Yuk Cari Tahu Oli Shell Helix HX7 5W-40 untuk Mobil Apa Saja

18/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Yuk Cari Tahu Oli Shell Helix HX7 5W-40 untuk Mobil Apa Saja
Ada banyak varian oli Shell Helix untuk mesin mobil. Dan disesuaikan dengan teknologi pada mesinnya, maka oli Shell Helix HX7 5W-40 untuk mobil apa dengan spesifikasi seperti berikut ini.

Rutin mengganti oli mesin merupakan satu dari beberapa langkah perawatan mobil Anda. Interval penggantian oli ini bisa maksimal tiap 6 bulan atau paling lama 10.000 kilometer sekali. Gunanya tentu saja agar pelumasan pada ruang mesin tetap terjaga kualitasnya. Sehingga oli tidak mengental yang membuat pergerakan komponen mesin jadi terganggu.

Namun saat hendak mengganti oli perlu diperhatikan spesifikasi dari oli tersebut. Karena beda mesin dan teknologi yang dipakai pada mesin, maka membutuhkan oli dengan spesifiaksi yang berbeda pula. Misalnya oli untuk mesin berbahan bakar gasoline tentu akan berbeda dengan kebutuhan oli mesin diesel. Bahkan untuk mesin bensin ada pula kebutuhan jenis oli yang berbeda antara masing-masing mobil. Dan kebutuhan ini harus mengacu pada standar yang telah diberikan pihak pabrikan mobil tersebut. Biasanya oli apa yang cocok untuk mobil Anda akan tertulis pada buku pedoman pemilik kendaraan yang didapatkan saat membeli mobil tersebut.

Adapun produsen pelumas yang menyediakan oli mesin mobil juga sangat beragam. Mulai dari yang produksi asli Indonesia seperti Pertamina, lalu ada Shell, Total, Motul, Mobil 1, Idemitsu, STP, dan lain sebagainya. Belum lagi tiap-tiap merek oli ini menyediakan banyak varian oli mesin, seperti contohnya oli Shell Helix HX7 5W-40 untuk mobil apa saja, kemudian ada Shell Helix HX8 5W-30 untuk jenis mobil yang lain.

Nah kali ini kita akan sedikit membahas mengenai serba serbi cara memilih oli mesin, termasuk oli Shell Helix HX7 untuk mobil bensin. Baca sampai habis ya untuk menambah pengetahuan Anda tentang perawatan mobil kesayangan.

>>> Gear Oil Suzuki ECSTAR Jamin Pelumasan Optimal

Ketahui Arti Kode Spesifikasi Oli Mesin Mobil

Oli Shell Helix Ultra

Pastikan kebutuhan oli sesuai spesifikasi mesin

Setiap komponen dan suku cadang mobil pasti menggunakan kode-kode tertentu. Kode ini menunjukkan spesifikasi dan kegunaan dari komponen tersebut. Begitu juga dengan oli mesin, pada setiap kemasannya terdapat kode spesifikasi dari pelumas yang dimaksud.

Misalnya ada kode oli mobil Sheel Helix HX7 10W-40 maka kode 10W-40 ini menunjukkan spesifiaksi dari oli Shell Helix HX7 tersbeut. Pada oli mesin mobil biasanya yang diikuti huruf W atau winter (musim dingin) menunjukkan penggunaan oli tersebut bisa sampai suhu terendah. Dari contoh ini berarti bisa sampai -10 derajat celcius. Sementara untuk angka yang mengikutinya menunukkan tingkat kekentalan oli pada suhu maksimum. Dari contoh 10W-40 itu maka berarti oli Shell Helix HX7 ini memiliki kekentalan oli 40 pada saat suhu maksimum.

Kemudian selain SAE, pada kemasan oli juga sering kali ada kode API. Kode API ini menunjukkan peruntukan pelumas mesin tersbeut. Karena kode untuk mesin bensin dan meisn diesle berbeda. Pada mesin bensin umumnya dimulai dengan huruf "S" seperti SA, SB, SC, SD, SN, dan sebagainya, sementara kode API untuk mesin diesel menggunakan awalan huruf "C".

>>> 10 Tipe Oli Mobil Shell Beserta Perbedaannya

Bijak Dalam Memilih Oli Mesin Mobil

Oli Shell

Beda jenis oli beda juga peruntukannya

Yang perlu dipahami dalam memilih oli mesin mobil adalah semakin rendah suhu udara di luar maka mobil membutuhkan oli yang lebih cair dengan kode 0W atau 5W. Namun semakin panas cuaca maka dibutuhkan oli dengan tingkat kekentalan lebih tinggi seperti 15W-30. Pemakaian kekentalan oli yang tidak sesuai dengan suhu negara bisa menyebabkan kinerja oli tidak maksimal.

Tetapi selain suhu, ada hal lain juga yang harus diperhatikan. Yakni tahun produksi dan teknologi mesin. Untuk mobil dengan produksi mesin modern umumnya sudah menggunakan teknologi yang sudah advance. Disinilah membutuhkan oli yang juag sedikit lebih cair agar proses lubrikasi berjalan maksimal.

