Sebelum Terlambat, Ketahuilah Tanda-tanda Kopling Mobil Anda Bermasalah

20/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Sebelum Terlambat, Ketahuilah Tanda-tanda Kopling Mobil Anda Bermasalah
Menyalurkan tenaga ke transmisi adalah tugas dari kopling di sistem kerja mesin. Perannya cukup vital, maka Anda harus menjaga kondisinya dengan baik. Apakah Anda sudah tahu tanda kopling mobil bermasalah?

Saat ini tidak dipugkiri mobil bertransmisi matic lebih banyak diminati dari pada mobil bertransmisi manual. Namun meski begitu faktanya, mobil bertransmisi manual masih banyak peminatnya karena menawarkan sensasi berkendara yang berbeda.

Gambar menunjukkan seorang yang sedang memegang Kopling mobil manual

Kebiasan menggunakan kopling mobil dengan asal menjadi sala satu penyebab rusaknya kopling

>>> Ada 3 Penyebab Kampas Kopling Cepat Rusak Pada Umumnya

Seperti banyak yang kita ketahui, perbedaan antara mesin bertransmisi matic dan manual ialah pada penggunaan kopling.  Kopling sendiri memiliki fungsi untuk memindahkan pengaturan tenaga pada mesin mobil. Jika kopling mobil Anda bermasalah, maka risiko terbesarnya, mobil Anda bisa turun mesin. Tentunya Anda akan membutuhkan banyak biaya untuk membetulkannya.

Untuk menjaga hal buruk itu tidak terjadi, Anda harus mengetahui tanda-tanda kopling Anda harus mengalami perbaikan.

1. Pedal kopling terasa lebih keras ketika ditekan

Seperti yang dilansir dari Nissan Indonesia, yang pertama harus Anda perhatikan ialah gejala yang bisa langsung terasa adalah ketika pedal kopling terasa lebih keras ketika ditekan. Situasi ini mudah dikenali jika memang keseharian Anda mengendarai kendaraan itu sendiri.

Gambar menunjukkan Kinerja kopling mobil

Flywheel, clutch disc, cover clutch dan release bearing merupakan empat komponen penting pada kopling

>>> Kenali Gejala Kampas Kopling Minta Diganti​​​​​​​

2. Kopling Hilang tenaga

Kedua, hilangnya tenaga. Jadi, kondisi ini terjadi ketika transmisi sudah dimasukkan ke gigi satu, kemudian kopling diangkat setengah atau lebih, kemudian gas tidak ditekan mobil tidak berjalan. Sebab biasanya, ketika kopling diangkat setengah tanpa gas harus ditekan, mobil sudah bisa berjalan. Namun ketika kopling mulai bermasalah, mobil tidak berjalan.

>>> Ketahui Waktu yang Tepat untuk Mengganti Piringan Kopling

3. Hilangnya free play kopling 

Ketiga, hilangnya free play kopling. Ini berarti kopling harus dilepas lebih tinggi dari semestinya, biasanya pada kondisi normal di mana freeplay masih belum hilang, kopling tidak perlu diangkat terlalu tinggi untuk bisa berjalan.

Oleh karena itu, ketika salah satu kondisi yang disebutkan di atas sudah Anda rasakan, maka sebaiknya periksakan kendaraan, daripada nantinya Anda harus mengeluarkan dana lebih besar untuk mengganti set kopling. Pasalnya, jika sudah parah dan arus menganti seluruh komponen kopling, biayanya bisa mencapai 2,1 juta.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top