Inspirasi Daihatsu Sigra Modif, Dari Elegan Hingga Racing Look

18/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Daihatsu Sigra modif masih menjadi cara terbaik untuk meningkatkan tampilan serta menambah kenyamanan mobil ini. Intip inspirasi modifikasi dari Cintamobil.com.

Daihatsu Sigra modif bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin meningkatkan tampilan dari mobil 7-seater murah milik Daihatsu ini. Pasalnya model standarnya masih belum cukup nyaman dibandingkan MPV premium lainnya. Biaya yang ditawarkan pun tidak begitu tinggi, dimana Anda bisa memasang komponen tambahan dengan pilihan tampilan elegan maupun racing look.

Modif bodykit Sigra

Dengan harga yang ditawarkan, eksterior Daihatsu Sigra memang bisa dibilang masih belum menawarkan kesan premium. Sehingga beberapa modifikator mengubah bagian luar untuk menghadirkan tampilan yang lebih sporty pada mobil ini. Modif stiker Sigra berada dalam kisaran Rp 100 ribuan hingga Rp 500 ribuan.

Terlepas dari aksesoris standar, Anda bisa menemukan Sigra modif dengan tambahan komponen dari beragam inspirasi. Bagi Anda pengguna Sigra versi pra-facelift, banyak bengkel aksesoris yang menyediakan tampilan grille baru seperti yang digunakan pada model setelah facelift. Termasuk mengubah lampu depan menjadi model berteknologi LED yang lebih baru.

modif stiker Sigra dengan model berwarna putih
Perhatikan tema serta hindari penggunaan gaya yang berlebihan pada Sigra modif Anda

Ada pula yang memasang grille guard dengan banderol sekitar Rp 1 jutaan yang membuat tampilannya terasa lebih maskulin untuk kesan off-road. Sedangkan di belakang, modif spoiler Sigra menjadi ubahan paling banyak. Biayanya di kisaran Rp 300 ribuan untuk berbahan plastik hingga Rp 700 ribuan dengan tambahan lampu di belakang.

>>> 10 Pilihan Aksesoris Mobil Sigra Biar Terlihat Lebih Keren

Modif velg Sigra

Beberapa ubahan yang bisa ditemukan pada Sigra tentunya mengganti velg dan ban original dengan velg OEM. Velg OEM bisa dibilang telah teruji, meski harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Tak perlu takut untuk pemasangan velg, karena velg ini sudah menggunakan model Plug and Play atau PNP dan Pitch Circle Diameter (PCD).

Sebagian modif mobil Sigra turut memperbesar model velg ring 15 atau 14 untuk tampilan baru. Pasalnya Sigra saat ini masih menggunakan velg berukuran 13 inci untuk varian terendah dan 14 inci yang terlihat mungil seperti bodi mobil ini. Harga velg Sigra saat ini berada di kisaran Rp 2.5 jutaan hingga Rp 4 jutaan.

Namun perlu diingat bagi Anda yang ingin memodifikasi velg Daihatsu Sigra. Hindari menggunakan velg berukuran lebih dari 2 inci dibandingkan velg awalnya. Misalnya bagi Sigra dengan velg 14 inci, Anda bisa menggunakan velg maksimal berukuran 16 inci.

modif velg Sigra dengan desain palang
Sigra modif dengan desain sporty bisa menggunakan ubahan pada velg 

Selain itu, perhatikan pula lebar velg yang bisa membuat ban mencuat ke luar bodi mobil. Anda bisa memperhatikan angka offset yang ada pada velg atau melalui stiker pada bagian dalam velg. Offset 25 mm akan dicetak dengan simbol 25 ET atau ET 25. Penggantian velg yang lebih besar tentunya akan memperburuk tampilan Sigra modif Anda.

Untuk mendapatkan desain sporty pada Sigra modif Anda bisa diganti dengan menggunakan ban GT Radial Champiro Eco maupun Achilles Platinum. Tapi sebelum memilih ban, perhatikan ukuran ban Sigra. Sigra standar memiliki dua spesifikasi ban, yaitu ban berukuran 155/80 R13 pada tipe D dan 175/65 R14 untuk varian lainnya.

>>> LCGC 7-Seater Murah Meriah, Apa Saja Kelengkapan Daihatsu Sigra Tipe D?

