Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Lebih Irit Dari Transmisi Manual

28/03/2020

Share this post:

Toyota Kijang Innova 2019

Editor rate:

378650000

Lihat promo

Varian dari Toyota Kijang Innova Reborn ini wajib jadi perhatian Anda, karena ternyata ia punya beragam kejutan, salah satunya lebih irit dari transmisi manual

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Lebih Irit Dari Transmisi Manual
Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Lebih Irit Dari Transmisi Manual
19 Gambar

Pengantar Toyota Kijang Innova 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota Kijang Innova Quattro 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin terbukti tangguh

Kabin lapang dan konsumsi BBM lebih irit dari varian manual

Kenyamanan pengendaraan memuaskan

Kekurangan

Harga jual tinggi

Pengendalian terasa limbung dan kurang lincah

Sudah harus melakukan facelift

Gambar menunjukkan emblem Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Kijang Innova begitu diminati karena punya daya tahan baik dan muat tujuh penumpang

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 - Kijang Innova sudah hadir sejak tahun 2004 silam. Kendaraan ini menjadi begitu diminati karena memiliki daya tahan yang baik, dapat memuat tujuh penumpang dan punya suspensi tangguh alias gak gampang rusak. Untuk varian bermesin bensin, mobil ini punya dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Kali ini kami akan fokus ke transmisi otomatisnya yang ternyata dari hasil tes kami lebih irit dibandingkan varian bertransmisi manualnya. Inilah review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019.

Eksterior Toyota Kijang Innova 2019

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Tampilan Kijang Innova Reborn ini gagah dan berkelas

Tampilan eksterior Toyota Kijang Innova tipe V ini tampil berotot dan ganteng. Hal itu ditunjukkan dari penggunaan desain kap mesin yang memiliki dua buah lekuk yang berkesan kokoh. Dipadu padan dengan grille yang punya tarikan garis seolah menyatu dengan headlampnya. Dua bilah aksen chrome di grille tersebut juga memberikan sentuhan kesan mewah pada mobil ini.

Gambar menunjukkan headlamp Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Pada Innova tipe V tahun produksi 2018 keatas sudah mendapat lampu utama projector dengan LED

Khusus untuk Toyota Kijang Innova tipe V dengan tahun produksi 2018 keatas, sudah dilengkapi headlamp projector dengan lampu LED (Light Emitting Diode) untuk lampu utamanya layaknya tipe Q. Sayangnya untuk lampu high beam serta lampu kabutnya masih mengandalkan bohlam halogen biasa. Namun, untuk menembus kabut yang pekat lampu halogen masih lebih baik dari LED.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Kijang Innova 2.0 AT 2019

Mobil ini lebih lebar 60 mm dari generasi sebelumnya

Jika melihat tampilan samping Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 ini sepintas dimensinya masih sama dengan generasi sebelumnya. Padahal mobil ini lebih panjang 180 mm, lebih lebar 60 mm, dan lebih tinggi 45 mm dari Innova non reborn. Desainer Toyota dengan pintar ‘menyembunyikan’ lebih gemuknya badan mobil dengan membuat lekukan ‘pinggul’ yang memanjang membentuk garis terhubung dari headlamp hingga stoplamp.

Gambar menunjukkan tampak samping Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Pelek tetap mengusung 16 inch dengan model seperti di Innova tipe G

Pada Toyota Kijang Innova tipe V ini masih menggunakan velg berdiameter 16 inch dibalut dengan ban Dunlop berukuran 205/65R16 yang cukup berkontribusi memberikan redaman suspensi yang lembut. Desain rumah spion yang aerodinamis juga telah dilengkapi lampu sein, dimana untuk pengaturan dapat dilakukan secara elektrik, termasuk kemampuan melipat (electric folding).

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Tampilan belakang minim aksen krom

Lanjut ke tampilan eksterior belakang Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 ini, spoiler pada bagian belakang bukan hanya berfungsi untuk menambah estetika kendaraan, namun juga dilengkapi dengan high mount stop lamp yang berfungsi agar pengendara di belakang dapat melihat isyarat pengereman lebih jelas. Untuk Kijang Innova tipe V ini juga tidak terlalu banyak mendapat aksen chrome di bagian belakang, kecuali emblem logo Toyota.

