Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004: Beautiful [R]evolution

11/11/2019
editor rate: 4,0 user rate: 5,0
Kijang berubah total! Toyota menghasilkan Kijang Innova yang benar-benar menghadirkan konsep ubahan inovatif, namun tetap cantik alias Beautiful [R]evolution.

PENGANTAR Toyota Kijang Innova 2004

Gambar menunjukkan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Ubahannya Innova sangat besar, menjadikan Kijang model sebelumnya langsung terasa usang

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 - Tanggal 1 September 2004 pantas disebut sebagai salah satu milestone penting dalam perjalanan Toyota Kijang. Toyota Kijang generasi ke-5 yang diluncurkan hari itu bernama Toyota Kijang Innova. Kata ‘Innova’ disematkan di belakang kata Kijang, sebab mobil ini kini mempunyai transformasi yang inovatif, mulai desain eksterior, interior, rangka, transmisi hingga mesin yang digunakan. Tak heran jika tagline Beautiful [R]evolution merupakan slogan pada pemunculan perdananya.

Gambar menunjukkan emblem 2.0 V dari Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Tipe V adalah varian Kijang termewah saat itu

Pada Toyota Kijang Innova ini pula, sudah tidak tersedia versi short atau long seperti di Toyota Kijang generasi ketiga dan keempat. Pun begitu dengan tipe-tipe yang diusungnya. Sudah tidak ada lagi Kijang LGX, SSX, maupun LSX, gantinya adalah grade sesuai dengan nomenklatur Toyota, yakni E, G, dan V. Penamaan ini sekaligus menunjukkan kelengkapan fitur yang diusungnya. Dan yang akan kami ulas kali ini adalah Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004.

EKSTERIOR Toyota Kijang Innova 2004

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Aerodinamika Kijang Innova membaik 0,02 dari model sebelumnya

Tampilannya kini lebih aerodinamis dibandingkan Kijang generasi sebelumnya. Terbukti, aerodinamika Kijang Innova ini memiliki nilai coefficient of drag 0,35. Nilai itu lebih baik bila dibandingkan dengan Kijang kapsul yang punya nilai 0,38. Khusus untuk tipe V, dilengkapi dengan ornamen tambahan berlapis krom di atas grille-nya. Foglamp jelas tersedia di tipe ini, karena lampu kabut ini sudah jadi standar mulai Kijang Innova tipe G.

Gambar menunjukkan headlamp Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Sorot lampu dari bohlam H4-nya terang dan membantu saat berkendara di luar kota

Lampu utama dari Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini memang belum menganut teknologi proyektor ataupun LED, masih halogen dengan reflektor ala kristal. Tingkat terangnya pancaran sinar lampu depan Innova ini patut diacungi jempol dari bohlam H4-nya, yang sangat membantu dalam melakukan perjalanan di malam hari.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Dimensinya membengkak 35 mm dari Kijang Kapsul

Dari samping, Toyota Kijang Innova memiliki dimensi lebih panjang 35 mm dibandingkan dengan Kijang generasi sebelumnya yang bersasis panjang. Hal ini berdampak pada keleluasaan di dalam kabinnya. Desain eksterior bagian sampingnya secara jelas menampilkan desain yang lebih streamline dibandingkan dengan Toyota Kijang generasi sebelumnya.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Pelek ring 15 khusus tipe V memang khas dan beda dari tipe lain dibawahnya

Khusus untuk Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004, dilengkapi dengan gagang pintu berlapis krom, side body moulding, dan pelek alloy 10 spoke dengan desain menyerupai akar. Ketiga item tadi eksklusif hanya bisa Anda dapatkan di Toyota Kijang Innova tipe V. Meski pada saat facelift pertama di 2011, Toyota Kijang Innova tipe G sudah menggunakan pelek serupa dengan model ini.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Buritan Kijang Innova mencerminkan tampilan khas MPV sejati

Lanjut ke bagian eksterior belakangnya. Terlihat Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini tetap melanjutkan ciri khas mobil keluarga dengan bukaan pintu belakang ke atas. Lampu belakang mendapatkan desain segitiga dengan kombinasi lampu malam dan rem di bagian atas serta lampu sein dan lampu mundur di bagian bawahnya. Khusus Innova tipe V ini telah tersedia sensor parkir.

