Berapa Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum dan Bengkel Resmi?

16/08/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Berapa Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum dan Bengkel Resmi?
Pengerjaan tune up mobil baik di bengkel resmi atau bengkel umum sebenarnya sama saja. Namun besaran biayanya akan tergantung dari komponen apa saja yang diganti.

Merawat mobil merupakan suatu keharusan. Mulai dari rutin menjaga kebersihan eksterior dan interiornya, juga memastikan semua komponen teknikal berkerja sebagaimana mestinya. Sehingga mobil akan selalu dalam keadaan siap digunakan kapan saja.

Merawat mobil juga jangan hanya saat mobil mengalami kerusakan. Seperti halnya mahluk hidup, mobil pun wajib diberikan perhatian secara berkala. Sehingga jika ada komponen yang sudah waktunya untuk diganti, maka dapat dideteksi sedini mungkin.

Nah perawatan berkala ini bisa dengan melakukan tune up mobil. Yaitu proses melakukan pengecekan pada seluruh komponen teknik di mobil, utamanya pada bagian mesin, yang sekaligus juga menambah performa dari mesin mobil tersebut. Namun tune up sedikit berbeda perlakuannya dibanding servis berkala ya. Namun proses tune up mobil ini bisa dilakukan di bengkel resmi aatu bengkel umum. Sementara lama pengerjaannya tergantung dari bagian yang di cek dan dilakukan perbaikan.

Lalu berapa sih biaya tune up mobil? Berikut ulasan lengkapnya dari tim Cintamobil.com.

>>> Promo DFSK Super Cab, Cicilan Mulai Rp2 Juta Gratis Biaya Perawatan

Kapan Mobil Harus di Tune Up?

Mekanik servis mobil

Tune up berbeda dari servis berkala

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, tune up mobil sedikit berbeda dibanding servis berkala. Karena pada saat proses tune up, ada beberapa komponen yang ditingkatkan kinerjanya supaya mengembalikan performa mesin mobil tersebut.

Karena seiring pemakaian, mesin mobil akan mengalami penurunan performa dibanding ketika pertama kali keluar dari pabriknya. Hal ini lantaran ada beberapa gangguan di mesin tersebut. Misalnya karena bertumpuknya sisa-sisa karbon pembakaran, debu atau partikel kotor dari udara luar yang tercampur bersama oli mesin, pemakaian bahan bakar yang kurang berkualitas, hingga kinerja dari beberapa komponen mesin yang lainnya sudah menurun sehingga mempengaruhi kerja dari komponen yang lain pula.

Disinilah dibutuhkan proses tune up yang tujuannya mengembalikan performa mesin mobil seperti sedia kala. Tekniknya adalah membersihkan saluran masuk dan keluar udara serta ruang mesin dari debu, kotoran,serta sia-sisa endapan karbon. Diharapkan gerak komponen pada bagian dalam mesin bisa kembali optimal tak terganggu kotoran-kotoran tadi.

Proses tune up mobil ini bisa dilakukan setiap 10.000 - 20.000 km (kilometer) atau setahun sekali. Namun apabila mobil sudah mengalami penurunan performa sebelum waktunya tune up, maka boleh-boleh saja dilakukan tune up.

>>> Mengenal Istilah Tune-Up dan Apa Saja Penanganannya

Harga Tune Up Mobil

Servis mesin mobil

Harga tune up mobil tergantung jenis pengerjaan dan komponen yang diganti

Lalu yang sering jadi pertanyaan adalah, berapa biaya tune up mobil? Apakah lebih mahal dari servis biasa? Nah sebenarnya harga tune up mobil berbeda-beda. Semua tergantung dari merk dan tipe mobil, serta apa saja komponen yang harus diganti saat proses tune up. Semakin mewah mobil tersebut dan semakin banyak komponen yang diganti maka semakin mahal ongkos tune up mobil.

