Yuk Kenali Gejala Mesin Ngelitik Dan Konsekuensi Buruknya Bagi Mesin

29/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Yuk Kenali Gejala Mesin Ngelitik Dan Konsekuensi Buruknya Bagi Mesin
Mesin Ngelitik kerap dihiraukan oleh pemilik mobil, padahal memiliki konsekuensi buruk bagi performa, konsumsi bahan bakar hingga daya tahan mesin

Gejala engine knocking atau mesin ngelitik, kerap disepelekan oleh pemilik mobil. Padahal, resiko jangka panjang yang ditimbulkan akibat mesin ngelitik terhitung serius. Keausan komponen internal mesin akan lebih parah dan cepat terjadi apabila mesin dibiarkan ngelitik dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, mesin ngelitik membutuhkan perhatian ekstra bagi para pemilik mobil.

>>> Lampu Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan

Foto ilustrasi mesin ngelitik

Mesin ngelitik disebabkan campuran bahan bakar dan udara terbakar sebelum waktu di ruang mesin dan menyebabkan getaran (detonasi)

Mesin ngelitik sendiri merupakan gejala ketika pembakaran yang terjadi dalam ruang silinder mesin tidak sempurna. Sehingga, menimbulkan getaran (detonasi) ketika mesin sedang bekerja. “Lebih detailnya, ngelitik terjadi akibat bahan bakar terbakar sebelum waktunya di dalam mesin. Sehingga selain tidak optimal, juga membuat kerja mesin semakin berat,” sahut Raihan dari bengel PF Motorsport di kawasan Pondok Gede, Bekasi. Efek yang langsung terasa adalah menurunnya performa mesin, dan juga berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Foto ilustrasi tentang konsekuensi meisn ngelitik

Mesin ngelitik memiliki beberapa konsekuensi buruk bagi komponen internal mesin

Penyebab mesin ngelitik bisa dilihat dari berbagai sisi. Namun penyebab yang paling umum adalah penggunaan bahan bakar dengan tingkat oktan yang tak sesuai dengan kebutuhan mesin. Dampaknya proses pembakaran menjadi tak sempurna seperti yang dijelaskan di atas. 

>>> 3 Cara Menghindari Mesin Mobil Panas Saat Macet di Jalan

Pada mesin mobil modern, memang sudah dilengkapi dengan teknologi anti knocking yang memungkinkan mesin dapat beradaptasi dengan kualitas bahan bakar yang tak sesuai dengan spesifikasinya. Caranya, dengan menghitung secara otomatis derajat timing mesin, sesuai dengan tingkat okatan bahan bakar yang digunakan. Sehingga, gejala mesin ngelitik dapat diminimalisir. “Namun tetap resiko mesin ngelitik tetap terjadi, seperti penururan performa hingga keausan mesin lebih parah dalam jangka waktu panjang,” ujar pehobi game ini.

Foto ilustrasi pengisian bahan bakar

Penggunaan bahan bakar dengan tingkat oktan yang disesuaikan dengan spesifikasi mesin masih menjadi solusi ampuh atasi mesin ngelitik

Sehingga, penggunaan bahan bakar dengan tingkat oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin, tetap menjadi solusi paling ampuh untuk menghindari mesin ngelitik. “Umumnya mesin mobil modern membutuhkan bahan bakar minimum dengan tingkat oktan 92,” pungkas Raihan. Selain itu, kondisi komponen mesin lainnya, juga berpengaruh dalam memicu mesin ngelitik. Sehingga, perawatan berkala yang tepat waktu juga dapat membantu dalam menghindari dari gejala mesin ngelitik. Efeknya, mesin pun dapat bekerja lebih maksimal dan membantu dalam efisiensi konsumsi bahan bakar. 

>>> Artikel tips dan trik perawatan mobil lainnya bisa Anda simak di sini

Share this post:

Berita lain

[INFOGRAFIK] Manakah dari Mitos Efisiensi Bahan Bakar yang Anda Percaya? Apakah Semuanya Benar?

14/10/2019

Pasar mobil

2 menit

Entah kenapa, masyarakat Indonesia sering terperdaya dengan mitos. Dan kali ini, Cintamobil.com akan menunjukan beberapa fakta dan mitos efisiensi bahan bakar yang sering berkembang di masyarakat.

Lihat juga

Teknologi E-Power Pada Nissan Note Membuatnya Mampu Berjalan 1.400 Km Dalam Sekali Pengisian Bahan Bakar

11/09/2019

Mobil baru

4 menit

Teknologi e-Power tak hanya membuat Nissan Note s-Power irit dan bertenaga, namun juga memberikan jangkauan jarak yang optimal tanpa perlu mampir ke charging station

Lihat juga

Tepat Memilih Jenis Bahan Bakar yang Sesuai Mesin Mobil

01/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika memilih jenis bahan bakar buat mobil kesayangan Anda, sebaiknya ketahui dahulu berapa besar rasio kompresi pada mesin mobil Anda. Jangan sampai salah isi bahan bakar lho!

Lihat juga

Test Drive All New Suzuki Ertiga: Kami Berhasil Menorehkan Konsumsi Bahan Bakar Teririt

28/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Kami berkesempatan untuk melakukan test drive salah satu LMPV favorit konsumen Indonesia, yakni All New Suzuki Ertiga. Tak hanya merasakan kenyamanan dan performanya, kami juga berhasil mendapatkan konsumsi bahan bakar paling irit.

Lihat juga

Ini Konsekuensinya Jika Sering Biarkan Tangki Bahan Bakar Nyaris Kosong

29/08/2019

Perawatan dan service

3 menit

Anda sering membiarkan tangki bahan bakar nyaris kosong? Segera tinggalkan kebiasaan buruk tersebut karena berpotensi mengundang kerusakan pada komponen di saluran bahan bakar

Lihat juga