Komparasi Baru Atau Bekas: Perang Harga Rp 300 Jutaan, New Toyota Sienta Q CVT 2019 vs Toyota Innova 2.0 V M/T 2018

02/09/2019
Dengan uang di tangan Rp 300 jutaan, mana yang layak Anda pilih, apakah sebuah New Toyota Sienta tipe Q dengan transmisi CVT kondisi baru, atau sebuah unit bekas Toyota Kijang Innova tipe V bertransmisi manual lansiran 1 tahun yang lalu? Berikut komparasinya.

Gambar menunjukkan New Sienta Q CVT 2019 dan Kijang Innova 2.0 Q M/T 2019

Harganya hampir mirip, mending mana antara New Sienta Q CVT 2019 atau Kijang Innova 2.0 Q M/T 2019?

Siapa tidak kenal dengan Toyota Sienta dan Toyota Kijang Innova? Kedua mobil ini lahir dengan segmentasi pasar yang berbeda. Bila Toyota Sienta yang lahir sejak tahun 2016 di ajang Indonesia International Motor Show lebih mendekati konsumen keluarga muda urban nan produktif. Kijang Innova Reborn pun juga lahir pada tahun yang sama, namun lebih menyasar pada pasar keluarga yang lebih mapan.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota New Sienta Q CVT 2019

Toyota Sienta baru saja mendapat penyegaran minor pada bulan September 2019 ini

Ceritanya akan berbeda ketika Anda dihadapkan ke dua pilihan, pilih mobil baru atau mobil bekas. Dengan budget yang kurang lebih sama, yakni Rp 300 jutaan lebih sedikit, mending memilih Toyota New Sienta anyar tipe Q bertransmisi CVT atau berburu Toyota Kijang Innova Reborn bekas lansiran 2018, bermesin bensin 2.000 cc tipe V namun dengan transmisi manual. Mana yang paling layak untuk dipinang?

1. Harga

Gambar menunjukkan Harga Toyota New Sienta 2019

Harga Toyota New Sienta Q CVT 2019 adalah Rp 302,85 juta

Harga kedua mobil ini benar-benar berbeda tipis, jika Toyota Sienta dalam keadaan baru tipe Q dengan transmisi CVT dijual dengan harga Rp 302,850,000 maka untuk Toyota Kijang Innova bekas tahun 2018 tipe V dengan mesin bensin serta transmisi manual dijual mulai harga Rp 300 juta hingga Rp 305 juta. Tentu saja kedua produk ini menggiurkan untuk dipilih salah satunya, mengingat keduanya mengusung nama besar Toyota dan sama-sama punya fitur mumpuni.

Gambar menunjukkan Harga Toyota Kijang Innova V M/T 2018 Cintamobil.com

Toyota Kijang Innova 2.0 Q bertransmisi manual lansiran 2018 dibuka mulai harga Rp 300 jutaan

>>> Apa saja program promosi Toyota Sienta 2019 bulan ini? Simak selengkapnya di sini!

2. Performa, Konsumsi Bahan Bakar, Driving Impression

Gambar menunjukkan Mesin 2NR-FE New Toyota Sienta 2019

Mesin 2NR-FE di Toyota New Sienta Q CVT 2019 dipadukan transmisi CVT menghasilkan konsumsi BBM yang irit

Kalau boleh jujur, pada jalanan rata dan pengendaraan sehari-hari di dalam kota kami lebih condong ke New Toyota Sienta. Karena, untuk Sienta versi terbaru ini diklaim tidak ada ubahan teknis apapun dan kami cukup yakin rasa berkendaranya akan sama saja dengan versi sebelum facelift. Karakter mengemudinya mirip dengan Toyota Yaris dengan bodi lebih gemuk. Apalagi dengan konsumsi BBM lebih irit dari Kijang Innova, pada model lama kami dengan mudah mencapai 11,5 km/l dalam kota dan 17,1 km/l untuk rute tol. Namun, keluhan kami tetap sama dengan Yaris, yakni radius putar yang terlewat besar untuk mobil kompak seperti Sienta.

