Apa Sebenarnya Yang Dicari Masyarakat Ketika Membeli Mobil?

27/02/2019

Jual beli
Share this post:
Apa Sebenarnya Yang Dicari Masyarakat Ketika Membeli Mobil?
Sebagai salah satu media otomotif, kami cukup tergelitik ingin mengetahui apa alasan masyarakat Indonesia untuk membeli mobil. Apakah faktor harga menjadi unsur mutlak? Ataukah kenyamanan serta fitur menjadi hal yang dicari? Menjawab hal tersebut, berikut analisis kami tentang alasan masyarakat Indonesia dalam memutuskan pembelian mobil.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyajikan data-data yang sifatnya kredibel dan valid, supaya dapat menjawab rasa penasaran kami tentang bagaimana perilaku konsumen di Indonesia ketika hendak membeli mobil.

Selama prosesnya, kami berhasil mengumpulkan banyak sekali data terkait pembelian mobil di Indonesia. Mobil keluarga yakni Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menduduki posisi teratas dibanding kategori mobil lainnya. Hal ini disinyalir karena masyarakat Indonesia cenderung ingin selalu dekat dengan keluarga baik di setiap acara formal maupun sekedar jalan-jalan. Dalam fenomena ini, tak heran apabila mobil MPV menjadi jawaban tepat.

Lantas, faktor apa yang diinginkan orang ketika membeli mobil?

1. Kenyamanan dan Kapasitas Besar

Dari 134 responden di Surabaya, penelitian yang dilakukan oleh Risky Adrian Handoyo menunjukkan bahwa mobil MPV seperti Toyota Avanza dipilih oleh masyarakat karena faktor kenyamanan dan kapasitas besar. Bahkan 77% dari seluruh responden, menyatakan jawaban yang serupa. Hal ini menunjukkan bahwa sebuah mobil keluarga harus memiliki kapasitas yang cukup besar baik dari sisi keluasan kabin hingga ruang bagasi.

Interior Kabin Mobil menjadi hal yang diperhitungkan dalam membeli mobil

Ruang interior yang lega dan nyaman menjadi salah satu faktor orang memilih mobil

Tampaknya hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Darmawan Widjaja selaku Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang menyatakan, “Kebiasaan orang Indonesia yakni cukup suka berjalan dengan keluarga. Meski anak hanya dua, tapi masyarakat lebih memilih MPV ketimbang sedan.”

>>> Jika Anda ingin membeli mobil baru dengan harga terjangkau, kami punya solusinya

2. Irit Bahan Bakar

Di hasil kuesioner lainnya, data menunjukkan 42,1% responden pengguna MPV Toyota Kijang Innova memilih mobil karena masalah keiritan bahan bakar.

Memang tak dipungkiri, masalah efisiensi menjadi salah satu faktor masyarakat dalam membeli mobil. Pasca pembelian, masyarakat setidaknya harus memahami apakah mobil yang mereka beli tergolong irit ataukah malah menguras kantong.

Irit bahan bakar menjadi salah satu tolak ukur utama dalam pemilihan mobil

Dari studi penelitian, faktor keiritan pada mobil diklaim menjadi salah satu hal penting yang diperhitungkan dalam membeli mobil

Sebagai informasi saja, Toyota Kijang Innova yang dipaparkan pada kuesioner tersebut menuntut kami untuk mengetahui bagaimana keiritan mesinnya. Pada varian 2.0 V M/T dengan kecepatan rata-rata 60 Km/Jam, mobil satu ini mampu mencatatkan rekor 11,6 Km/Liter. Adapun pada versi diesel-nya, Innova 2.4 Q A/T dengan kecepatan rata-rata 85 Km/Jam mampu menembus angka 19,6 Km/Liter.

>>> Tertarik untuk membeli Toyota Kijang Innova? Simak dulu harganya yang terjangkau di sini

3. Kredit Terjangkau

Hal menarik lain yang kami temui adalah sistem kredit lebih diminati masyarakat ketimbang membeli secara Cash. Adapun penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sebanyak 88,6% respon pengguna Avanza membeli dengan kredit, 73,7% pemilik Innova juga kredit dan merek lainnya pun didominasi dengan pembelian secara kredit.

Merespon hal ini, sistem kredit yang diberikan juga harus mengikuti daya beli masyarakat. Apabila harga yang diberikan oleh perusahaan otomotif berubah sedikit tinggi maka dipastikan akan berdampak pula pada keputusan masyarakat dalam membeli mobil.