Gambar menunjukkan stoplamp Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Coba Anda bandingkan dengan tampilan Kijang generasi sebelumnya. Innova terlihat jauh lebih modern bukan?

O ya, bila Anda mencari dimana letak antena radio mobil ini, maka Anda tak akan menemukannya menempel di bagian pilar-A seperti tipe-tipe lain di bawahnya. Hal itu karena khusus tipe V, Toyota ‘menyembunyikan’ antena radio yang menyatu dengan kaca samping kanan paling belakang. Sebuah terobosan yang sangat inovatif di kelasnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Kijang Innova 2004

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Saat ini mungkin tampak biasa, tapi 15 tahun lalu layout seperti ini luar biasa

Tagline Beautiful [R]evolution juga diterapkan pada dashboard mobil ini. Dashboard KIjang Innova tampil modern dengan garis kurva membulat; lebar dan dalam. Bahkan, hingga kini desain dasbor Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini masih tampil modern. Tata letak tombol ergonomis, mudah dijangkau baik oleh pengemudi maupun penumpang depan. Material yang digunakannya memang hanya plastik, namun tak nampak murahan.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Posisi duduk nyaman untuk perjalanan jauh

Interior Kijang generasi kelima ini lebih lapang dari Kijang generasi sebelumnya. Dengan tinggi kabin 1.240 mm, membuatnya memiliki kabin yang lebih lapang. Bahkan, dengan AC double blower dimensi kabin Toyota Kijang Innova lebih tinggi 5 mm dari Toyota Kijang kapsul. Kursi yang dimiliki Innova V ini nyaman diduduki berkat bentuk yang ergonomis dan pengaturan yang cukup leluasa.

Gambar menunjukkan trim pintu Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Nuansa lapang begitu terpancar di kabin Kijang Innova

Posisi mengemudi ideal bisa didapatkan dan dengan dashboard yang rendah, visibiltas berkendaranya juga baik. Material fabric masih menjadi pelapis tempat duduk di dalam kabin Innova. Untuk akses ke tempat duduk baris ketiga, bangku baris kedua bisa dilipat ke depan dan menghasilkan akses yang cukup leluasa untuk sekadar keluar masuk atau memuat barang.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Kompartmen Penyimpanan

Gambar menunjukkan kompartmen penyimpanan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Banyaknya laci penyimpanan membuat Anda tak perlu bingung saat hendak menyimpan barang

Anda tak akan kesulitan saat hendak menyimpan barang di Toyota Kijang Innova. Karena dari bagian depan saja sudah tersedia dua tingkat laci penyimpanan yang luas. Lalu di masing-masing pintu terdapat satu buah cup holder, di konsol tengah ada dua cup holder, sehingga secara total Toyota Kijang Innova ini punya delapan cup holder, sesuai dengan kapasitas penumpangnya.

Gambar menunjukkan tempat kacamata Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Tempat kacamata seperti ini hanya ada di Kijang Innova tipe V

Belum lagi khusus tipe V terdapat tempat penyimpanan kacamata yang terletak di bagian atas dekat spion tengah. Pada lokasi tempat kacamata ini juga terdapat lampu penerangan untuk masing-masing sisi kabin depan. Juga terdapat saku penyimpanan di bagian belakang kursi penumpang depan yang dapat difungsikan untuk menyimpan dokumen.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Bagasi juga termasuk memadai di Toyota Kijang Innova tipe V ini

Sebagai MPV modern, Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 juga memiliki fleksibilitas kabin yang tinggi. Jok baris ketiga dapat dilipat menyamping ke atas di sisi jendela, sehingga menghasilkan ruang bagasi yang lapang. Apabila masih kurang, kursi baris kedua juga dapat dilipat dengan cara digulingkan ke arah depan. Dengan begitu luas total ruang barang menjadi 1.128 liter alias lebih luas 84 liter dari Toyota Kijang kapsul. Berdasarkan pengalaman kami, dua buah sepeda gunung dapat masuk dengan mudah saat kursinya dilipat seperti itu.  