>>> Review Toyota Kijang Innova Q 2018, hadir dengan sistem rear entertainment tambahan

Gambar menunjukkan Mesin 1TR-FE Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T 2018

Mesin 1TR-FE plus transmisi manual 5 speed dan penggerak roda belakang membuat konsumsi BBMnya tidak sebaik Sienta

Tim Cintamobil.com sudah cukup 'kenyang' dengan Toyota Kijang Innova. Maklum saja, sejak pertama kali muncul di 2004, sampai mencoba versi Innova terbuas bermesin Fortuner hingga ke Innova Reborn teranyar kami sudah pernah tes lengkap. Dan kami tetap menyarankan Anda untuk memilih Toyota Kijang Innova tipe V bensin ini jika sering bepergian ke luar kota. Torsi 183,4 Nm dikawal transmisi manual 5 speed tidak akan membuat Anda ragu untuk melakukan overtaking, apalagi sudah tersedia POWER MODE yang membuat respon throttle lebih baik. Sayang konsumsi BBM dalam kota hanya di angka 9,5 km/l dan di tol 13,7 km/l.

3. Fitur, Interior, Dan Kenyamanan

Gambar menunjukkan Layout interior Toyota New Sienta Q CVT 2019

Beginilah layout dasbor Toyota Sienta, sangat modern dan tidak membosankan bukan?

Layout dasbor Toyota Sienta berkesan modern dan tidak membosankan, meski usiannya sudah jalan 4 tahun. Dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova 2.0 Q M/T 2018, memang Sienta memberikan kesan lebih modern, namun untuk kemewahan lebih menang Kijang yang sudah melegenda namanya tersebut. Tapi Toyota New Sienta Q CVT 2019 ini menyediakan dua pilihan warna interior yakni kombinasi hitam dan coklat serta kombinasi krem dan hitam, serta pada versi penyegaran Anda dapat memilih pilihan baru yakni kombinasi burgundy (ungu) dan hitam. Tentunya Anda dapat pilih sesuai dengan selera Anda.

Layout dasbor Toyota Sienta 2019 Indonesia berwarna  hitam dan interior ungu

Untuk versi penyegaran yang baru meluncur bulan ini, New Sienta mendapat pilihan warna interior baru

Untuk fitur, kedua mobil ini sama-sama sudah menggunakan head unit touch screen yang memiliki kemampuan untuk memutar track lagu berbagai macam format, memutar film, dan menjalankan fungsi miracast. Kedua mobil ini juga sudah menggunakan pengaturan AC dengan sistem climate control digital single zone, membuat pengaturan AC menjadi semakin mudah. Yang tidak akan pengguna New Sienta dapatkan dari Innova adalah, tidak tersedianya fitur lampu ambient light berwarna biru yang dapat diatur terang maupun redupnya cahaya lampu tersebut. Lampu ini akan menambah kesan mewah pada kabin Kijang ini.

Gambar menunjukkan layout interior Toyota Innova V M/T 2018

Aura lebih mewah terpancar pada layout dasbor Toyota Kijang Innova 2.0 Q M/T 2018

Duduk di dalam kabin depan baik sisi pengemudi maupun penumpang Toyota Kijang Innova 2.0 Q M/T 2018 juga terasa lebih baik dibandingkan dengan Sienta. Dengan posisi duduk tinggi dan commanding, membuatnya lebih rileks. Sementara duduk di Toyota New Sienta Q CVT 2019, laksana duduk di kabin sebuah Toyota Yaris yang rendah. Sebenarnya, ini hanya masalah selera saja, bagi kaum hawa, mungkin akan lebih senang duduk di kursi Toyota New Sienta dibandingkan Toyota Kijang Innova, sementara kaum adam alias pria, lebih cocok duduk di Kijang Innova, apalagi setir Innova dapat diatur secara lengkap tilt maupun telescopic-nya.

>>> Tidak Punya Rival Sekelas, Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Sienta Q CVT 2016

Gambar menunjukkan kursi baris kedua Toyota New Sienta Q CVT 2019

Kini sudah tersedia armrest untuk penumpang baris kedua pada ujung kursi kanan dan kiri

Lanjut ke bagian bangku baris kedua, kami memberikan poin lebih untuk kabin Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T 2018 dibandingkan dengan Toyota New Sienta Q CVT 2019. Sebab, selain posisi duduknya lebih nyaman, juga sudah tersedia meja serbaguna yang tak akan Anda temui di Sienta. Namun, bukan berarti posisi duduk Sienta buruk, karena mobil MPV kompak ini sekarang tidak punya rival sebanding dan memiliki kursi 3 baris dengan konsep theatrical seat, dimana bangku baris kedua dan ketiga posisinya lebih tinggi dari kursi depan. Sehingga penumpang di belakang tidak akan merasa kesempitan dan tak terkungkung dalam ruangan.