Selain itu pihak produsen mobil biasanya juga sudah memberikan rekomendasi jenis pelumas yang tepat untuk mesin kendaraan itu. Yakni apakah wajib menggunakan pelumas full synthetic atau boleh memakai pelumas semi synthetic. Sehingga dengan begini performa mesin akan tetap terjaga.

>>> Mengenal Oli Mobil 1 0W-40 yang Punya Kemampuan Luar Biasa

Pilihan Oli Shell untuk Mesin Bensin

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, Shell sebagai produsen pelumas juga menyediakan oli untuk mesin mobil, baik mobil bensin maupun mobil diesel. Namun kali ini Cintamobil.com hanya akan fokus pada oli Shell untuk mesin bensin, khususnya Shell Helix HX7 serta berapa harga oli ini. Tapi sebelum membahas mengenai oli Shell Helix HX7 5W-40 untuk mobil apa saja, kita akan beberkan beberapa jenis oli mesin dari Shell yang banyak dijual dipasaran.

1. Shell Helix Ultra 0W-20

Ini adalah oli paling premium dari Shell dengan SAE 0W-20. Menggunakan teknologi PurePlus, oli ini dirancang untuk memberikan perlindungan sempurna bagi mesin kendaraan modern berperforma tinggi. Harga oli ini berkisar Rp 250.000 per liter atau Rp 980.000 untuk yang kemasan 4 liter.

2. Shell Helix HX7 Plus 5W-40

Oli ini memiliki SAE 5W-40 dan berjenis full synthetic dengan teknologi Flexi Molecule. Teknologi ini dapat melindungi mesin serta menghindari gejala mesin knocking. Jika ditanya Shell Helix HX7 5W-40 untuk mobil apa saja? Maka mobil bensin apapun bsia menggunakannya selama mesin mobil tersebut sudah menggunakan teknologi modern. Adapun harga oli Shell Helix HX7 untuk mobil ini Rp 117.000 per liter atau Rp 450.000 untuk kemasan 4 liter.

>>> Mengenal 3 Jenis Oli Mobil Matic dan Perawatannya

3. Shell Helix HX7 10W-40

Oli mobil Shell Helix HX7 10w-40 berjenis semi synthetic dengan teknologi Active Cleansing. Teknologi ini mampu membersihkan ruang mesin dari kerak sisa pembakaran. Sehingga oli Shell Helix HX7 untuk mobil bensin yang sudah berusia lebih dari 5 tahun cocok menggunakannya. Sedangkan harga oli Shell Helix HX7 untuk mobil bensin ini dikisaran Rp 75.000 per liter atau Rp 300.000-an untuk yang kemasan 4 liter.

4. Shell Helix HX6 10W-40

Spesifikasinya hampir serupa dengan Shell Helix HX7 10W-40 hanya saja oli ini juga diklaim selain untuk mesin bensin cocok pual untuk mesin diesel. Harga oli Shell Helix HX6 ini Rp 93.000 per liter dan Rp 352.000 untuk yang 4 liter. Namun yang perlu diperhatikan, untuk oli Semi Syntehtic disarankan jarak tempuh oli Shell Helix HX7 untuk mobil tidak lebih dari 10.000 kilometer, maksimal di 8.000 kilometer sudah ganti.

5. Shell Helix ECO 0W-20

Untuk oli Shell ini dikhususkan bagi kendaraan berjenis Low Cost Green Car (LCGC). Dengan kekentalan 0W-20 dan berjenis full synthetic, oli ini diklaim mampu meninkatkan efisiensi bahan bakar. Kalau oli untuk LCGC dari Shell ini harganya Rp 121.000 / liter atau Rp 378.000 untuk kemasan 3,5 liter.

Dari pemaparan jenis-jenis oli mesind ari Shell tadi jelas sekali jika oli paling premium adalah Shell Helix Ultra. Sementara jika ada pertanyaan untuk oli Shell Helix HX7 5W-40 untuk mobil apa saja, karena spesifikasinya pelumas ini bisa dipakai untuk setiap mesin mobil modern yang berusia kurang dari 5 tahun.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik dan bermanfaat lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja oli dari Shell?
Shell memiliki produk untuk oli mesin mobil yang dinamakan Shell Helix, dan untuk oli mesin motor yang dinamakan Shell Advance.
Ada berapa tipe oli mesin mobil bensin Shell?
Oli untuk mobil bermesin bensin dari Shell cuku beragam, ada Helix Ultra, Helix HX7, Helix HX8, Helix HX6, Helix HX5, dan Helix ECO. Masing-masing oli ini juga punya spesifikasi berbeda-beda.
Berapa harga oli mobil Shell Helix?
Oli Shell Helix dijual per liter atau dalam kemasan 4 liter dan 3,5 liter. Harganya mulai dari Rp 75.000 untuk yang kemasan 1 liter dan Rp 200.000-an untuk yang kemasan 4 liter. Harga ini tergantung dari tipe olinya.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top