>>> Baca juga: Nissan Livina 2019 Resmi Meluncur, Inilah Pilihan Low MPV Dibawah Rp 200 Juta

4. Citra Merek

Pengujian yang dilakukan oleh Edy Gufran Darwis tentang keputusan pembelian Toyota  Avanza di Makassar, menunjukkan bahwa Branding Image atau citra perusahaan menjadi salah satu faktor penentu masyarakat dalam membeli mobil. Dijelaskan pula, inovasi teknologi juga berperan penting dalam membangun Image perusahaan.

Brand Image menjadi salah satu faktor penentu masyarakat dalam membeli mobil

Kebanyakan orang juga memilih mobil sesuai dengan Brand Image perusahaan

Di sisi lain, harga pun menjadi faktor pendukung dari Branding Image. Konsumen membeli produk tersebut karena benar-benar ingin merasakan inovasi teknologi dan manfaat dari kendaraan tersebut. Tak heran, kredibilitas perusahaan otomotif menjadi faktor penentu masyarakat dalam memilih mobil.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

5. Harga Kompetitif

Harga adalah senjata utama dalam persaingan industri otomotif. Tak heran, harga menjadi hal paling mendominasi dalam pemutusan masyarakat dalam membeli sebuah mobil. Di sisi lain, perusahaan otomotif juga dituntut untuk memberikan kualitas prima pada produknya sejalan dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen. Hal ini juga berhasil dibuktikan oleh penelitian Guruh Trimantoro tentang perilaku konsumen dalam membeli Toyota Avanza di Semarang.

>>> Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada baiknya Anda melihat review mobil terbaru berikut ini

6. Promosi Menarik

Guruh Trimantoro juga berhasil memaparkan bahwa faktor dominan lain terhadap pembelian mobil Avanza di Semarang adalah promosi menarik. Dijelaskan bahwa, promosi mampu menyebabkan orang yang sebelumnya tidak tertarik membeli mobil akan menjadi tertarik serta ingin mencoba mengendarai.

Kredit Mobil serta promosi menarik menjadi penawaran yang paling ditunggu-tunggu oleh konsumen mobil

Promosi menjadi pertimbangan khusus bagi konsumen sebelum membeli mobil

Hasil ini sudah berhasil diuji cobakan dengan iklan mobil di televisi maupun di media cetak. Sementara, kegiatan promosi di berbagai pameran mobil dianggap kurang menarik bagi konsumen dan belum memberikan kesan mendalam khususnya di area Semarang.

>>> Ikuti terus informasi otomotif menarik seperti ini hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Membeli Mobil Bekas, Bisakah Asuransi Berganti Nama?

02/02/2019

Jual beli

Melindungi mobil dengan asuransi memang menjadi andalan sebagian pemilik mobil. Tapi ketika membeli mobil bekas, iming-iming mobil masih dilindungi asuransi sebenarnya bukan daya tarik. Lantas bisakah asuransi berganti nama?

Lihat juga

Ini 5 Alasan Sebagian Orang Lebih Suka Membeli Mobil Bekas

04/02/2019

Jual beli

Meski berbagai model mobil baru terus bermunculan, sebagian orang masih setia dan lebih suka membeli mobil bekas. Dengan berbagai alasan yang ada mereka menganggap membeli mobil bekas lebih menguntungkan.

Lihat juga

Bingung Membeli Mobil? Perhatikan 5 Langkah Mudah Mencari Mobil di Cintamobil.com

28/01/2019

Jual beli

Apakah Anda merasa kebingungan mencari mobil baru maupun mobil bekas yang berkualitas? Atau tidak tahu cara mudah mencari mobil di Cintamobil.com? Tenang saja, ada panduan khusus untuk Anda.

Lihat juga

Mau Aman Membeli Mobil Bekas Secara Online, Perhatikan 4 Tips Berikut!

26/01/2019

Jual beli

5 menit

Makin majunya dunia teknologi memberikan kemudahan di segala bidang. Salah satunya jual beli mobil yang bisa dilakukan secara online lewat sentuhan jari-jari tangan. Meski demikian, selalu saja ada kekurangan dan risiko yang selalu mengintai. So, diperlukan kehati-hatian buat Anda yang menginginkan membeli mobil bekas secara online agar tidak berujung kekecewaan.

Lihat juga

Ingin Membeli Mobil Baru, Pahami Dulu Perbedaan DP dan TDP

17/01/2019

Jual beli

6 menit

Sebagian besar dari kita hanya mengetahui DP yang dibayarkan ketika membeli mobil dengan sistem cicilan. Namun ternyata masih ada TDP. Lalu, apa sebenarnya perbedaan DP dan TDP?

Lihat juga
 
back to top