Gambar menunjukkan desain stoplamp Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Lampu belakang bermodel taring vampire memberikan ciri khas tersendiri

Dua buah sensor parkir tertanam pada bumper belakang dan dapat memberitahukan jarak dengan isyarat bunyi agar Anda tidak menabrak sesuatu di belakang saat parkir. Selain itu washer juga secara pintar disembunyikan di bawah spoiler belakang untuk menciptakan kesan clean. Visibilitas berkendara saat hujan juga tidak perlu membuat khawatir, selain sudah dilengkapi dengan wiper belakang, defogger juga akan mencegah timbulnya embun di kaca belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

Interior Toyota Kijang Innova 2019

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Posisi tombol-tombol mudah dijangkau oleh tangan

Masuk ke bagian interior, Anda akan disambut dengan 3 warna yang kontras pada dasbor mobil ini. Pertama adalah kelir hitam, kelir silver, dan yang terakhir adalah motif panel kayu. Jujur saja kami menyukai padu padan 3 warna ini di interior Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 ini. Begitu pula dengan tata letak tombol yang mudah dijangkau oleh tangan, sehingga tidak merepotkan ketika hendak mengoperasikan fitur tertentu.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Kursi

Gambar menunjukkan Kursi depan Toyota KIjang Innova 2.0 V AT 2020

Kursi pengemudi dapat diatur kerebahan sandaran dan ketinggian joknya

Kursi Toyota Kijang Innova tipe V bermesin bensin 2.000 cc dengan transmisi otomatis ini nyaman ketika diduduki. Karena joknya empuk serta pengaturan kursi pengemudinya sudah cukup lengkap, ada reclining dan height adjuster. Demikian pula dengan headrest mobil ini yang dapat diatur ketinggiannya serta bentuknya yang besar dan empuk, membuat kepala menjadi nyaman. Oh ya semua kursi di mobil ini sudah terdapat sabuk pengaman 3 titik plus sandaran kepala.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Pelipatan kursi ke samping membuat bagasi kian luas

Salah satu keunggulan utama Toyota Kijang Innova adalah bagasinya yang luas. Baik ketika dalam kondisi semua kursi digunakan maupun kursi paling belakang dilipat. Anda bisa lihat sendiri seberapa luas kursi tersebut pada foto di atas dan di bawah ini. Kursi baris ketiga juga dapat terlipat secara 50:50 mempermudah fleksibilitas bagasi pada mobil ini. Pelipatannya juga mudah dan tidak makan tempat, karena mampu terlipat ke samping.

Gambar menunjukkan sisa bagasi saat kursi baris ketiga terpasang di Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Bahkan dalam kondisi kursi terpasang semua, sisa bagasinya masih tergolong luas

Sayangnya meskipun kapasitas bagasinya termasuk baik, namun tingginya lantai bagasi akan sedikit menyulitkan ketika Anda harus memasukkan barang yang berat. Apalagi untuk Toyota Kijang di semua tipenya belum dilengkapi dengan pintu bagasi elektris yang dapat mempermudah saat hendak membuka dan menutup pintu bagasi. Kami rasa, pada Innova facelift selanjutnya ada baiknya sudah dipasang fitur power back door.

>>> Baca juga:

 

Fitur Toyota Kijang Innova 2019

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Rear seat entertainment menghibur penumpang belakang

Kualitas reproduksi suara dari audio standar Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 ini cukup bisa diacungi jempol. Selain karena kekedapan kabin yang baik, juga ditunjang dengan kehadiran 4 buah speaker plus 2 tweeter yang membuat respon frekuensi cukup lengkap. Untuk Toyota Kijang Innova tipe V dan Q tahun produksi 2018 keatas sudah dilengkapi dengan rear seat entertainment yang juga dapat memutar video.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: AC Dual Blower