Biaya tune up mobil juga dibedakan dari bengkel yang mengerjakan tune up tersebut. Biaya tune up di bengkel umum relatif lebih murah dibandingkan di bengkel resmi. Misalnya untuk biaya tune up mobil di Dokter Mobil, biayanya bahkan mulai dari Rp 100.000. Biaya ini hanya bersifat pengecekan komponen di kendaraan tersebut secara menyeluruh. Namun untuk biaya tune up Dokter Mobil yang lebih advance dikenai harga mulai dari Rp 350.000. Biaya ini sudah berikut penggantian komponen. Semakin banyak komponen yang diganti tentu semakin mahal biayanya.

Sementara untuk biaya tune up di bengkel resmi relatif lebih mahal daripada bengkel umum. Contohnya biaya tune up mobil di Shop and Drive atau biaya tune up mobil di Auto2000. Untuk Shop and Drive memberikan beberapa paket tune up mobil. Harganya mulai dari Rp 350.000 sudah termasuk injector celeaner dan pengecekan 11 item pada mobil. Namun jika ada penggantian suku cadang lain dikenai biaya tambahan tergantung suku cadang yang diganti.

>>> Rincian Biaya Service Mobil Honda di Bengkel Resmi

Apa Saja Komponen yang Dicek Saat Tune Up?

Mekanik mengecek mesin mobil

Tune up yang bagus mengecek semua komponen di mobil

Sedikit berbeda dengan servis berkala, ada beberapa perhatian pada sejumlah komponen ketika mobil dilakukan tune up. Antara lain melakukan pembersihan bagian filter udara sebagai saluran masuk udara dari luar ke ruang mesin. Kemudian juga dilakukan pembersihan filter bahan bakar.

Selanjutnya mekanik akan melakukan penggantian oli mesin termasuk filter oli. Saat mengganti oli biasanya mekanik juga akan membersihkan busi yang sekaligus juga membersihkan bagian throtte body serta injector.

Setelah ruang mesin, maka pengerjaan tune up akan berlanjut pada pengecekan sistem rem. Mekanik akan memastikan kinerja rem masih baik dengan mengecek kondisi kampas rem dan disk brake. Jika kotor maka bagian ini juga turut dibersihkan. Terkadang, saat ban dibongkar juga sekalian dilakukan spooring dan balancing agar pengemudian semakin presisi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up

Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up

27/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Servis tune up pada mobil diperlukan untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Meski Anda rutin mengganti oli tetapi tidak pernah melakukan tune up, maka berpotensi membuat performa mesin menjadi lemah. Nah, lantas apa saja tanda mobil butuh tune up?

Lihat juga
Tune Up Mobil Sendiri di Rumah? Mudah Kok!

Tune Up Mobil Sendiri di Rumah? Mudah Kok!

14/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Beberapa kegiatan dalam merawat kendaraan sebenarnya bisa Anda lakukan tanpa bantuan montir, termasuk tune up mobil sendiri. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya...

Lihat juga
Biaya Servis Di Bengkel Resmi Membengkak, Minta Penjelasan Dan Jangan Emosi Dulu

Biaya Servis Di Bengkel Resmi Membengkak, Minta Penjelasan Dan Jangan Emosi Dulu

02/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Pernahkah Anda mengalami membawa mobil ke bengkel resmi untuk ganti oli dan servis ringan saja, tapi malah 'ditodong' untuk mengganti ini-itu sehingga biaya servis pun membengkak? Apa yang akan Anda lakukan, marah atau terima keadaan?

Lihat juga
6 Keuntungan Servis Mobil Secara Berkala Sesuai Jadwal

6 Keuntungan Servis Mobil Secara Berkala Sesuai Jadwal

17/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Selain mempermudah klaim garansi, servis berkala menjaga mobil dalam kondisi terbaik. Berikut 6 keuntungan servis berkala sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrik.

Lihat juga
3 Alasan Servis 1000 Km Pertama pada Mobil Itu Penting

3 Alasan Servis 1000 Km Pertama pada Mobil Itu Penting

21/04/2020

Perawatan dan service

5 menit

Banyak yang beranggapan servis 1000 km pertama buakn sesuatu hal yang perlu dilakukan. Padahal 3 alasan berikut ini malah menyatakan servis tersebut penting.

Lihat juga
 
back to top