Modif interior dan kelistrikan

Interior Daihatsu Sigra memang lebih sederhana dibandingkan MPV yang lebih tinggi, semisal Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza. Apalagi sebagian besar komponen di dalam kabin masih menggunakan material plastik keras. Inilah yang membuat banyak pengguna meningkatkan tampilan dalam mobil ini menjadi lebih elegan.

Salah satunya dengan menggunakan pelapis kulit untuk melapisi beberapa bagian kabin, seperti jok maupun setir. Bahkan tak jarang Anda bisa menemukan setir dengan aksen kayu demi kesan elegan. Tak ketinggalan headliner tambahan untuk meningkatkan desain premium pada mobil ini.

jok kulit Daihatsu Sigra berwarna hitam dan biru
Gunakan pelapis kulit untuk tampilan elegan di dalam kabin

Untuk tampilan yang lebih sporty, tak jarang pengguna memasangkan kursi gaya bucket atau semi-bucket pada Sigra modif mereka. Ini bisa membuat kesan sangar layaknya mobil sport dengan gaya duduk yang lebih rendah.

Daihatsu memasang head unit model 2DIN dilengkapi dengan 4 speaker. Hanya saja kualitas speaker Sigra memang tidak begitu baik, apalagi ditambah ruang kabin yang tidak terlalu kedap. Tapi Anda bisa mengganti dengan paket audio yang banyak dijual di pasarnya. Biaya upgrade audio Sigra sendiri berada dalam kisaran Rp 7 jutaan hingga Rp 15 jutaan dengan tambahan subwoofer aktif.

Namun bagi Anda yang ingin memodifikasi bagian kelistrikan dari Sigra, pastikan untuk memperhatikan berapa watt speaker yang digunakan atau pemasangan kabel-kabel yang berpotensi merusak komponen lainnya. Termasuk aki yang harus bekerja lebih keras dibandingkan jika menggunakan komponen standar.

Harga Daihatsu Sigra

Daihatsu memang satu diantara sedikit pabrikan yang menawarkan berbagai tipe pada model yang ditawarkan. Seperti Sigra yang dipasarkan dengan empat pilihan tipe, yaitu M, D, X, dan R, dua pilihan mesin (1.0 liter dan 1.2 liter), serta pilihan model Deluxe yang lebih premium.

Harga Daihatsu Sigra sendiri dibanderol mulai dari Rp 120 jutaan untuk tipe 1.0 D bertransmisi manual sebagai varian Sigra termurah. Sedangkan model tertinggi diberikan kepada Sigra 1.2 R AT DLX yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 163 jutaan.

Daihatsu Sigra modif dengan model standar berwarna merah
Sigra edisi pertama bisa didapatkan mulai dari Rp 80 jutaan

Sedangkan harga Daihatsu Sigra bekas saat ini bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp 80 jutaan untuk tahun awal, seperti Daihatsu Sigra 2016 dan 2017. Namun beberapa model yang lebih bersih dan terawat bisa saja dibanderol hingga Rp 90 jutaan.

Referensi Sigra modif ini juga bisa dilakukan pada Toyota Calya. Mengingat kedua mobil ini dikembangkan menggunakan platform yang sama dan sebagian besar komponen yang digunakan bisa disubtitusi satu sama lain. Namun jangan lupa untuk selalu memperhatikan spesifikasi komponen agar tidak salah beli nantinya. 

Itulah beberapa tips dan trik tentang mobil Sigra modif yang Cintamobil.com hendak bagikan kepada sobat-sobat. Semoga bermanfaat untuk Anda kemudian hari.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Daihatsu Sigra 2021 terbaru?
Harga Daihatsu Sigra dimulai dari Rp 120 jutaan untuk varian terendah dan Rp 163 jutaan untuk varian tertinggi.
Apa saja varian Daihatsu Sigra saat ini?
Ada 10 varian Daihatsu Sigra, dengan pilihan tipe D, M, X, dan R; pilihan mesin 1.0 liter dan 1.2 liter; serta pilihan mode Deluxe.
Dimana bisa melihat aksesoris Daihatsu Sigra?
Anda bisa melihat deretan aksesoris Daihatsu Sigra di website resmi Daihatsu maupun pada bengkel aksesoris terdekat di tempat Anda.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top