Punya Mobil ‘Konde’? Inilah Tips Rawat Pintu Belakang Dengan Tire Hanger

Share this post:
Punya Mobil ‘Konde’? Inilah Tips Rawat Pintu Belakang Dengan Tire Hanger
Secara kontruksi, pintu dengan tire hanger atau tempat menaruh ban cadangan sudah dibuat dengan lebih kokoh. Tetapi perlu perawatan ringan untuk menjaga kinerjanya tetap baik. Inilah tips rawat pintu belakang dengan tire hanger.

Beberapa mobil yang dijual di Indonesia menempatkan posisi ban cadangan di pintu belakang. Seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios sebelum 2018, Ford Ecosport atau Ford Everest generasi pertama. Sebenarnya, secara konstruksi pabrikan sudah merancang pintu tersebut agar kuat di tempatkan ban cadangan ukuran standar. Hanya saja, karena memiliki ban tentu saja seiring pemakaiaan, pintu tersebut bisa memiliki kendala.

Salah satu kendala yang kerap muncul adalah pintu yang tidak lancar begitu dibuka. Beberapa kasus juga untuk mobil yang tidak menggunakan ban ukuran standar atau pernah mengalami benturan ada kencenderungan pintu menjadi turun. Terjadinya deformasi pada pintu umumnya dikarenakan benturan atau faktor eksternal.

>>> Baca juga: Hati-hati, Mobil Listrik Ternyata Boros Ban

Toyota Rush lama masih menggunakan tire hanger untuk ban cadangan

Toyota Rush salah satu mobil SUV lama yang menggunakan tire hanger untuk meletakkan ban cadangan

Tapi sebaiknya sebelum hal itu terjadi, ada tips rawat pintu belakang yang perlu dilakukan pengguna mobil agar hal-hal diatas bisa teratasi. Misalnya melakukan perawatan ringan Anda lakukan sendiri dirumah, maupun meminta bantuan jasa montir di bengkel langganan. Sebetulnya tidak ada perawatan khusus,  hanya saja degan beban tambahan perlu pelumasan di engsel pintunya saja untuk menjaga fungsi kerja engsel tetap optimal.

>>> Tips perawatan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Cara perawatan pun cukup mudah, bersihkan kotoran-kotoran yang ada di bagian engsel. Anda bisa menggunakan cairan penetrant untuk tips rawat pintu belakang. Begitu juga dengan bagian latch dan striker. Bila perlu, gunakan kuas kecil agar kotoran hilang. Tahap selanjutnya bisa dikeringkan menggunakn lap bersih. Perawatan belum tuntas sampai situ. Untuk jaga-jaga, engsel agar tetap bekerja secara maksimal sebaiknya gunakan gemuk (grease) pada engsel-engsel pintu.

Perhatikan komponen door latch dan striker

Perhatikan komponen door latch dan striker pada pintu dengan tire hanger pastikan berfungsi normal

Sebenarnya bisa saja Anda menggunakan cairan penetrant pada engsel-engsel pintu karena punya fungsi mencegah korosi. Namun kekuatan gemuk lebih tahan lama untuk jangka panjang. Kancing pintu (latch) juga butuh perawatan, terutama pada bagian baut yang kerap terjadi korosi karena sering bersentuhan dengan air. Untuk bagian ini, jika sudah berkarat cepat bersihkan dengan cairan penetrant. Ada baiknya juga segera diganti pada bagian bautnya karena bila dibiarkan kelamaan korosi akan mempersulit pembukaan baut jika suatu saat dibutuhkan.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Yang tidak kalah penting untuk mobil-mobil yang menggunakan tire hanger, Anda harus perhatikan karet stopper yang berfungsi juga agar pintu selalu dalam posisi yang yang normal. Perhatikan kondisi karet tersebut. Bila sudah getas, sebaiknya cepat diganti agar ketika ditutup, posisi pintu selalu di posisi yang benar. Pada intinya, dalam tips rawat pintu belakang selama belum pernah mengalami benturan, ban cadangan masih menggunakan ban ukuran standar, cukup lakukan perawatan ringan. Ada baiknya juga melakukan perawatan sekitar enam bulan sekali.

Share this post:

Berita lain

Jangan Sepelekan, Berikut Jenis Kerusakan Panel Pintu

Ternyata bagian panel pintu juga bisa mengalami kerusakan. Deteksi kerusakan yang terjadi menjadi cara jitu untuk bisa merawatnya kelak. Berikut ragam masalah panel pintu.

Lihat juga

Cukup Mudah, Simak Tips Merawat Pintu Geser Elektris

Memiliki mobil dengan pintu geser elektris memberikan kemudahan untuk akses masuk ke kabin. Namun karena bekerja seara elektris, ada perawatan yang perlu dilakukan. Berikut tips merawat pintu geser elektris.

Lihat juga

Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik

Mobil dengan pintu geser dan pintu bagasi elektrik menjamin kemudahan akses orang ke kabin maupun penempatan barang dibagasi. Namun, tidak selamanya bagian ini berfungsi lancar termasuk komponen motor penggeraknya. Inilah jenis masalah pintu geser elektrik.

Lihat juga

Bisa Terbuka Sendiri, Prototipe Pintu Mobilitas Jaguar Land Rover Permudah Penyandang Disabilitas

Jaguar Land Rover telah mengembangkan pintu mobil otomatis nan evolusioner yang terbuka saat pengemudi mendekat. Prototipe pintu mobilitas tersebut dikembangkan bersama seorang atlet Invictus Games.

Lihat juga

Jangan Tunggu Error, Perhatikan 4 Hal Ini Pada Pintu Geser MPV-mu

Sebagaimana bagian lain pada mobil yang harus tetap dalam kondisi terbaik, pintu geser mobil MPV harus diperhatikan agar berfungsi secara normal dan tidak mengalami error yang dapat mengganggu kenyamanan. 4 hal ini berikut perlu dilakukan agar pintu geser selalu dalam kondisi baik.

Lihat juga