Gambar menunjukkan Bagasi dan kursi baris ketiga Toyota Innova V 2.0 M/T 2018

Ingin bagasi lebih lapang? Toyota Innova 2.0 V M/T 2018 jawabannya

Pada bangku baris ketiga, kembali kursi baris ketiga Kijang lebih nyaman diduduki dengan legroom dan headroom lebih baik dari Sienta. Apalagi dengan sudut kerebahan yang dapat diatur, membuat duduk berlama-lama di kursi belakang Innova tidak akan membuat lelah, apalagi saat perjalanan jauh. Bagaimana dengan New Sienta? Bangku baris ketiganya tetap layak diduduki meski tidak senyaman Innova. Untuk kepraktisan pelipatan bangku baik Toyota New Sienta Q CVT 2019 maupun Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T 2018 sama kuatnya. Pelipatan bangku konvensional Innova mampu menandingi dive in seat New Sienta.

>>> Komparasi Bekas vs Baru: Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G vs All New Toyota Rush TRD, Harga Beda Tipis 

4. Biaya Servis & Pajak

Gambar menunjukkan Toyota New Sienta Q CVT 2019 vs Toyota Innova V 2.0 M/T 2018 berwarna putih

Biaya servis Kijang Innova harus memperhitungkan jasa servis dibanding dengan New Sienta yang masih gratis

Untuk biaya servis, pembeli Toyota New Sienta Q CVT 2019 bisa sedikit bernafas lega karena biaya jasa servis masih gratis hingga 50.000 kilometer. Sementara untuk Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T 2018 untuk pengerjaan di bengkel resmi dikenakan biaya jasa berkisar antara Rp 715,000 hingga Rp 916,000 diluar sparepart. Biayanya dapat berbeda dikarenakan jenis pekerjaan yang dilakukan pun berbeda-beda. Namun, Anda tak perlu khawatir, kualitas pekerjaan mekanik bengkel resmi Toyota sudah tidak perlu diragukan lagi kecermatan dan kualitasnya. Atau jika Anda merasa kemahalan, bengkel non resmi biayanya lebih terjangkau.

Gambar menunjukkan Toyota New Sienta Q CVT 2019 berwarna putih

Pajak Toyota Sienta lebih murah, karena kapasitas mesinnya yang lebih kecil dari Innova

Kini tiba saatnya berbicara soal pajak kendaraan. Sepengalaman kami dulu 2017-2018 menggunakan Toyota Kijang Innova baik bensin maupun diesel, pajaknya berkisar antara Rp 4,7 hingga Rp 5 jutaan, tentunya tanpa memperhitungkan pajak progresif. Sementara untuk Toyota New Sienta pajaknya ada di kisaran Rp 4,5 hingga Rp 4,7 jutaan. Namun, Anda musti ingat, itu belum termasuk kebijakan baru tentang kenaikan BBN pajak khusus DKI Jakarta dan daerah lainnya. Bisa dibilang, untuk pajak meski kedua mobil ini beda kapasitas mesin, bisa dibilang beti alias beda tipis saja. So? Anda makin bingung memilih? Mari kita ke kesimpulan.

>>> Baca juga: Komparasi All New Suzuki Ertiga GL AT 2019 vs New Toyota Avanza 1.5 G MT 2019, Beda Harga Rp 4 Jutaan, Pilih Mana? 

5. Kesimpulan

Gambar menunjukkan Toyota Innova 2.0 V M/T 2018 berwarna putih

Kami lebih menyarankan Anda untuk memilih Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T 2018 karena...

Semua kembali ke Anda, mau memilih Sienta atau Innova. Tapi, kalau kami boleh menyarankan Anda lebih baik beli Innova bekas, karena kenyamanan, fitur, ketangguhan kaki-kaki dan mesinnya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, bagi kami, Innova bagaikan sebuah truk berbodi MPV, sebab durabilitasnnya yang tidak main-main. Meski, segala kelebihan tersebut harus dibayar dengan pajak yang lebih mahal, serta konsumsi BBM lebih boros. Tapi, jika Anda kaberatan akan dua hal yang jadi ganjalan tersebut, dan ingin menimati garansi selayaknya mobil baru, maka Toyota New Sienta Q CVT 2019 adalah mobil yang tepat untuk Anda.

Simak video komparasi used car antara Honda Freed E 2013 dengan Toyota Sienta V 2016 hanya di Cintamobil TV

 

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain