury SUV ini sudah mulai berlaga di Pikes Peak International Hill Climb 2018 silam. Dan melalui peluncuran Bentley Bentayga Speed 2019, Bentley seakan memberikan tantangan dan bechmark yang tinggu untuk bisa diadu oleh rival-rivalnya di segmen Luxury SUV global dunia.

Di sisi lain, bagi konsumen yang memiliki Bentley Bentayga ini pasti akan merasa sedikit lebih bangga ketimbang Bentley Bentayga W12. Selain performa yang lebih kuat dibanding saudaranya, Bentley Bentayga Speed 2019 juga tetap memperhatikan value kemewahan yang membuat mobil ini semakin layak dimiliki oleh parak kalangan borjuis yang gemar mobil kencang.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya yang sangat menarik

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top