Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Ubahan Signifikan Versi Elektrifikasi

22/11/2022

Share this post:
Toyota Kijang Innova 2023
Editor rate:

Rp 419.000.000

Harga Toyota Innova Zenix 2023 Lihat promo

Edisi terbaru dari generasi ketujuh Toyota Kijang Innova Zenix 2023 mendapatkan perubahan signifikan, dari sasis, fitur, dan tampilan desain yang serba baru.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Ubahan Signifikan Versi Elektrifikasi
Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Ubahan Signifikan Versi Elektrifikasi
0 Gambar

Pengantar Toyota Kijang Innova 2023

Mari kita simak spesifikasi Toyota Kijang Innova 2023 di bawah ini.

Kelebihan
  • Kabin lebih lega dengan penggunaan sasis TNGA GA-C
  • Mesin baru membuat tenaga dan efisiensi mesin meningkat
  • Fitur kenyamanan dan keselamatan lebih lengkap
Kekurangan
  • Fitur Innova versi bensin jauh tertinggal daripada model hybrid
  • Harga lebih tinggi dibandingkan pesaing

Sudah dua kali perubahan minimalis sejak generasi keenam meluncur pada tahun 2015. Dan saat ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menawarkan perubahan yang signifikan bernama Toyota Kijang Innova Zenix 2023 untuk menjawab tantangan dari berbagai pesaing yang siap menjatuhkan nama besar Kijang di Indonesia.

Dengan menggunakan sasis yang serba baru serta kelengkapan fitur yang lebih banyak, kini Toyota Innova masuk ke ranah elektrifikasi. Zenix menandai peralihan Toyota dengan menawarkan mesin yang didukung oleh motor listrik. Menambah tenaga sekaligus mengurangi emisi karbon dengan meningkatkan efisiensi mesin yang digunakan.

world premiere peluncuran Kijang Innova Zenix 2023 di Jakarta
Peluncuran terbaru Toyota Kijang Innova Zenix 2023 di Grand Hyatt

Bertempat di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, PT TAM memperkenalkan mobil generasi ketujuh ini. Bukan hanya sebagai ‘Mobil Sejuta Umat’ untuk pasar Tanah Air, tapi TAM mempersiapkan Innova Zenix sebagai komoditas ekspor ke berbagai negara di penjuru dunia.

Mengandalkan mesin hybrid baru dan meninggalkan mesin diesel, Innova menawarkan pilihan baru untuk konsumen di Indonesia. Lalu apa saja yang berubah pada mobil ini? Simak review Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Daftar mobil termurah di Cintamobil

Hanya di Cintamobil

Mobil Toyota Kijang Innova 2016 G terbaik di DKI Jakarta

List cheapest

DKI Jakarta, jual mobil Toyota Avanza G 2011 dengan harga terjangkau

List cheapest

Jual cepat Honda HR-V E 2015 di Banten

List cheapest

Jual cepat Honda HR-V E 2015 di Banten

Rp 195.000.000

Banten

130.000 km

Honda CR-V 2.4 2016

List cheapest

Honda CR-V 2.4 2016

Rp 77.000.000

Jawa Tengah

20.158 km

Jual Honda Mobilio E 2016 harga murah di Jawa Barat

List cheapest

Jual Honda Mobilio E 2016 harga murah di Jawa Barat

Rp 132.000.000

Jawa Barat

130.000 km

Promo Mitsubishi Pajero Sport murah

List cheapest

Promo Mitsubishi Pajero Sport murah

Rp 178.000.000

Nusa Tenggara Barat

30.900 km

Toyota Fortuner 2008 Jawa Timur dijual dengan harga termurah

List cheapest

Promo Toyota Calya G MT murah

List cheapest

Promo Toyota Calya G MT murah

Rp 96.000.000

Jawa Barat

98.000 km

DKI Jakarta, Suzuki Ertiga GX 2014 kondisi terawat

List cheapest

DKI Jakarta, Suzuki Ertiga GX 2014 kondisi terawat

Rp 122.000.000

Jakarta

43.000 km

Daihatsu Xenia Li Special Edition 2008 MT

List cheapest

Daihatsu Xenia Li Special Edition 2008 MT

Rp 80.000.000

Jawa Barat

200.000 km

Eksterior Toyota Kijang Innova 2023

Desain baru yang ditawarkan pada generasi ketujuh ini membawa tema “Glamorous and Tough”. Dimana platform TNGA: GA-C yang ditawarkan menghadirkan postur tubuh khas crossover yang kokoh, namun tetap menghasilkan kenyamanan khas MPV.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Eksterior Depan

