Ngabuburit #DiRumahAja dengan Bersihkan Ruang Mesin

04/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kebersihan sebagian dari iman. Tak hanya tampilan luar, bagian dalam dan ruang mesin juga harus diperhatikan ngabuburit #DiRumahAja dengan bersihkan ruang mesin

Foto ruang mesin Toyota Kijang LGX 2.0 2001

Kebersihan adalah sebagian dari iman, tak hanya manusia mobil juga kudu bersih

Siapa yang tidak ingin punya mobil dengan ruang mesin bersih seperti di foto itu? Anda yang seorang car enthusiast atau sekadar pecinta mobil pasti suka ruang mesin yang bersih dan fotogenik. Nah, mumpung lagi di bulan puasa, bukan hanya perbuatan kita yang harus 'bersih', ruang mesin juga kudu kinclong. Kini, kami akan memberikan tips untuk ngabuburit #DiRumahAja dengan bersihkan ruang mesin.

Foto Toyota Kijang LGX 2.0 EFI 2001

Toyota Kijang LGX 2.0 2001 milik Andi bukan hanya bersih namun juga terawat

Kami menemui Andi Novian, salah satu kolega kami saat kuliah dulu. Kebetulan ia memiliki sebuah mobil Toyota Kijang LGX 2001 yang kinclong luar dalam. Andi sapaan akrab Andi Novian ini sangat sayang dan hobi merawat mobilnya tersebut. Ia pun tidak pelit ilmu berbagi tips untuk membersihkan ruang mesin saat ngabuburit #DiRumahAja. "Pertama yang harus dilakukan adalah buka kap mesin dan pastikan kondisi mesinnya dingin sebelum membersihkan mesin," buka Andi.

Foto intake injektor Toyota Kijang LGX 2.0 EFI 2001

Coba lihat sampai pada lekukan terkecil pun bisa dibersihkan asal ada kemauan

"Jika mesin sudah dingin, segera ambil sikat gigi bekas dan lap serta basahkan dengan air, lalu gosok perlahan ke kotoran yang menempel," tambah pria berkacamata ini. Lebih lanjut ia juga menambahkan, agar jangan menggunakan sabun detergen atau semacamnya untuk membersihkan mesin. Pasalnya, memang detergent dan sabun akan lebih cepat merontokkan kotoran, namun jika membilasnya tidak bersih, di kemudian hari akan muncul jamur dan jadi lebih sulit untuk dibersihkan.

Foto kabel distributor Toyota Kijang LGX EFI 2.0 2001

Saat menemui perkabel harus hati-hati dan jangan sampai air menyelinap masuk

Memang prosesnya agak memakan waktu lama, karena tanpa bahan kimia apapun, namun hasilnya juga tidak kalah dari salon mobil. Pria pengguna smartwatch ini juga menambahkan, apabila bertemu dengan kabel-kabel kelistrikan sebaiknya hati-hati dan tunggu sampai air benar-benar kering sebelum Anda kembali menyalakan mobil.

KHUSUS UNTUK NODA MEMBANDEL BOLEH GUNAKAN CAIRAN KIMIA

Namun, tidak semua pemilik mobil care dengan mobilnya, bagi beberapa pemilik mobil yang jarang 'melihat' ruang mesin biasanya engine bay sudah kotor. "Untuk hal tersebut boleh saja gunakan cairan kimia seperti engine cleaner atau degreaser. Untuk menggunakannya juga harus menunggu mesin dingin, jika cairan kimia kering lebih dahulu nanti akan sulit membersihkannya," papar Meitius Dicky Prasetyo, punggawa dari Bruder Auto Detailing di bilangan Bekasi, Jawa Barat. Jadi begitulah tips untuk ngabuburit #DiRumahAja dengan bersihkan ruang mesin.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top