Ini Sebabnya Setiap Ganti Oli Sebaiknya Ganti Filter Oli Juga

05/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ini Sebabnya Setiap Ganti Oli Sebaiknya Ganti Filter Oli Juga
Setiap melakukan penggantian oli mesin, maka sebaiknya juga lakukan ganti filter oli. Karena ada beberapa alasan yang membuat langkah ini wajib dilakukan demi menjaga kinerja mesin kendaraan Anda.

Setiap pemilik mobil wajib melakukan perawatan berkala pada kendaraannya. Dan satu dari beberapa langkah yang dilakukan ketika servis berkala adalah melakukan penggantian oli mesin. Umumnya oli mesin ini diganti setiap 5.000 - 10.000 kilometer (km) atau maksimal 6 bulan sekali, dilihat mana yang lebih dulu dicapai.

Namun terkadang si pemilik mobil lalai untuk turut ganti filter oli selagi melakukan penggantian oli mesin. Padahal sangat dianjurkan agar komponen ini juga ikut diganti mengikuti periode penggantian oli mesin. Mengapa demikian? Berikut alasannya.

>>> Rolls Royce Ghost Terbaru Bakal Dibekali Filter Udara Anti Virus

Ketahui Fungsi Filter Oli untuk Mesin Mobil

Komponen Pada Filter Oli

Filter oli terdiri dari kertas-kertas saringan berpori

Dikutip dari laman Toyota Indonesia, Senin (04/01/2021), filter oli alias oil filter bertugas untuk memastikan oli mesin dalam kondisi bersih dari segala bentuk kontaminasi. Komponen ini akan menjaga oli tercampur dengan jelaga, komponen atau partikel metal berukuran kecil, serta kotoran lainnya. Sehingga proses pelumasan pada mesin akan berjalan baik dan tidak menciptakan gesekan pada komponen di dalam mesin.

Filter oli terdiri atas lapisan-lapisan kertas saringan yang memiliki pori-pori sengat kecil. Partikel kecil yang mungkin ada pada oli akan tersaring oleh kertas berpori tersebut. Namun seiring pemakaian, jumlah kontaminan yang menempel di kertas saringan akan semakin banyak. Jika kondisi sudah demikian, maka tugas saringan tidak akan efektif lagi untuk memastikan oli selalu tetap bersih.

>>> Pahami Fungsi dan Jenis Open Filter Buat Penambah Tenaga Mesin Mobil

Ganti Filter Oli Biar Kinerja Oli Selalu Baik

Posisi Filter Oli di Mesin Mobil

Filter oli juga terdapat klep yang bertugas menahan oli mesin

>>> Review Isuzu All-new MU-X 2020: Penantang Fortuner Dan Pajero Sport Makin Tangguh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika jumlah kotoran pada kertas saringan di filter oli sudah terlalu menumpuk, maka filter tak mampu lagi menuntaskan kewajibannya dengan baik. Sehingga apabila ada kotoran atau material metal berukuran 15-40 mikron bisa lolos dari kertas saringan, maka akan ikut masuk ke ruang mesin bersama dengan oli. Inilah yang menyebabkan komponen pada mesin akan saling bergesekan atau membuat oli menjadi mengental seperti bubur lantaran terlalu banyak oli yang tercampur dengan kotoran di ruang mesin.

Selain itu, umumnya filter oli dibekali dua buah katup atau klep untuk menjebak oli dalam filter. Tujuannya agar oli mesin tidak turun saat mesin dimatikan. Dan ketika mesin kembali dinyalakan, maka akan langsung mendpaat pelumasan yang cukup. Jika klep ini sudah tidak bekerja dengan baik lantaran sudah lemah atau tersumbat kotoran, maka akan membuat sirkulasi oli ketika mesin masih dingin menjadi bermasalah.

Karena itulah sebaiknya ganti filter oli mengikuti jadwal ganti oli atau setiap dilakukan servis berkala agar risiko-risiko tadi tidak menimpa Anda.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Memilih Filter Oli yang Tepat Buat Mobil Anda

03/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Memilih filter oli perlu untuk memperhatikan beberapa hal. Ini agar filter bekerja sempurna untuk mendukung kinerja mesin mobil Anda. Sebaiknya gunakan filter oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda.

Lihat juga

Masih Banyak Mitos, Berikut Fakta Penggantian Filter Oli

Penggantian filter oli tidak kalah penting dengan oli mesin. Perannya yang membuat mesin lebih awet membuat perawatan secara berkala lebih penting. Inilah fakta penggantian filter oli.

Lihat juga

Honda Luncurkan Filter Udara Kurumaku untuk Bunuh Virus dan Bakteri

04/01/2021

Pasar mobil

2 menit

Untuk menghadapi pandemi COVID-19 yang masih menyebar, Honda Jepang meluncurkan aksesori terbaru bernama Kurumaku untuk membunuh virus dan bakteri dalam mobil.

Lihat juga

Mengenal Jenis Bahan Filter Udara Mobil dan Cara Membersihkannya

22/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa jenis bahan filter udara mobil yang sering dipakai. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan serta cara berbeda untuk membersihkannya.

Lihat juga

Cukup Simpel, Bagaimana Cara Mengganti Filter Udara Sendiri?

10/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Sebagai pecinta mobil, sekadar merawat mobil agar tetap bersih dan prima juga tidak cukup. Tak jarang yang coba melakukan penggantian suku cadang sendiri, salah satunya filter udara yang tidak terlalu rumit. Bagaimana langkah-langkahnya?

Lihat juga
 
back to top