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Kijang Innova 2004

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Panel Spidometer

Gambar menunjukkan Panel Spidometer Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Panel spidometer model optitron hanya tersedia di Toyota Kijang Innova tipe V

Apabila Anda mencari dimana letak multi information display di mobil ini, maka Anda tak akan menemukannya di tempat ‘normal’. Sebab sistem MID di Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini diletakkan di bagian tengah dasbor, tepatnya persis di atas head unit. Tapi, kami mengagumi panel spidometer model optitron yang hanya tersedia di Kijang Innova tipe V ini karena dapat diatur terang dan redupnya.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan head unit Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Head unit model dual din juga hanya tersedia di Innova tipe V

Secara fitur, memang head unit di Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini tampak kuno. Head unit 2-Din ini hanya dapat memainkan radio FM maupun AM, memutar kaset serta CD. Meski begitu, suara yang dihasilkan empat buah speaker mid-range dan dua buah tweeter cukup baik. Salah satu penyebabnya adalah bentuk dashboard yang relatif rata dan dalam dapat menghasilkan staging yang baik.

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 : Pengontrol AC Climate Control

Gambar menunjukkan pengontrol AC Climate Control Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Sebagai tipe termewah, Innova tipe V mendapat pengaturan AC climate control

Fitur pengaturan AC climate control ini memang hanya ada di Toyota Kijang Innova tipe V. Dengan mengatur suhu yang diinginkan dan menekan tombol AUTO maka secara otomatis suhu udara dapat dijaga di kisaran suhu yang diinginkan. Sayangnya, ini menghilangkan kemampuan desentralisasi AC seperti di Toyota Kijang kapsul. Jadi, ketika AC depan dimatikan, AC belakang ikut mati dan tidak bisa dinyalakan secara mandiri.

>>> Tips Modifikasi Mesin All New Toyota Kijang Innova - Tembus 238 Hp

OPERASI Toyota Kijang Innova 2004

Gambar menunjukkan Mesin 1TR-FE berteknologi VVT-i dari Toyota Kijang Innova 2.0 V 2004

Teknologi katup variabel membuat mesin efisien sekaligus bertenaga

Jika ditilik lebih jauh, sebenarnya ada yang unik dari dapur pacu Toyota Kijang Innova bermesin bensin. Pasalnya, mesin berkode 1TR-FE yang digunakan pada Toyota Kijang Innova ini berarti sudah digunakan 15 tahun sejak pertama kali diperkenalkan di 2004 hingga saat ini. Mesin bensin 1TR-FE yang sama masih digunakan pada Toyota Kijang Innova Reborn generasi terbaru. Lantas, apa keistimewaan dan keunggulan dari mesin ini?

Gambar menunjukkan Tuas Transmisi Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan konvensional

Keunggulan utama dari mesin Toyota berkode 1TR-FE ini adalah konstruksinya. Mesin ini dirancang memiliki karakter alami square engine. Dimana langkah piston dan besarnya diameter piston sama atau minimal memiliki batas toleransi di bawah 0,5 mm. Sehingga mesin dengan ukuran bore 86,0 mm dan stroke 86,0 mm ini punya rentang semburan torsi dan tenaga yang rata pada setiap putaran mesinnya.

Gambar menunjukkan ban dan pelek belakang Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Tenaga tersalur ke dua roda belakang membuat punya traksi yang baik saat menanjak

Lebih jauh, teknologi VVT-i membuat Toyota Kijang ini menjadi MPV abad ke-21 seutuhnya. Tenaga dan torsinya jauh mengungguli mesin K series andalan Toyota Kijang sebelumnya. Belum lagi dengan transmisi otomatis Toyota Kijang Innova jauh lebih canggih dari Kijang generasi keempat. Sebab, ia telah dilengkapi dengan program komputer sehingga dapat ‘berkomunikasi’ dengan mesin guna menghasilkan pengendaraan yang lebih halus.

