Sambil Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Rotasi Ban Mobil

11/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Tips Ngabuburit #DiRumahAja kali ini agak memerlukan tenaga ekstra bahkan berpotensi membuat tubuh Anda menjadi berkeringat, inilah tips mengenai rotasi ban

SEMBARI BEROLAHRAGA

Tips Ngabuburit #DiRumahAja kali ini agak memerlukan tenaga ekstra bahkan berpotensi membuat tubuh Anda menjadi berkeringat, tapi tentunya tidak apa, karena berolahraga saat puasa juga dianjurkan oleh medis. Apalagi "Tubuh harus senantiasa dilatih meski saat puasa," papar Dr Michael Triangto Sp. KO selaku dokter spesialis kedokteran olahraga. Maka inilah tips dari kami mengenai ban mobil, beberapa hal ini harus diperhatikan ketika hendak melakukan rotasi ban.

Gambar menunjukkan ban GT Radial Savero SUV DFSK 560 Standar

Melakukan rotasi ban juga sebagai bentuk olahraga tubuh

PERHATIKAN TAPAK BAN

Foto ban dan pelek Mitsubishi Eclipse Cross 2020

Tidak bisa asal rotasi ban, bisa-bisa traksi dan grip tidak maksimal

Cara untuk melakukan rotasi ban adalah tergantung pola kembangan atau jenis telapak ban. "Seperti kita ketahui bersama pola telapak ban ada yang konvensional atau disebut juga dengan pola basic, yang kedua adalah one direction atau searah, ketiga adalah ban dengan pola kembangan asymmetric  dan yang terakhir adalah ban dengan pola tapak gabungan one direction dan asymmetric," tukas Zulpata Zainal, selaku OVT GT Prooving Ground Manager, PT.Gajah Tunggal Tbk.

Gambar menunjukkan pola rotasi ban

Beginilah contoh diagram rotasi ban

Pria yang akrab disapa Pak Zul ini juga menambahkan, jika ban dengan tapak konvensional bisa dilakukan rotasi ban ke mana saja. "Kiri ke kanan dan sebaliknya atau depan belakang atau malah silang depan kiri ke belakang kanan, depan kanan ke belakang kiri atau sisi luar kesisi dalam, dengan cara mencopot terlebih dahulu ban dari pelek, kemudian dipasang lagi dengan posisi luar dan dalam sudah dibalik," paparnya lebih mendalam.

Foto ban dan pelek Daihatsu Gran Max 1.5D

Dengan melakukan rotasi ban kegiatan Ngabuburit #DiRumahAja menjadi lebih tidak terasa

Namun untuk ban yang memiliki pola one direction, rotasi ban hanya dapat dilakukan untuk ban depan dipindah ke belakang atau belakang kedepan saja, tidak bisa kiri ke kanan atau sebaliknya. Ini lantaran pola ban one direction atau satu arah ini memang didesain hanya ke satu arah saja. Dikhawatirkan grip dan traksi ban tidak mencengkram maksimal ketika dipaksakan rotasi seperti ban konvensional.

Gambar menunjukkan ban GT Radial Champiro ECO

Perhatikan logo IN atau OUT di ban

"Untuk ban dengan pola tapak asimetris, rotasi yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan ban depan ke belakang dan sebaliknya, juga bisa dipindahkan dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Tapi untuk sisi luar ke dalam tidak bisa, di dinding samping ban biasa ditulis IN atau OUT," pesan Zulpata yang juga kenyang pengalaman dalam mengetes ban baru pra-produksi ini.

Foto tapak ban asimetris

Ban dengan tapak pola asimetris

Terakhir yang dapat dilakukan saat Ngabuburit #DiRumahAja adalah cara rotasi ban dengan pola tapak gabungan antara asymmetric dan one direction. "Pada ban ini rotasi hanya bisa depan ke belakang dan sebaliknya, tidak bisa sisi dalam ke sisi luar, pada dinding ban biasanya juga ada tanda arahnya berupa gambar panah," tutup Zul mengakhiri obrolan santai dengan tim Cintamobil.com mengenai tips Ngabuburit #DiRumahAja.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top