Kalahkan Lamborghini Urus, Bentley Bentayga Speed Jadi SUV Tercepat Sejagad

18/02/2019
Hanya setahun setelah Lamborghini Urus mengklaim tenaga 650 daya kuda dari mesin twin-turbo V8 sebagai SUV tercepat di dunia, Bentley memiliki jawaban mereka atas tantangan tersebut: Bentley Bentayga Speed.

Bentley Bentayga Speed pertama kali diumumkan bertepatan dengan Hari Valentine, 14 Februari lalu. Akan memulai debut resminya pada Geneva Motor Show bulan Maret mendatang dan mulai dijual akhir tahun ini, Bentley mengungkapkan Bentayga Speed akan mendapatkan mesin twin-turbocharged W12 dengan kekuatan 635 daya kuda dan torsi gahar 900 Nm.

Bentley Bentayga Speed berwarna cokelat

Tampilan baru SUV tercepat sejagad, Bentley Bentayga Speed

Kekuatan turbo mesin W12 akan menghasilkan percepatan dari diam hingga 100 km/jam dalam 3.9 detik. Memang, masih kalah dibandingkan waktu 3.6 detik yang diklaim oleh Lamborghini Urus dari 650 daya kuda. Tetapi Bentley mengungkapkan bahwa Bentayga Speed akan lebih cepat 0,8 km/jam dibandingkan pesaingnya tersebut.

>>> Sejarah Toyota Land Cruiser, Berawal Dari Mobil Militer Hingga Menjadi Mobil Legendaris

Meskipun kecepatan tertinggi Urus mencapai 305 km/jam yang seringkali tidak pernah digunakan oleh pemiliknya, Bentley mengungkapkan bahwa kecepatan tertinggi Bentayga Speed bisa mencapai  306 km/jam. Meskipun mobil ini masih kalah dalam pertandingan jarak dekat, tetapi tidak ada salahnya mendapatkan label SUV tercepat sejagad, kan?

Selain nama yang mengesankan kecepatan, Bentley mengatakan kecepatan all-wheel-drive baru dari Bentayga adalah yang paling kuat. Mesinnya adalah versi yang disempurnakan dari Bentayga biasa hanya hanya menghasilkan 600 daya kuda serta kecepatan tertinggi 300 km/jam dan melaju hingga 100 km/jam hanya dalam 4.1 detik.

>>> Dapatkan berita mobil baru dalam dan luar negeri hanya di sini

tampilan belakang Bentley Bentayga Speed berwarna cokelat

Bentayga Speed akan mendapatkan kecepatan tertinggi 306 km/jam

Bentayga Speed akan mendapatkan transmisi otomatis delapan percepatan seperti Urus dan mode olahraga yang dikalibrasi ulang oleh Bentley untuk ‘meningkatkan respons’ dari mesin transmisi. Dalam pernyataan resminya, Bentayga Speed akan lebih ‘dinamis’ tujuh kali lipat dibandingkan versi biasa.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Selain itu, ada beberapa perubahan gaya, seperti lampu yang lebih gelap dan spoiler bagian belakang untuk peningkatan aerodinamika. Bentayga Speed juga dilengkapi dengan opsi untuk roda 22 inci, rem carbon ceramic dan logo “Speed” untuk meyakinkan orang lain bahwa mobil ini merupakan versi lebih mahal dari Bentayga. Bagian interior juga mendapatkan pilihan kulit Alcantara.

interior Bentley Bentayga Speed berwarna hitam

Bagian dalam mendapatkan pilihan kulit Alcantara

Masalah harga, Bentley dan Lamborghini juga saling bersaing. Meskipun Bentley belum mengumumkan harga Bentayga Speed baru, tetapi dengan harga Bentayga biasa sudah mencapai $ 200.000 (Rp 2.8 Miliar), bisa dipastikan mobil ini akan membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain