Perawatan Toyota Kijang Innova Diesel, Jangan Telat Ganti Komponen Ini

11/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Perawatan Toyota Kijang Innova Diesel, Jangan Telat Ganti Komponen Ini
Perawatan Toyota Kijang Innova diesel sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Karena mobil ini cenderung mudah dalam pemeliharaannya. Namun sebaiknya jangan telat untuk mengganti dua komponen penting ini secara berkala.

Toyota Kijang Innova merupakan tipe mobil yang cukup banyak dicari. Baik untuk kondisi mobil barunya, maupun mobil bekas. Dan tipe Innova yang populer adalah Innova bermesin diesel.

>>> How To Buy Kijang Innova Reborn 2015-2016

Toyota Kijang Innova diesel banyak diminati karena memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu mesin dieselnya juga terbilang bertenaga, dan cukup "badak". Tidak perlu perawatan khusus saat memiliki mobil bermesin diesel tersebut.

Namun untuk perawatan Toyota Kijang Innova diesel, sebaiknya harus memperhatikan dua komponen penting. Karena dua komponen ini berpengaruh besar pada kesehatan dan kinerja mesin mobil tersebut.

1. Filter Solar

filter solar Toyota

Lakukan rutin penggantian filter solar

>>> Promo mobil baru Toyota yang menarik ada disini

Komponen ini amat penting untuk diperhatikan sebagai perawatan Toyota Kijang Innova diesel. Hal tersebut karena sejatinya untuk Innova produksi terbaru sudah menggunakan teknologi mesin diesel common-rail. Mesin tipe ini membutuhkan bahan bakar dengan cetane number tinggi.

Umumnya, di Indonesia terdapat tiga tipe bahan bakar diesel. Pertama Bio Solar dengan cetane number 48. Lalu ada Pertamina Dexlite dengan cetane number 51. Dan yang paling tinggi ada Pertamina DEX dengan cetane number 53. Tentu sebaiknya Innova diberi bahan bakar Pertamina Dex. Namun masalahnya, ada beberapa daerah di Indonesia yang cuma tersedia Bio Solar.

Pada kondisi seperti itu, tentunya akan berpengaruh pada filter bahan bakar. Kalau mobil selalu diisi Pertamina Dex atau bahan bakar solar lain dengan cetane number tinggi, maka filter solar bisa diganti sampai maksimal tiap 10.000 km. Tetapi kalau hanya "menenggak" Bio Solar, maka filter bahan bakar wajib diganti per 5.000 km. karena jika tidak, kandungan sulfur akan menumpuk di filter dan mempengaruhi kinerja mesin tersebut akibat jelaga dan kotoran yang terlalu banyak.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

2. Filter Oli

filter oli Toyota

Sebaiknya ganti filter setiap mengganti oli

Selain jenis bahan bakar dan filter bahan bakar, dalam perawatan Toyota Kijang Innova diesel juga wajib memperhatikan filter oli. Kalau pemilik Innova menggunakan oli jenis mineral, maka penggantian oli bisa sampai 10.000 km. Namun kalau memakai oli full synthetic, penggantian oli sudah perlu dilakukan setiap 5.000-6.000 km.

Sebagai bagian perawatan Toyota Kijang Innova diesel, pemakaian oli ini juga disarankan yang berkualitas. "Pakai oli yang bagus biar mesinnya sehat terus," kata Rahmat, mekanik bengkel mobil diesel di bilangan Jakarta Timur. Selain itu, ada baiknya saat penggantian oli juga dilakukan penggantian filter oli. "Kalau pakai oli merek biasa, tiap ganti oli sebaiknya ganti filternya juga. Tapi kalau pakai oli yang bagus, boleh tiap dua kali ganti oli, satu kali ganti filter," pesan Rahmat.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

MPV Bekas Tahun 2017 Terpopuler di Cintamobil: Toyota Kijang Innova dan Datsun Go

25/09/2019

Jual beli

4 menit

Toyota Kijang Innova dan Datsun Go masuk dalam persaingan untuk mobil keluarga terbaik di Indonesia, terlebih di situs pencarian Cintamobil.com. Dan untuk mobil bekasnya, apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih MPV bekas tahun 2017 terbaik ini?

Lihat juga

Komparasi Bekas vs Baru: Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G vs All New Toyota Rush TRD, Harga Beda Tipis ...

15/06/2019

Jual beli

7 menit

Artikel ini sengaja tim Cintamobil.com buat untuk mengatasi kegalauan para calon pembeli mobil. Dengan harga yang beda tipis bahkan bisa dibilang mirip sebenarnya mending mana? Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G vs All New Toyota Rush TRD Sportivo? Simak ulasan kami berikut ini.

Lihat juga

Tips Modifikasi Mesin All New Toyota Kijang Innova - Tembus 238 Hp

Modifikasi mesin All New Toyota Kijang Innova ini tentu berguna bagi Anda yang ingin meningkatkan tenaga mesin dari mobil tujuh penumpang tersebut. Menariknya, modifikasi ini masih bisa dipakai harian dengan bahan bakar Bio Diesel.

Lihat juga

Profil Toyota Kijang Innova Q 2018

Rp. 390.350.000

18/10/2018

Editor rate:

Siapa tak kenal dengan model unggulan Toyota yakni Kijang Innova? Semua masyarakat Indonesia tentu telah mendengar dan menempatkan mobil satu ini sebagai mobil impian. Tak lain tak bukan karena desainnya yang modern, gagah serta memiliki performa mesin unggulan. Kepercayaan masyarakat terbilang sangat tinggi untuk Kijang Innova yang bisa kita amati sosoknya di sudut-sudut jalanan kota. Yuk kita kenali segala keunggulannya dalam profil Toyota Kijang Innova Q 2018.

Lihat juga

Toyota Kijang Innova 2020: Harga mobil Kijang Innova & Promo September

01/09/2020

Toyota

Gelar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) primadona keluarga Indonesia, tentu akan selalu merujuk kepada Toyota Kijang Innova. Bahkan produk legendaris besutan Toyota ini, sering kali disebut “Mobil sejuta umat”. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena nama Toyota Kijang sendiri sudah menemani masyarakat Indonesia hampir 40 tahun. Apa saja fitur unggulan pada versi terbarunya kini? Berapa harga Toyota Kijang Innova terbaru 2020?

Lihat juga