Pernah Dengar Istilah Italian Tune Up? Begini Caranya

29/09/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Pernah Dengar Istilah Italian Tune Up? Begini Caranya
Italian tune up disebut-sebut sebagai cara paling mudah dan murah untuk mengembalikan performa mesin mobil. Siapa saja bisa melakukannya selama mampu mengemudikan mobil.

Jika Anda mempunya mobil, sejatinya tune up juga rutin dilakukan paling tidak setahun sekali atau tiap 20.000 km. Tujuannya demi membersihkan ruang mesin dari berbagai kotoran yang mengendap akibat sisa proses pembakaran yang tidak sempurna.

Terlebih lagi kondisi jalan di kota-kota besar seperti Jakarta mobil lebih sering menhadapi kemacetan dalam waktu lama. Pada kondisi berhenti ini, mesin mobil tetap bekerja sementara udara yang masuk ke ruang mesin tidak optimal. Akibat banyaknya endapan sisa pembakaran membuat tenaga mesin terasa lebih drop dan pemakaian bahan bakar cenderung semakin boros.

Untuk itulah tune up dibutuhkan. Ini adalah sebuah proses perawatan mesin kendaraan agar kembali mempunyai performa seperti saat baru pertama kali keluar dari dealer. Tune up sejatinya bukan membuat mesin lebih bertenaga dari kondisi standar, tapi mengembalikan "kesehatan" mesin yang mulai menurun seiring usia pakai kendaraan tersebut.

Sebaiknya proses tune up dilakukan di bengkel langganan Anda atau di bengkel resmi. Namun mungkin Anda pernah juga mendengar istilah Italian tune up. Apa maksudnya? Apakah mobil Anda di tune up oleh teknisi dari Italia? Berikut penjelasannya.

Istilah Italian Tune Up Adalah dari Kebiasaan

Mesin Kotor

Tune up perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi kesehatan mesin

Walau disarankan dilakukan ke bengkel, tetapi tune up bisa juga dikerjakan di rumah oleh Anda sendiri. Anda cukup sediakan waktu khusus, dan sedikit pengetahuan untuk membongkar serta memasang beberapa komponen mesin mobil. Tetapi ada sebagain pihak yang menyebut, ada tune up paling mudah dan juga murah yakni dengan cara Italian tune up.

Dilansir dari laman Toyota Indonesia, istilah tune up ini muncul karena kebiasaan orang-orang di Italia yang memacu kendaraannya di jalan bebas hambatan di negara asal mereka. Selain dipacu dengan kecepatan tinggi, suara knalpot dari mobil ini pun terdengar keras karena puntiran rpm mobil yang dipaksa tinggi.

Kebiasaan inilah yang kemudian muncul tindakan serupa dari pengguna mobil lain.

>>> Berapa Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum dan Bengkel Resmi?

Tune Up yang Paling Mudah dan Murah

Jalan Tol

Sebelum lakukan tune up ala orang Italia, pastikan kondisi jalan raya cukup sepi

Italian tune up disebut-sebut sebagai proses tune up yang paling sederhana dan tak perlu ke bengkel. Bahkan jika Anda tidak cukup mengerti tentang mesin mobil, bisa juga melakukan tune up ini. Berikut caranya:

1. Jalankan Mobil Jangan Terlalu Kencang

Melajulah dengan mobil Anda dengan kecepatan sedang dan tidak terlalu kencang. Namun perhatikan putaran mesin untuk selalu di atas 4.000 rpm.

2. Posisikan di Gigi 2 atau 3

Jika mobil Anda bertransmisi manual, posisikan transmisi pada gigi 2 atau 3 dan lajukan mobil dengan putaran mesin 4.000 rpm ke atas.

>>> Kalau Sudah Begini, Artinya Mobil Perlu di Tune Up

3. Pakai D2

Untuk Italian tune up mobil matic, sebaiknya tahan posisi tuas transmisi di D2. Lalu melajulah dengan kecepatan sedang dengan putaran mesin tidak boleh kurang dari 4.000 rpm.

4. Lakukan 1-2 Menit

Lakukan teknik tune up ini dalam jangka waktu 1 -2 menit. Ini dalam upaya mendorong kotoran yang menumpuk di ruang mesin sehingga mesin bisa lebih bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa ulangi langkah tersebut 2-3 kali sebelum kembali berkendara normal.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kalau Sudah Begini, Artinya Mobil Perlu di Tune Up

27/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Setiap mobil perlu dilakukan perawatan. Salah satu perawatannya adalah tune up. Mobil pun bisa memberikan tanda bahwa sudah seharusnya dilakukan tune up.

Lihat juga

Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up

27/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Servis tune up pada mobil diperlukan untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Meski Anda rutin mengganti oli tetapi tidak pernah melakukan tune up, maka berpotensi membuat performa mesin menjadi lemah. Nah, lantas apa saja tanda mobil butuh tune up?

Lihat juga

Tune Up Mobil Sendiri di Rumah? Mudah Kok!

14/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Beberapa kegiatan dalam merawat kendaraan sebenarnya bisa Anda lakukan tanpa bantuan montir, termasuk tune up mobil sendiri. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya...

Lihat juga

Stella Alpina 2020 Jadi Reli Pertama Setelah Lockdown di Italia

30/06/2020

Pasar mobil

2 menit

Beberapa negara mulai mengendurkan lockdown meski pandemik Covid-19 masih ada. Tapi hal ini menjadi lampu hijau bagi terselenggaranya Stella Alpina 2020 di Italia.

Lihat juga

Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

28/06/2018

Editor rate:

Fiat 500 sebenarnya memiliki jejak sejarah emas, tonggak dari peralihan berakhirnya perang dunia menuju era baru. Bisa dibilang, model pertamanya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasca perang dunia. Hingga 2014, rekam perjalanannya terhitung genap 60 tahun yang sekaligus membuktikan ekstensi dan perubahannya dari zaman Post-War hingga era digital.

Lihat juga
 
back to top