Hati-hati, Mobil Listrik Ternyata Boros Ban

Hati-hati, Mobil Listrik Ternyata Boros Ban
Pemerintah terus mendorong kehadiran mobil listrik di Indonesia dan saat ini terus dilakukan kajian. Menyambut komitmen pemerintah Indonesia, Goodyear menghadirkan teknologi baru yakni Goodyear EfficientGrip Performance Electric Drive yang dikhususkan mobil listrik. Ini untuk mencegah mobil listrik yang boros saat menggunakan ban standar.

Diperkenalkan pertama kali saat Geneva Motor Show, Goodyear menghadirkan Electric Drive Technology pada ban tipe EfficientGrip Performance dimana ban ini mempunyai kelebihan khusus mobil listrik. Ternyata bila mobil listrik menggunakan ban standar, ketebalan telapak ban bisa lebih cepat habis 30% dibandingkan terpasang pada mobil konvensional. Lantas mengapa mobil listrik bisa boros ban?

>>> Begini Cara Menyesuaikan Tekanan Ban Dengan Benar

Mobil listrik mempunyai torsi besar

Torsi besar yang hadir pada mesin mobil listrik membuat ketebalan ban lebih cepat aus

Kecanggihan teknologi juga ditawarkan oleh Goodyear yang bekerjasama dengan Tesloop sejak tahun 2017. Berbagai inovasi teknologi pada ban cerdas dihadirkan untuk kendaraan komersial. Teknologi ini diklaim memberi solusi untuk para pelaku bisnis transportasi. Melalui sensor nirkabel yang terhubung dengan algoritma cloud Goodyear membuat pengemudi secara aktif bisa memantau kondisi ban sehingga dalam pemeliharaan yang tepat. Kondisi yang bisa terpantau diantaranya keausan dan tekanan angin. Informasi kondisi ban ini bisa dipantai melalui aplikasi di smartphone.

>>> Tips perawatan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Saat ini sudah lebih dari 4 juta unit kendaraan listrik yang beredar di dunia. Pada tahun 2020, diperkirakan jumlah kendaraan listrik akan meningkat mencapai 10 juta unit. Indonesia sendiri berkomitmen menurunkan emisi gas buang 29% pada tahun 2030. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pun telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang kendaraan listrik pada Januari 2019 sehingga diharapkan rencana tersebut tercapai.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

 
back to top