Kesan premium dan mewah terasa ketika melihat tampilan baru dari generasi terbaru Innova ini. Grille depan bergaya trapezoidal yang lebih lebar memberikan kesan maskulin, didukung dengan lampu LED tipis guna menghadirkan kesan dinamis dan modern.

sisi depan mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix 2023
Tampilan baru Innova Zenix yang lebih modern

Secara garis besar, tidak ada perbedaan signifikan yang terasa pada fascia depan Innova Zenix tipe bensin maupun tipe hybrid. Namun tak terlihat lampu DRL pada bagian grille bawah Innova tipe bensin. Dimana fitur ini hanya ditemukan pada model hybrid.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Eksterior Samping

Ubahan paling besar yang terlihat pada sisi samping adalah overhang depan dan belakang yang dibuat lebih pendek. Wheelbase dibuat lebih panjang 100 mm, mencapai 2.850 mm. Berfungsi meningkatkan ruang kaki di dalam kabin. Profil samping terasa lebih kokoh dengan kehadiran side body moulding dan rocker body moulding.

sisi samping mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix 2023
Tampilan baru lebih kompak dengan overhang lebih pendek

Sebagai pelengkap, ada tiga pilihan velg yang tersedia. Dimana Innova Zenix G sebagai tipe terendah mendapatkan velg 16 inci, tipe V menggunakan velg alloy 17 inci, dan tipe Q HV sebagai varian tertinggi didukung velg alloy 18 inci yang membuat mobil ini terkesan lebih maskulin.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Eksterior Belakang

Ubahan desain baru tapi masih menggunakan bahasa desain yang khas dari Kijang Innova bisa ditemukan di belakang. Perbedaannya terlihat pada sudut pilar D yang lebih landai. Membawa kesan SUV yang lebih kokoh dibandingkan generasi sebelumnya.

bagian belakang Toyota Kijang Innova Zenix 2023 terbaru di Indonesia
Bagasi belakang sudah dilengkapi Power Back Door

Sebagai pelengkap, ada tambahan diffuser dan rear spoiler guna menghadirkan kesan powerful pada mobil ini. Dan mungkin fitur yang banyak dinanti pada Innova adalah Power Back Door yang sudah bisa ditemukan pada tipe tertinggi, Innova Zenix Q HV.

>>> Review Toyota bZ4X 2023: Eksistensi Toyota di Segmen BEV


Interior Toyota Kijang Innova 2023

Kesan mewah bisa dirasakan pada interior Toyota Kijang Innova Zenix. Perubahan kenyamanan dan ruang kabin yang lebih lega ditawarkan berkat penggunaan sasis baru. Termasuk beberapa fitur baru dan kekedapan kabin yang lebih baik guna meningkatkan rasa berkendara sepanjang perjalanan.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Dashboard

Innova Zenix kembali menawarkan desain dan layout dashboard yang berorientasi pada pengemudi. Termasuk dengan menghadirkan material kabin berkualitas tinggi dengan bahan kulit sintetis serta ornamen panel yang menawarkan kesan mewah pada area dashboard dan panel pintu.

dashboard mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix 2023
Desain dashboard dilengkapi head unit 10 inci

Sistem audio ditempat pada monitor tengah, sementara sistem AC pada kisi AC. Ada dua tipe head unit yang ditawarkan, yaitu model 9.0 inci untuk tipe G serta model 10.0 inci untuk tipe Q dan V. Sementara di depan kemudi terdapat MID 7.0 inci untuk model hybrid dan 4.2 inci untuk tipe bensin.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Setir

Perubahan lainnya bisa ditemukan pada desain setir yang lebih elegan dan mewah. Setir yang mudah digenggam dilengkapi dengan beberapa tombol untuk memudahkan pengemudi mengakses berbagai fitur berkendara, seperti TSS button, display, hingga cruise control yang disematkan pada Innova Zenix tipe tertinggi.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Kursi

Penggunaan sasis baru berdampak besar pada ruang kabin yang lebih lega dibandingkan sebelumnya. Wheelbase yang lebih besar memberikan ruang kaki yang lebih lapang untuk pengendara dan penumpang di belakang. Tinggi pandangan pengemudi naik 25 mm, menghadirkan visibilitas lebih baik di belakang kemudi.

