Ketahui Waktu yang Tepat untuk Mengganti Piringan Kopling

16/04/2018

Perawatan dan service

1 menit

Share this post:
Ketahui Waktu yang Tepat untuk Mengganti Piringan Kopling
Kopling adalah salah satu bagian terpenting dalam mobil transmisi manual karena menghubungkan mesin dengan gearbox, dan inilah yang memberikan kekuatan penggerak untuk mobil. Waktu mengganti piringan kopling dilihat dari keausan dan kerusakan yang tinggi tergantung pada gaya mengemudi dan kondisi lingkungan.

Terutama mobil yang banyak dikendarai pada kondisi lalu lintas yang padat. Yang memungkinkan untuk melakukan metode stop and go berdampak pada keausan kopling dari pada berkendara pada kondisi jalan yang lancar. Hal ini juga berdampak pada lingkungan dengan kondisi jalan menanjak. Cintamobil akan memberikan tips melihat waktu mengganti piringan kopling yang tepat.

1. Slip Kopling

Gambar yang menunjukan kopling yang slip pada mobil

Perhatikan jika terjadi slip pada kopling mobil Anda

Salah satu tanda utama dari pelat kopling yang aus adalah ketika ada slip pada kopling. Anda akan mulai memperhatikan berkurangnya tenaga di kendaraan dan rpm mesin akan cenderung naik lebih dari yang diperlukan untuk kecepatan tertentu. Slip jenis ini terjadi ketika semua material yang bergesek pada pelat kopling sudah usang dan saatnya mengganti pelat kopling. Masalah slip semacam ini akan menyebabkan efisiensi konsumsi bahan bakar menurun.

2. Getaran yang berlebih

Tanda lain bahwa ada masalah dengan kopling Anda adalah ketika ada getaran yang berlebihan ketika Anda melepaskan pedal kopling, terutama pada kecepatan rendah. Ini mungkin karena beberapa kontaminasi juga di permukaan pelat kopling seperti minyak atau lemak (yang seharusnya tidak biasanya terjadi), atau bahkan air dan lumpur jika Anda telah melewati jalan-jalan yang digenangi air.

Gambar yang menunjukan seorang wanita yang sedang mengemudi

Perhatikan getaran pada mobil ketika Anda mengemudi

Jika getaran terjadi setelah kendaraan berjalan untuk sementara waktu itu bukan masalah serius, tetapi jika getarannya tetap maka itu bisa berarti bahwa pelat tekanan kopling dipakai dan tidak mendorong pelat gesekan kopling terhadap roda gila mesin dengan benar. Kadang-kadang mesin dan gearbox yang tidak sejajar karena pemasangan mesin yang buruk atau gearbox mount juga memiliki gejala yang sama.

>>> Baca juga Memeriksa getaran tidak biasa mobil

3. Suara yang mengganggu

Kadang-kadang ketika Anda menekan pedal kopling dan kemudian melepaskannya Anda akan mendengar suara gemuruh yang berasal dari area mesin/gearbox. Ini kedengarannya seperti gelang yang digerakkan sangat samar. Ketika Anda menekan pedal kopling, bunyi ini biasanya hilang, tetapi muncul kembali begitu Anda melepaskan kopling.

Berikut cara mengetahui masalah suara pada kopling

Kadang-kadang Anda akan mendapatkan suara menggigil atau bersenandung lebih dalam. Ini adalah indikasi gejala dari bantalan rilis kopling yang aus. Sementara hanya bantalan rilis kopling dapat diganti, jika tidak diperiksa waktu ini dapat menyebabkan garpu kopling bengkok (mekanisme yang mendorong atau melepaskan kopling di dalam perumahan kopling) yang kemudian dapat menyebabkan masalah tekanan pada plat.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

4. Kesulitan dalam perpindah gigi

Gambar yang menunjukan seorang pengemudi yang menekan pedal gas

Kesulitan memindahkan gigi menjadi penanda waktu mengganti piringan kopling

Masalah lain yang menandakan kegagalan kopling adalah ketika Anda mengalami kesulitan memindahkan persneling bahkan setelah menekan kopling. Gigi akan menolak untuk pindah ke netral atau menolak untuk bergerak dari netral ke gigi lain dengan mudah. Bahkan jika bergerak, perubahan gigi akan disertai dengan suara kertakan atau kisi-kisi. Ini karena kopling tidak terlepas sepenuhnya meskipun Anda telah menekan pedal kopling.

Demikian beberapa pertanda waktu mengganti piringan kopling yang bisa Anda terapkan dalam merawat mobil Anda. Diharapkan banyak pengendara atau pemilik kendaraan dapat mengetahui dan membawa kendaraan sebelum terjadi masalah yang lebih parah. Semoga dapat bermanfaat dan berguna.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Kopling Mobil Terasa Berat? Mungkin ini Penyebabnya

11/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Sebagai komponen mobil manual yang sangat krusial, saat kopling terasa berat membuat feeling berkendarai jadi tidak nyaman. Apa saja penyebab masalah ini?

Lihat juga

Pengguna Mobil Manual, Jangan Lakukan Ini Kalau Tak Mau Kopling Mobil Cepat Rusak

30/11/2019

Pengemudian

5 menit

Sejumlah kebiasaan buruk pengemudi mobil manual ternyata menjadi pemicu kopling mobil cepat rusak. Nah mulai sekarang perhatikan cara memperlakukan kopling mobil manual ya...

Lihat juga

Sebelum Terlambat, Ketahuilah Tanda-tanda Kopling Mobil Anda Bermasalah

20/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Menyalurkan tenaga ke transmisi adalah tugas dari kopling di sistem kerja mesin. Perannya cukup vital, maka Anda harus menjaga kondisinya dengan baik. Apakah Anda sudah tahu tanda kopling mobil bermasalah?

Lihat juga

Kenali Gejala Kampas Kopling Minta Diganti

06/04/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kopling memiliki peranan penting bagi mobil, khususnya mobil manual. Salah satu komponen fast moving di dalamnya adalah Clutch Plate (Kampas Kopling), namun kapan kita harus melakukan penggantian komponen kampas kopling?

Lihat juga

Hati-Hati Setengah Kopling, Bikin Usia Transmisi Lebih Pendek

30/01/2020

Pengemudian

3 menit

Membiasakan diri menginjak setengah kopling bisa menjadi hal buruk yang berdampak besar. Kopling bakal berusia lebih pendek dari usia yang seharusnya.

Lihat juga
 
back to top