Gambar menunjukkan AC Dual blower Toyota KIjang Innova 2.0 V AT 2019

Pengaturan blower AC belakang sudah digital

AC dual blower pada Toyota Kijang Innova memiliki 4 buah kisi AC yang menjamin penyebaran udara dingin kian merata dan cepat ke dalam kabin. Pengaturan kecepatan kipasnya juga berformat digital dan terkoneksi dengan automatic climate control di depan sehingga menambah kesan modern. Sayangnya fungsi tersebut menghilangkan kemampuan desentralisasi AC secara mandiri, alias harus ikut pengaturan AC di depan.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Informasi MID di mobil ini cukup lengkap

Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 ini punya layar Multi Information Display (MID) yang lengkap pada bagian tengah di antara spidometer dan takometer. Layar MID ini punya informasi yang lengkap, dari mulai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, odometer, 2 buah trip meter, kecepatan rata-rata, serta ‘kalkulator otomatis’ yang dapat menunjukkan seberapa hemat pengeluaran Anda terhadap pembelian bahan bakar.

>>> How To Buy Kijang Innova Reborn 2015-2016

Operasi Toyota Kijang Innova 2019

Gambar menunjukkan mesin 1TR-FE Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Mesin berkode 1TR-FE sudah terbukti durabilitasnya

Mesin berkode 1TR-FE yang digunakan pada Toyota Kijang Innova ini sebenarnya sudah digunakan 15 tahun sejak pertama kali diperkenalkan di 2004 hingga saat ini. Bedanya mesin bensin 1TR-FE yang sama masih digunakan pada Toyota Kijang Innova Reborn generasi terbaru sudah dilengkapi teknologi Dual VVT-i yang lebih presisi dalam mengolah bahan bakar sehingga Innova bertransmisi otomatis lebih irit dari transmisi manual.

Gambar menunjukkan tuas transmisi otomatis Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Rasio transmisi matiknya pas membuat konsumsi BBMnya kian irit

Yes, Anda pasti terkejut saat mengetahui hal ini, tapi hal ini benar adanya. Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova bensin transmisi matik lebih irit dari transmisi manual. Kami telah melakukan tes sendiri pada tipe V dan Q bensin yang pernah kami gunakan dan miliki, untuk konsumsi BBM dalam kota berkisar di angka 9 km/l, sementara untuk matic tembus 11 km/l! Meski hasil ini juga tergantung kaki Anda.

Gambar menunjukkan MID Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019

Bahkan jika Anda sabar menginjak pedal gas konsumsi BBM di dalam kota bisa tembus 13,2 kilometer per liter

Hal yang sama  juga terjadi pada konsumsi BBM tol yang bisa menembus 14 kilometer per liter. Bandingkan dengan Toyota Kijang Innova bensin bertransmisi manual yang hanya mampu menembus 12 hingga 13 kilometer per liter pada rute yang sama. Hal ini dapat terjadi berkat rasio gigi Innova matik yang lebih pas, karena saat melaju di jalan tol dengan kecepatan 120 km/jam mesin hanya berputar 2.100 rpm. Maka tak heran Innova bensin matik lebih irit dari transmisi manual.

>>> Tips Modifikasi Mesin All New Toyota Kijang Innova - Tembus 238 Hp

Spesifikasi Toyota Kijang Innova 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019.

Mesin Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019  
 Seri mesin  1TR-FE, 4 Silinder Segaris, Dual VVT-i
 Pasokan Bahan Bakar  Electronic Fuel Injection
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  137,5 Hp (139 Ps) @ 5.600 Rpm
 Torsi Maksimum  183,4 Nm (18,7 Kgm) @ 4.000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,998 cc
 Bore X Stroke  86,0 mm X 86,0 mm
 Tipe Transmisi  Otomatis 6 Tingkat Percepatan ECT, Penggerak Roda Belakang
  Rangka Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.750 mm
 Berat Kotor  N/A
 Jumlah Tempat Duduk  7 Tempat Duduk
 Kapasitas Tangki  55 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019
Suspensi Depan & Belakang  Independent Dual Wishbone with Coil Spring + Stabilizer & 4-link rear suspension lateral road
Sistem Kemudi  Hydraulic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Drum
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, LSPV
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam, Ladder Frame
Struktur Sasis  Monokok, IMV
Pelek  Alloy, 16 Inch
Jenis Ban  Radial, 205/65R16

>>> Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004: Beautiful [R]evolution

Daftar Harga Toyota Kijang Innova 2019

Berikut ini adalah daftar harga mobil Toyota Kijang Innova terlengkap.