Khusus untuk Innova Zenix tipe tertinggi, pengendara bisa mendapatkan bangku two-tone berbahan kulit sintetis. Sementara tipe V HV menerima pelapis fabric emboss, dan model di bawahnya mendapatkan pelapis fabric.

kursi mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix 2023
Captain seat menawarkan kelegaan bagi penumpang belakang

Perbedaan yang paling menonjol dari segi kenyamanan diberikan pada tipe QHV yang sudah mendapatkan fitur captain seat dengan kursi ottoman dan didukung oleh electric recliner. Menawarkan leg rest serta long slide untuk memperluas ruang kaki dan meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Toyota meningkatkan kenyamanan pengendara di bangku baris ketiga. Selain bisa diduduki oleh tiga orang dewasa, ruang bahu lebih lega dan jarak antar armrest lebih lebar 22 mm dibandingkan model sebelumnya. Tak ketinggalan perubahan pada sisi samping bangku baris ketiga yang membantu penumpang belakang meletakkan tangan lebih nyaman.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Bagasi

Karena model terbaru ini sudah menggunakan sistem penggerak roda depan, maka ada ruang yang lebih lega di bagasi belakang dengan lantai yang rata. Bangku yang dilipat rata ke depan berkontribusi besar meningkatkan volume bagasi untuk ruang penyimpanan yang lebih besar di dalam kabin.

>>> Review Toyota Kijang 1977: Kijang Generasi Pertama Sang Pembesar Toyota Indonesia

Fitur Toyota Kijang Innova 2023

Pertama di kelasnya, Innova masih menghadirkan rear seat entertainment berukuran 10 inci dengan konektivitas internet. Sementara di depan, ada head unit dengan konektivitas smartphone, Bluetooth, Wifi, serta Voice Recognition dan NFC e-Toll Card. Kenyamanannya semakin menawan dengan kehadiran Digital Auto AC dual zone.

rear seat entertainment mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix 2023
Ada rear seat entertainment berukuran 10 inci

Atmosfer interior pun semakin menawan dengan light illumination dan panoramic roof, meski fitur ini hanya ditawarkan pada tipe Q HV dan V HV. Tak ketinggalan wireless charging pada konsol tengah khusus untuk tipe Q HV. Sedangkan 4 USB C slot untuk mengisi daya smartphone bisa ditemukan di semua model.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Fitur Keselamatan

Semua model sudah dilengkapi dengan fitur Electric Parking Hold serta Brake Hold untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara. Ada pula dual airbag untuk semua tipe, kecuali tipe tertinggi yang sudah menerima 6 SRS Airbag. Tipe Q HV dan V HV menerima fitur Vehicle Approach Notice yang memberikan peringatan ketika ada pejalan kaki atau kendaraan mendekati mobil.

fitur mobil baru Kijang Innova Zenix 2023 di Indonesia
Innova Zenix punya beragam fitur keselamatan

Disc brake 16 inci dilengkapi dengan fitur ABS+EBD+BA demi pengendaraan yang lebih baik di berbagai kondisi jalanan. Fitur keselamatan lainnya termasuk kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA) tersedia pada semua model. Sementara khusus model G HV semakin menawan dengan kehadiran panoramic view monitor.

Review Toyota Kijang Innova Zenix 2023: Toyota Safety Sense 3.0

Semua mobil baru Toyota sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0). Fitur ini merupakan serangkaian sistem keselamatan yang terdiri dari berbagai fitur canggih, semisal Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), hingga Automatic High Beam (AHB).

Peningkatan pada generasi terbaru TSS 3.0 menghasilkan daya deteksi yang lebih luas ke segala penjuru. Termasuk peningkatan deteksi menggunakan 3D Recognition pada fitur Lane Tracing Assist (LTA). Mobil juga lebih mampu menjaga jarak dengan kendaraan di depan dan menyesuaikan kecepatan lebih akurat pada fitur DRCC.

Operasi Toyota Kijang Innova 2023

Perubahan paling besar tak terlihat kasat mata. Dimana Zenix mendapatkan sasis TNGA GA-C dengan struktur monokok, menggantikan struktur ladder frame yang telah digunakan sejak generasi pertama. Menjadikan mobil ini terasa lebih kokoh meski tak mengurangi kenyamanan di dalam kabin.

