Panduan Mengemudi Dengan Mobil Transmisi Otomatis

12/02/2018

Pengemudian

4 menit

Panduan Mengemudi Dengan Mobil Transmisi Otomatis
Kalau ada sudah pernah membawa mobil dengan transmisi manual, maka anda harus belajar mengemudi dengan mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matic. Apakah mobil dengan transmisi otomatis susah untuk dibawa? Asalkan anda mengetahui teknik mengemudinya, membawa mobil matic tidaklah susah.

Pada dasarnya, mengemudi mobil matic sama saja dengan mengemudi mobil manual. Perbedaannya terletak pada persneling mobil atau gigi (gearbox) mobil, serta hanya terdapat pedal gas dan pedal rem. Agar anda tidak membawa mobil dengan teknik yang salah, cintamobil.com akan menjelaskan secara bertahap agar anda dapat mengerti.

- Hanya gunakan kaki kanan

gambar pengemudi menginjak pedal rem dengan kaki kiri dan pedal gas dengan kaki kanan

Jangan menginjak pedal rem dengan kaki kiri

Mengapa hanya menggunakan kaki kanan? Ketika anda mengendarai mobil manual, kaki kanan digunakan untuk menginjak pedal rem dan pedal gas sedangkan kaki kiri digunakan untuk menginjak pedal kopling. Maka ketika membawa mobil matic, kaki kiri tidak perlu digunakan hanya gunakan kaki kanan layaknya menggunakan mobil manual. 

>>> Alasan kenapa hanya menggunakan kaki kanan bisa anda baca disini

- Kenali gigi pada transmisi otomatis

gambar tangan pengemudi memegang persneling atau gigi transmisi otomatis pada mobil

Kalau mobil manual menggunakan angka sebagai tanda untuk gigi pada mobilnya, maka mobil matic menggunakan huruf sebagai tanda untuk gigi pada mobilnya. Berikut penjelasannya.

  1. P atau Parking, gigi ini digunakan ketika mobil sama sekali tidak digunakan atau sedang parkir.
  2. R atau Reverse, gigi ini digunakan untuk memundurkan mobil.
  3. N atau Netral, gigi ini akan memberikan posisi netral pada mobil.
  4. D atau Drive, gigi ini digunakan untuk membuat mobil berjalan. Pada beberapa mobil terdapat angka layaknya gigi manual yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ketika persneling ditaruh di angka 1, maka mobil akan bergerak layaknya mobil manual yang menggunakan gigi 1.
  5. L atau Low, gigi ini hanya terdapat di beberapa mobil namun fungsinya sama seperti layaknya gigi 1 pada mobil manual.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

- Cukup menginjak dan melepaskan rem ketika akan mulai menjalankan mobil

Tidak seperti mobil manual yang harus mengkombinasikan injakan kopling dan rem, cukup injak pedal rem dan bawa gigi ke posisi D, kemudian lepaskan rem secara perlahan, maka mobil akan mulai berjalan secara perlahan. Setelah itu kaki kanan kalian bisa kalian pindahkan ke pedal gas untuk memberikan kecepatan tambahan pada mobil.

Demikian tips mengemudi mobil bertransmisi otomatis dari cintamobil.com. Kami sertakan video agar semakin dapat membantu anda untuk memahami tekniknya.

 
back to top