Tipe mobil

Harga Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

IDR. 309.850.000

Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T

IDR. 330.050.000

Toyota Kijang Innova 2.4 G M/T DIESEL

IDR. 339.750.000

Toyota Kijang Innova 2.4 G A/T DIESEL

IDR. 361.250.000

Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T

IDR. 358.850.000

Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T

IDR. 378.650.000

Toyota Kijang Innova 2.4 V M/T DIESEL

IDR. 392.550.000

Toyota Kijang Innova 2.4 V A/T DIESEL

IDR. 412.550.000

Toyota Kijang Innova 2.0 Q M/T

IDR. 390.350.000

Toyota Kijang Innova 2.0 Q A/T

IDR. 410.000.000

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya di sini

Kesimpulan Toyota Kijang Innova 2019

Gambar menunjukkan kesimpulan review Toyota KIjang Innova 2.0 V AT 2019

So, is this car for you?

Jika Anda menginginkan MPV keluarga 7-penumpang dengan ketangguhan dan nama besar Toyota, maka Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2019 ini adalah mobil yang layak untuk Anda miliki. Kabin luas, kaki kaki serta mesin tangguh serta kenyamanan berkendara ada di balik mobil ini. Terlebih untuk konsumsi bahan bakar ternyata Innova bensin bertransmisi otomatis ini lebih irit dibandingkan transmisi manual, membuatnya lebih pas untuk diandalkan dalam pemakaian sehari-hari.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Review Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002, Kijang Terakhir Yang Benar-Benar 'Kijang'

31/05/2019

Editor rate:

Pada tahun 2002, kembali Kijang Kapsul mengalami facelift. Ubahan utamanya ada pada gril, lampu depan-belakang, bumper depan lebih panjang, serta interior kini pakai warna beige untuk varian SGX, LGX dan Krista. Model Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002 ini merupakan angkatan terakhir ‘Kijang Kapsul’ sebelum akhirnya digantikan oleh Toyota Kijang Innova.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

2721000000

07/03/2020

Editor rate:

Mitsubishi Xpander kembali memperbaharui dirinya, ubahan minimalis ini dipercaya akan makin menambah daya saingnya di kelasnya. Simak review Mitsubishi Xpander 2020 dari Cintamobil berikut ini.

Lihat juga

Review Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift: Tampil Lebih Segar dan Semakin Nyaman

17/01/2020

Editor rate:

Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift bisa menjadi pilihan MPV keluarga yang mempuni. Kenyaman terbaru yang ditawarkan bisa jadi pertimbangan tambahan untuk Anda.

Lihat juga

Review Honda Freed Crosstar 2020: MPV Kompak Berwajah Maskulin Bagi Keluarga Petualang

01/11/2019

Editor rate:

Honda menghadirkan varian terbaru dalam jajaran Freed, yakni Crosstar. Dengan desain yang sedikit lebih maskulin, membuat Honda Freed Crosstar 2020 siap mengeluarkan sisi petualang dari MPV kompak andalan Honda tersebut.

Lihat juga

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019: Hanya Dibanderol Rp 124 Jutaan, Idealkah Untuk Taksi Online?

23/09/2019

Editor rate:

Inilah varian termewah dari Daihatsu Sigra yang bermesin 1.000 cc 3 silinder. Varian ini cukup ramai diburu pembeli fleet maupun bagi yang usaha taksi online. Tak heran, Sigra berjumlah silinder ganjil ini masih dipertahankan untuk oleh PT Astra Daihatsu Motor. Inilah ulasan dari kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019.

Lihat juga