Gambar menunjukkan mesin 1TR-FE Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Mesin berkode 1TR-FE ini terus digunakan bahkan hingga generasi Innova Reborn

Untuk Kijang Innova versi 2004 hingga pertengahan 2006, ECU yang digunakannya masih menganut close loop sehingga akselerasinya terasa lebih responsif. Namun, konsumsi BBM-nya dirasakan cukup boros. Pengalaman kami mengendarai mobil ini, dibandingkan dengan Kijang Innova bermesin 2,7 liter, Innova bermesin 2,0 liter ini lebih boros. Innova bermesin 2,0 liter ini mencatatkan konsumsi BBM hingga 6-7 km/liter untuk pengendaraan dalam kota, sementara Innova bermesin 2,7 lliter mampu mencatat konsumsi bahan bakar 8,5 km/liter.

>>> How To Buy Kijang Innova Reborn 2015-2016

spesifikasi Toyota Kijang Innova 2004

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004.

Mesin Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004  
 Seri mesin  1TR-FE, 4 Silinder Segaris, VVT-i
 Pasokan Bahan Bakar  Electronic Fuel Injection
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  136 Hp @ 5.600 rpm
 Torsi Maksimum  182 Nm @ 4.000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,998 cc
 Bore X Stroke  86,0 mm X 86,0 mm
 Tipe Transmisi  Otomatis 4 Percepatan ECT, Penggerak Roda Belakang
  Rangka Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.555 mm X 1.770 mm X 1.750 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.750 mm
 Berat Kotor  N/A
 Jumlah Tempat Duduk  8 Tempat Duduk
 Kapasitas Tangki  55 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004
Suspensi Depan & Belakang  Independent Dual Wishbone & 4-link rear suspension
Sistem Kemudi  Hydraulic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Drum
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, LSPV
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam, Ladder Frame
Struktur Sasis  Monokok, IMV
 Pelek  Alloy, 15 Inch
Jenis Ban  Radial, 205/65 R15

kelebihan & kekurangan Toyota Kijang Innova 2004

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004 ini.

 Kelebihan  Kekurangan

Mesin yang tangguh dan cukup responsif

Konsumsi BBM boros

Kabin lapang dan praktis

Pengendalian terasa limbung

Kenyamanan pengendaraan memuaskan

Perawatan Mesin Tidak Sesederhana Kijang Kapsul

daftar harga Toyota Kijang Innova 2004

Kini Toyota Kijang Innova tipe 2.0 V transmisi otomatis 4 percepatan ini dijual dalam keadaan bekas dengan rentang harga antara Rp 80 hingga Rp 100 juta tergantung kondisi aktual kendaraan. Saran kami, meski ada tipe lainnya yang lebih murah seperti tipe G, dan tipe E, belilah Innova tipe V karena fiturnya jauh lebih lengkap dari kedua tipe tadi.

>>> Ribuan mobil Toyota Kijang Innova dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Video Toyota Kijang Innova 2004

KESIMPULAN Toyota Kijang Innova 2004

Gambar menunjukkan kesimpulan review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004

Kabin nyaman, mesin bertenaga, plus depresiasi harga terjaga apakah itu membuatmnya layak dipilih?

Jika Anda menginginkan MPV keluarga yang nyaman, berkelas, dan tangguh, Toyota Kijang Innova V AT 2004 ini dapat menjadi opsi yang baik. Yang penting diingat adalah konsumsi bahan bakarnya relatif boros, mengingat bobot mobilnya yang cukup berat untuk mesin 2,0 liter yang digunakan. Harganya saat ini juga cukup terjangkau dan diprediksi tidak akan mengalami depresiasi yang terlalu besar untuk tahun-tahun selanjutnya. Apalagi dengan jaminan nama besar Toyota yang menjamin layanan purna jual terbaik di kelasnya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil