Begini Cara Menyesuaikan Tekanan Ban Dengan Benar

Begini Cara Menyesuaikan Tekanan Ban Dengan Benar
Sebagai salah satu bagian paling vital pada mobil, ukuran tekanan ban yang tepat penting untuk memastikan kondisi mobil siap dikendarai dan ban punya kekuatan yang pas untuk menahan beban di atasnya.

Foto ban mobil keren dan menarik

Kondisi ban berpengaruh pada performa dan keselamatan penumpang

Tekanan ban adalah bagian dari perawatan yang kerap dilewatkan oleh pemilik mobil. Padahal hal ini sangat penting mengingat ban adalah organ vital mobil yang berpengaruh terhadap performa mobil dan keselamatan penumpang. Tekanan udara yang ada di dalam ban menunjukkan banyaknya udara yang ada di dalam tabung. Ban pada mobil harus memiliki tekanan ban tertentu agar kaki-kaki mobil bisa menahan beban dari rangka mobil dan juga isi penumpang di dalam mobil.

Berikut adalah pentingnya menjaga tekanan mobil sesuai dengan yang direkomendasikan oleh masing-masing manufaktur mobil yang Anda gunakan:

1. Penggunaan bahan bakar

Apabila tekanan ban yang ada pada ban mobil kurang dari tingkat yang direkomendasikan maka mesin mobil harus bekerja dengan lebih keras untuk memastikan mobil bisa bergerak sesuai dengan perintah yang diberikan oleh pengemudi. Mesin yang bekerja lebih keras akan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros yang tentunya membuat Anda lebih banyak mengeluarkan uang untuk bensin.

2. Kendali kemudi yang lebih aman

Kurangnya tekanan pada ban akan membuat perintah yang diberikan oleh pengemudi dari kendali stir mobil memiliki jeda waktu di mana ketika melaju di jalanan, jeda waktu ini bisa berakibat fatal meski jedanya hanya sekejap saja. Sebaliknya, jika tekanan terlalu besar juga membuat pengemudi lebih sulit untuk mengendalikan ban karena daya genggam yang kurang.

3. Mengurangi resiko ban pecah

Pentingnya menyesuaikan tekanan pada ban mobil juga berhubungan dengan resiko ban pecah di jalan. Ban yang kurang tekanannya beresiko berbenturan dengan roda ketika ada gundukan di atau jalan yang bolong. Sedangkan tekanan yang terlalu besar bisa menyebabkan ban pecah karena pemuaian gas di dalam tabung yang tidak ada ruangnya.

>>> Mengalami Pecah Ban Saat Mobil Sedang Berjalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

Foto mobil menabrak pohon karena ban kempes

Ban pecah bisa memicu kecelakaan fatal

Cara menyesuaikan tekanan ban mobil yang benar

Untuk menyesuaikan tekanan ban mobil yang sesuai dengan standar, Anda membutuhkan alat pengukur tekanan ban yang bisa dibeli di toko onderdil mobil atau toko yang menjual kebutuhan otomotif. Anda bisa memilih alat ukur dengan display analog atau digital. Berikut adalah cara menyesuaikan tekanan ban mobil yang aman:

  • Jika memungkinkan sebaiknya cek tekanan ban di saat mobil sudah berhenti setidaknya selama tiga jam. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan ukuran tekanan yang dingin di mana gas di dalam ban tidak sedang aktif memuai karena panas. Jika tidak dalam keadaan diam, mengukur tekanan ban juga bisa dilakukan ketika mobil baru digunakan dalam kecepatan yang sedang.
  • Tekanan ban diukur dalam satuan PSI di mana ukuran rekomendasinya bisa Anda temukan pada bagian sisi pintu pengemudi, atau pada buku manual yang diberikan ketika Anda membeli mobil. Jika tidak bisa menemukan informasinya, Anda bisa cek berapa ukuran tekanan ban yang direkomendasikan oleh manufaktur mobil Anda ke layanan konsumen dari manufaktur tersebut. Biasanya ban belakang dan depan punya ukuran standar PSI yang berbeda
  • Untuk mengecek tekanan ban, buka pentil pada mobil ban kemudian pasangkan alat pengukur tekanan pada pentil hingga suara desis udaranya hilang. Alat kemudian akan mengukur berapa tekanan pada masing-masing ban.
  • Jika tekanan pada ban mobil ada yang kurang, isi angin dengan menggunakan kompresor atau pompa ban manual yang bisa Anda lakukan di rumah atau di bengkel hingga mencapai tekanan ban yang direkomendasikan.
  • Seiring dengan berjalannya waktu tekanan ban bisa berkurang, maka dari itu sebulan sekali cek tekanan pada ban menggunakan alat ukur.

>>> Tutup Pentil Ban, Komponen Kecil Tetapi Penting

Foto seseorang sedang mengukur tekanan ban

Alat ukur tekanan ban dapat ditemukan di pasaran dengan mudah

Fitur TPMS pada Wuling Confero S

Ukuran tekanan ban bisa diketahui juga melalui fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System)

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top