Tips Merawat Ban Mobil

Share this post:
Tips Merawat Ban Mobil
Seperti yang kita tahu ban mobil adalah komponen yang vital dalam mobil karena digunakan sebagai kaki-kaki mobil. Merawat ban mobil memang suatu keharusan bagi pemiliknya karena ban merupakan komponen utama dan sangat berpengaruh dalam berkendara. Walaupun ban mobil memiliki waktu kadaluarsa, hal ini tidak perlu dikhawatirkan apabila Anda mampu merawatnya dengan baik.

Ban memainkan peranan sangat penting dalam menentukan keselamatan berkendara. Oleh karena itu merawat ban mobil memang adalah salah satu keharusan bagi pemakainya. Ada beberapa cara merawat ban mobil agar ban tetap bisa berfungsi dengan maksimal dan awet. Ingin tahu caranya, ayo mengikuti tips-tips merawat ban mobil di bawah ini!

wanita sedang merawat ban mobil

Merawat ban mobil secara rutin

1. Memeriksa tekanan udara ban

Cara pertama untuk merawat ban mobil adalah memeriksa tekanan udara ban Anda secara berkala. Tekanan udara ban berpengaruh besar terhadap umur ban. Tekanan ban yang terlalu kecil akan membuat ban Anda cepat rusak, sedangkan apabila tekanan ban mobil Anda terlalu keras akan membuat ban mudah robek serta membahayakan keselamatan Anda. Jika terkena gesekan panas terlalu sering ban mobil bisa saja meledak. Jadi periksalah ban dan periksa tekanan anginnya (termasuk ban serep) setiap dua minggu. Tekanan ban mobil harus sesuai dengan kondisi perjalanan Anda agar tetap nyaman selama perjalanan. Ingatlah, hanya periksa ban Anda pada saat dingin, bukan pada saat masih hangat atau setelah mobil berjalan.

memeriksa ban mobil dengan alat khusus

Memeriksa ban mobil

>>> Baca juga: Tanda-tanda ban mobil Anda harus diganti

2.Hindari hal-hal yang mengakibatkan kerusakan pada ban

Hindari hal-hal yang mengakibatkan kerusakan pada ban seperti menabrak trotoar, melewati lubang di jalan dengan kecepatan tinggi, dan sebagainya.

3. Jika ban rusak, segera mengatasi

Jika Anda menemukan kerusakan pada ban, segera memeriksakan kondisi ban dan berbicara dengan profesional servis ban supaya mereka akan memperbaikinya.

keluarga berwisata dengan mobil dan ban mobil kempres, mereka harus panggil montir untuk memeriksa ban

Jika ada kerusakan pada ban, segera memperbaiki 

>>> Untuk membaca tips dan trik merawat mobil lainnya, klik sini

4.Jangan mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi

Jangan mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi atau dengan saat muatan berlebih  karena hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada ban.

5.Perhatikan telapak ban

Perhatikan kedalaman alur pada telapak ban. Faktor yang penting adalah kedalaman alur telapak ban yang minimal háu mencapai 1.6 mm.

Itulah beberapa tips merawat ban mobil yang dapat Anda terapkan terhadap ban mobil Anda. Cobalah melakukan cara-cara di atas secara rutin sehingga ban mobil Anda tetap awet dan terhindar dari kecelakaan fatal yang merugikan Anda di kemudian hari.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top