Ubahan lainnya terlihat pada mesin 2.0 liter yang digunakan, M20A-FKS berbahan bakar bensin dan M20A-FXS untuk model hybrid. Tak lagi menggunakan mesin diesel, Innova Zenix bensin mampu menghasilkan tenaga maksimal 174 PS serta torsi puncak 205 Nm. Peningkatan yang jauh lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Sedangkan model hybrid ditenagai oleh mesin generasi kelima milik Toyota. Mesin M20A-FXS menghasilkan daya maksimal 152 PS dan torsi puncak 187 Nm. Tenaganya didukung oleh motor listrik dengan daya 113 PS dan torsi 206 Nm yang membuatnya mengalirkan lebih banyak tenaga.

mesin mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix 2023
Innova Zenix menggunakan pilihan mesin hybrid

Kini menggunakan penggerak roda depan, tak ada lagi transmisi manual. Dimana seluruh model dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120 yang halus dan responsif. Didukung dengan sasis baru, Toyota mengklaim generasi ketujuh Innova memungkinkan perpindahan gigi yang mulus serta mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik. Istimewanya untuk varian bensin rasio CVT tersebut bisa 'dibagi' secara virtual menjadi 10-percepatan!

Sasis baru yang lebih rigid meningkatkan kestabilan mobil di jalanan. Bobotnya berkurang 170 kg dibandingkan generasi sebelumnya. Perubahan yang cukup signifikan untuk membantu Innova Zenix mendapatkan konsumsi BBM yang lebih hemat. Bahkan Toyota mengklaim bahwa mobil ini lebih hemat 50% daripada generasi keenam.

Untuk membantu meningkatkan rasa berkendara dan efisiensi bahan bakar, pengendara juga bisa memilih empat mode berkendara bagi model hybrid, yaitu mode Eco, Normal, Power, dan EV. Sedangkan tipe bensin tak memiliki mode berkendara EV. Baterainya sendiri punya kapasitas 1,31 kWh dan tersimpan di bawah jok baris kedua.

>>> Dikenal Irit BBM, Harga Kijang Innova Diesel Gen 2 Setara Avanza Baru

Spesifikasi Toyota Kijang Innova 2023

Mesin Toyota Kijang Innova Zenix 2023

 

Kijang Innova Zenix Bensin

Kijang Innova Zenix Hybrid

Seri Mesin

M20A-FKS 4-silinder segaris Dual VVT-i

M20A-FXS 4-silinder segaris Dual VVT-i

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Direct Injection

Jumlah Katup

16

16

Tenaga Maksimum

174 PS @ 6.600 rpm

186 PS (System), 152 PS @ 6.000 rpm + 113 PS (motor listrik)

Torsi Maksimum

205 Nm @ 4.500–4.900 rpm

187 Nm @ 4.400 – 5.200 rpm + 206 Nm (motor listrik)

Kapasitas Silinder

1.987 cc

1.987 cc

Rasio Kompresi

13.0:1

14.0:1

Diameter x Langkah

80.5 x 97.6

80.5 x 97.6

Tipe Transmisi

CVT

e-CVT

Dimensi Toyota Kijang Innova Zenix 2023

Panjang x Lebar x Tinggi

4.775 mm x 1.850 mm x 1.795 mm

Jarak Sumbu Roda

2.850 mm

Ground Clearance

185 mm

Kapasitas Tangki

52 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang Innova Zenix 2023

Suspensi Depan & Belakang

Suspensi Depan: MacPherson Strut

Suspensi Belakang: Torsion Beam

Rem Depan & Belakang

16 Disc

Teknologi Sistem Pengereman

EBD + BA

Struktur Sasis

TNGA GA-C

Velg

Tipe G: 16 inci

Tips V: 17 inci

18 inci

Jenis Ban

Tipe G: 205/65 R16

Tips V: 216/60 R17

225/50 R18 with Super Chrome

Daftar Harga Toyota Kijang Innova 2023

Ada lima pilihan tipe yang tersedia bagi konsumen Tanah Air. Dimana tipe bensin mendapatkan pilihan dua varian, sementara tipe hybrid dipasarkan dengan tiga pilihan varian dan dua pilihan Modellista. Harga Toyota Kijang Innova Zenix dibanderol mulai dari Rp419 jutaan untuk tipe terendah, yaitu tipe G gasoline. Sementara tipe tertinggi, Innova Zenix Hybrid tipe Q Modellista dibanderol Rp611 jutaan.

>>> Pakai Platform Baru, Kijang Innova Zenix Lebih Irit BBM 50%

Kesimpulan Toyota Kijang Innova 2023

Di tengah pasar MPV yang semakin ramai, Kijang Innova Zenix menjawab tantangan pesaing yang menawarkan model yang lebih premium dengan fitur berlimpah. Kehadiran generasi ketujuh semakin mengikuti zaman melalui pilihan mesin hybrid yang menawarkan tenaga lebih besar dan mesin lebih irit. Sebuah perubahan signifikan demi mengukuhkan kembali popularitas Toyota Kijang yang sempat memudar.

>>> Dapatkan review mobil baru lainnya hanya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top