Perlukah Menginjak Rem Kaki Mobil Dengan Kaki Kiri

09/02/2018

Pengemudian
Perlukah Menginjak Rem Kaki Mobil Dengan Kaki Kiri
Ketika anda mengikuti kursus membawa mobil dengan transmisi manual, sudah pasti kaki kiri digunakan untuk menginjak pedal kopling dan kaki kanan digunakan untuk menginjak pedal rem dan gas. Biasanya pedal kopling begitu ringan untuk diinjak atau dilepas sehingga kaki kiri anda akan dilatih untuk bisa mengatur daya tekan pada kopling agar mobil tidak mati saat melepas kopling secara perlahan.

gambar kaki kiri sedang menginjak pedal rem dan kaki kanan sedang menginjak pedal gas

 Berbeda ketika anda beralih ke mobil dengan transmisi otomatis

Namun semua itu akan berbeda ketika anda beralih ke mobil dengan transmisi otomatis. Mobil transmisi otomatis hanya mempunyai pedal rem dan gas. Karena kebiasaan membawa mobil dengan transmisi manual, maka secara tidak sadar kaki kiri digunakan untuk menginjak rem. Kebiasaan seperti ini sangatlah tidak baik, mengapa demikian? cintamobil.com akan menjelaskan dibawah ini.

1. Mobil akan melaju secara mendadak dan berpotensi terjadi kecelakaan

Sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan ketidaktahuan pengemudi dalam mengemudi mobil transmisi otomatis. Ini terjadi akibat ketika kaki kiri menginjak pedal rem dan kaki kanan menginjak pedal gas, secara tidak sadar pengemudi melepas injakan rem ketika sedang menginjak pedal gas, sehingga tak ayal mobil langsung melaju dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

2. Pengereman menjadi terasa mendadak yang juga berpotensi menyebabkan kecelakaan

gambar pedal rem dan pedal gas di mobil bertransmisi otomatis

Pedal rem dan pedal gas pada mobil matic

Karena kaki kiri dibiasakan untuk menginjak pedal kopling begitu dalam, maka ketika menginjak pedal rem dengan kaki kiri, tekanan kaki yang diberikan juga kuat sehingga berpotensi membuat pengereman terasa mendadak. Apalagi ketika berada dikeramaian, mobil yang direm mendadak membuat pengemudi dibelakang terkejut dan tidak sempat menginjak rem, alhasil terjadi tabrakan.

>>> Untuk melihat tips dan trik ketika mengemudi bisa dilihat disini

3. Gearbox akan cepat rusak

gambar ilustrasi kaki kanan yang menginjak pedal rem

Teknik menginjak rem yang benar

Ketika kaki kiri digunakan untuk melepas pedal rem perlahan sambil menginjak pedal gas, maka potensi kerusakan semakin cepat dikarenakan mobil ditahan untuk melaju padahal pedal gas sudah diinjak sehingga gearbox pada mobil bisa jebol.

>>> Klik disini untuk melihat mobil bekas yang disediakan oleh cintamobil.com

Setelah melihat penjelasan di atas, cintamobil.com menyarankan agar menginjak rem dengan kaki kanan karena saa tanda dilatih menggunakan mobil bertransmisi manual, anda menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem dan pedal gas secara bergantian. Bagi anda yang harus beralih ke mobil bertansmisi manual, kami sarankan kaki kiri tidak perlu digunakan, cukup menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem dan pedal gas secara bergantian.

 
back to top