Sambil Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Rotasi Ban Mobil

11/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Sambil Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Rotasi Ban Mobil
Tips Ngabuburit #DiRumahAja kali ini agak memerlukan tenaga ekstra bahkan berpotensi membuat tubuh Anda menjadi berkeringat, inilah tips mengenai rotasi ban

SEMBARI BEROLAHRAGA

Tips Ngabuburit #DiRumahAja kali ini agak memerlukan tenaga ekstra bahkan berpotensi membuat tubuh Anda menjadi berkeringat, tapi tentunya tidak apa, karena berolahraga saat puasa juga dianjurkan oleh medis. Apalagi "Tubuh harus senantiasa dilatih meski saat puasa," papar Dr Michael Triangto Sp. KO selaku dokter spesialis kedokteran olahraga. Maka inilah tips dari kami mengenai ban mobil, beberapa hal ini harus diperhatikan ketika hendak melakukan rotasi ban.

Gambar menunjukkan ban GT Radial Savero SUV DFSK 560 Standar

Melakukan rotasi ban juga sebagai bentuk olahraga tubuh

PERHATIKAN TAPAK BAN

Foto ban dan pelek Mitsubishi Eclipse Cross 2020

Tidak bisa asal rotasi ban, bisa-bisa traksi dan grip tidak maksimal

Cara untuk melakukan rotasi ban adalah tergantung pola kembangan atau jenis telapak ban. "Seperti kita ketahui bersama pola telapak ban ada yang konvensional atau disebut juga dengan pola basic, yang kedua adalah one direction atau searah, ketiga adalah ban dengan pola kembangan asymmetric  dan yang terakhir adalah ban dengan pola tapak gabungan one direction dan asymmetric," tukas Zulpata Zainal, selaku OVT GT Prooving Ground Manager, PT.Gajah Tunggal Tbk.

Gambar menunjukkan pola rotasi ban

Beginilah contoh diagram rotasi ban

Pria yang akrab disapa Pak Zul ini juga menambahkan, jika ban dengan tapak konvensional bisa dilakukan rotasi ban ke mana saja. "Kiri ke kanan dan sebaliknya atau depan belakang atau malah silang depan kiri ke belakang kanan, depan kanan ke belakang kiri atau sisi luar kesisi dalam, dengan cara mencopot terlebih dahulu ban dari pelek, kemudian dipasang lagi dengan posisi luar dan dalam sudah dibalik," paparnya lebih mendalam.

Foto ban dan pelek Daihatsu Gran Max 1.5D

Dengan melakukan rotasi ban kegiatan Ngabuburit #DiRumahAja menjadi lebih tidak terasa

Namun untuk ban yang memiliki pola one direction, rotasi ban hanya dapat dilakukan untuk ban depan dipindah ke belakang atau belakang kedepan saja, tidak bisa kiri ke kanan atau sebaliknya. Ini lantaran pola ban one direction atau satu arah ini memang didesain hanya ke satu arah saja. Dikhawatirkan grip dan traksi ban tidak mencengkram maksimal ketika dipaksakan rotasi seperti ban konvensional.

Gambar menunjukkan ban GT Radial Champiro ECO

Perhatikan logo IN atau OUT di ban

"Untuk ban dengan pola tapak asimetris, rotasi yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan ban depan ke belakang dan sebaliknya, juga bisa dipindahkan dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Tapi untuk sisi luar ke dalam tidak bisa, di dinding samping ban biasa ditulis IN atau OUT," pesan Zulpata yang juga kenyang pengalaman dalam mengetes ban baru pra-produksi ini.

Foto tapak ban asimetris

Ban dengan tapak pola asimetris

Terakhir yang dapat dilakukan saat Ngabuburit #DiRumahAja adalah cara rotasi ban dengan pola tapak gabungan antara asymmetric dan one direction. "Pada ban ini rotasi hanya bisa depan ke belakang dan sebaliknya, tidak bisa sisi dalam ke sisi luar, pada dinding ban biasanya juga ada tanda arahnya berupa gambar panah," tutup Zul mengakhiri obrolan santai dengan tim Cintamobil.com mengenai tips Ngabuburit #DiRumahAja.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

5 Pilihan Mobil SUV Murah dan Irit Bermesin Bandel Rp100 Jutaan

30/04/2020

Jual beli

3 menit

Mobil SUV dikenal karena mesin bertenaga namun harganya cukup mahal. Berikut pillihan mobil SUV murah dan irit namun bertenaga di daftar mobil bekas Cintamobil.com.

Lihat juga

Membandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

19/04/2020

Mobil baru

5 menit

Carry adalah model penting Suzuki di Indonesia, tanpa Carry mungkin Suzuki tak akan pernah jualan mobil, mari kita bandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

Lihat juga

Menilik Kelebihan dan Umur Ban Mobil Bridgestone

19/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Bingung memilih ban untuk mobil yang terbaik untuk Anda? Simak kelebihan serta daya tahan umur ban mobil Bridgestone dengan berbagai karakteristiknya.

Lihat juga

Mitsubishi Sumbang 5 Pick-up L300 ke PMI untuk Bantu Tangani Corona

16/04/2020

Event - Promosi

3 menit

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pemegang merek Mitsubishi lakukan donasi Mitsubishi L300 sebagai bentuk support pencegahan COVID-19

Lihat juga

20 Mobil di Indonesia yang Pakai Ukuran Ban Mobil Ring 15

15/04/2020

Pengemudian

8 menit

Berikut ini akan kami berikan daftar ukuran ban mobil ring 15 yang dipakai pada mobil-mobil yang ada di Indonesia. Namun kami batasi hanya 20 model saja.

Lihat juga
 
back to top