3 Cara Menghindari Mesin Mobil Panas Saat Macet di Jalan

10/10/2019

Pengemudian

5 menit

3 Cara Menghindari Mesin Mobil Panas Saat Macet di Jalan
Mesin mobil panas saat terjebak kemacetan tentu akan sangat mengganggu. Karenanya, lakukan tiga hal berikut ini untuk menghindari kejadian tersebut.

Jakarta selalu identik dengan macet. Begitu pun beberapa kota besar lain di Indonesia. Banyaknya volume kendaraan pada jam-jam tertentu, membuat sejumlah ruas jalan macet. Bahkan tak jarang kemacetan terjadi hingga jarak ratusan meter.

Selain waktu tempuh yang menjadi lebih lama, kondisi mesin kendaraan saat macet pun menjadi bekerja ekstra. Akibatnya, tidak sedikit mesin mobil panas akibat terlalu lama terjebak dalam kemacetan.

>>> Inilah Ciri-Ciri Mesin Overheat

Pada kondisi demikian, tentu akan membuat si pemilik kendaraan kerepotan. Nah kali ini kami akan memberikan tips bagaimana menghindari mesin mobil panas saat terjebak kemacetan.

1. Rawat Radiator

tutup radiator mobil

Pastikan radiator tidak bocor dan air selalu terisi penuh

Radiator mobil merupakan komponen yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin. Jika bagian ini mengalami masalah, maka sistem pendinginan juga tidak akan bekerja optimal. Karenanya selalu lakukan perawatan berkala pada radiator mobil Anda.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Caranya dengan kerap mengontrol kadar air radiator setiap pagi sebelum mobil dinyalakan. Pastikan pula radiator atau selang radiator tidak tersumbat tumpukan kerak atau karat. Jika melihat ada kebocoran pada radiator mobil, segeralah untuk dilakukan perbaikan.

2. Periksa Kipas Pendingin

kipas radiator mobil

Pastikan kipas radiator selalu bekerja optimal

Selain radiator, kipas radiator juga membantu proses pendinginan berjalan maksimal. Jika kipas tidak bekerja, maka uap panas dari radiator tidak bisa dibuang dan membuat mesin mobil panas alias overheat.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Matikan Mesin

indikator suhu mesin

Istirahatlah sejenak saat suhu mesin mobil mulai panas akibat kemacetan panjang

Saat terjebak kemacetan yang cukup parah, sebaiknya Anda matikan saja dulu mesin mobil Anda. Tapi bukan di tengah kemacetan ya... Caranya pilih tempat istirahat terdekat dari lokasi Anda saat itu. Bisa pom bensin, restoran, mal, atau sekedar coffee shop.

Dengan mematikan mesin mobil, maka suhu pada mesin akan kembali normal. Jika terlihat ada indikasi mesin mobil panas, maka saat mobil diparkir Anda bisa sembari membuka kap mesin agar udara panas di ruang mesin cepat berganti dengan udara segar.

>>> Tips dan trik lainnya bisa dibaca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top