Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kijang Untuk Penggemar TRD

23/09/2020

Share this post:

Toyota Kijang Innova 2020

Editor rate:

Rp 431.950.000

Harga mobil Kijang Innova & Promo Lihat promo

Menjelang akhir masa edarnya, PT Toyota Astra Motor meluncurkan trim terbaru Innova, agar jelas simak Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 berikut ini

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kijang Untuk Penggemar TRD
Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kijang Untuk Penggemar TRD
0 Gambar

Pengantar Toyota Kijang Innova 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Kijang Innova 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin diesel terbukti tangguh dan irit BBM

Kabin lega dan cukup praktis

Daya tahan kaki-kaki

Kekurangan

Hanya tersedia dalam basis trim G dan V

Pengendalian limbung dan kurang lincah

Akan segera ganti model

Gambar tampilan depan Toyota Kijang Innova V TRD Sportivo 2020

Innova ini khusus penggemar TRD di Indonesia

Nama besar TRD Sportivo mulai muncul di 2008 di mana saat itu salah satu produk yang disematkan peranti TRD Sportivo muncul ke publik. Adalah hatchback andalan PT Toyota Astra Motor yakni Toyota Yaris yang mendapat kehormatan. Mobil ini bisa dibilang merupakan produk terbatas karena hanya ada 10 unit yang diedarkan ke konsumen. Setahun kemudian menyusul Toyota Fortuner menggunakan embel-embel TRD Sportivo. Sejak saat itulah brand image TRD Sportivo melekat di Tanah Air.

Gambar brosur Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited Edition

Ada beberapa ciri khusus di Innova TRD ini

Namun meski brand image TRD Sportivo begitu kuat, pada kenyataannya ada beberapa produk Toyota yang tidak mendapat trim TRD Sportivo. Tidak terkecuali dengan Toyota Kijang Innova juga tidak memiliki trim TRD Sportivo. Tak heran cukup banyak penggemar TRD yang ‘menyulap’ Innova kesayangan mereka menjadi ala TRD Sportivo. Kini pada akhir masa edarnya, akhirnya PT TAM memberikan tambahan line up Toyota Kijang Innova TRD Sportivo yang berbasis dari Innova tipe G dan V serta hanya punya pilihan mesin diesel. Lantas seberapa menarik mobil ini? Simak ulasan review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini sampai tuntas.

Eksterior Toyota Kijang Innova 2020

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Tampilan Depan

Gambar Tampilan depan Toyota Kijang TRD Sportivo 2.4 V AT 2020

Desain body kit baru membuat tampilan terlihat lebih sporty

Tampilan depan dari eksterior Toyota Kijang Innova TRD Sportivo ini tampak lebih sporty dari trim non TRD Sportivo. Unit yang Anda lihat di atas ini adalah Toyota Kijang Innova TRD Sportivo dengan trim V, maka ia sudah mengusung headlamp LED projector. Sedangkan di trim G masih diamond cut biasa. Aerokit di bagian bawah bumper depan menambah kesan sporty pada MPV menengah Toyota ini. Sebagai informasi, desain body kit yang sama sebenarnya sudah pernah muncul di Kijang Innova saat ajang GIIAS 2019.

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Tampilan Samping & Belakang

Gambar tampilan samping Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2.4 V AT 2020

Aerokit tampak proporsional dilihat mata

Lanjut ke tampilan eksterior samping dari Toyota Kijang Innova TRD Sportivo ini, terlihat velg 17 inci yang serupa dengan Kijang Innova trim Q saat pertama kali keluar di 2016. Namun velg ini dicat hitam agar menambah kesan sporty. Baik Toyota Kijang Innova TRD Sportivo type G maupun V menggunakan velg dengan desain yang sama. Nuansa sporty diteruskan ke bagian samping dengan menyematkan body kit yang sewarna body. Tak lupa untuk mempertegas bahwa ini adalah trim spesial, terdapat stiker TRD Sportivo di pintu belakang.

Gambar stiker samping TRD Sportivo di Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2.4 V AT 2020

Stiker TRD Sportivo menegaskan ini adalah trim spesial

Pada bagian buritan Toyota Kijang Innova TRD Sportivo ini juga tak kalah spesial dari eksterior depan dan sampingnya. Body kit yang sporty tadi tetap diteruskan hingga ke bagian belakang. Desain mata kucing dibuat tipis demi mengikuti kontur aero kit yang pipih tersebut. Empat buah sensor parkir tetap tersedia di bumper belakang mobil ini berikut juga kamera parkir untuk memudahkan manuver saat mundur. Tak lupa untuk menegaskan bahwa mobil ini adalah Kijang yang spesial, emblem timbul TRD Sportivo tersemat di bawah emblem INNOVA.

Gambar ban dan velg Toyota Kijang TRD Sportivo 2.4 V AT 2020

Velg serupa Innova Venturer


Interior Toyota Kijang Innova 2020

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Toyota Kijang Innova tipe V

Layout dashboard sama seperti Innova tipe V lainnya

Masuk ke bagian interior, Anda akan disambut dengan 3 warna yang kontras pada dashboard mobil ini. Pertama adalah kelir hitam, kelir silver, dan yang terakhir adalah motif panel kayu. Jujur saja kami menyukai padu padan dari tiga warna ini di interior Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini. Begitu pula dengan tata letak tombol yang mudah dijangkau oleh tangan, sehingga tidak merepotkan ketika hendak mengoperasikan fitur tertentu. Untuk tipe G pengaturan AC-nya masih pakai kenop manual, belum digital seperti di foto ini.

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kursi

Foto kursi depan Toyota Kijang Innova tipe V

Posisi duduk cukup nyaman karena terdapat cukup banyak pengaturan

Kursi Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini cukup nyaman ketika diduduki. Karena joknya empuk serta pengaturan kursi pengemudinya sudah cukup lengkap, ada reclining dan height adjuster. Demikian pula dengan headrest mobil ini yang dapat diatur ketinggiannya serta bentuknya yang besar dan empuk, membuat kepala menjadi nyaman. Oh ya semua kursi di mobil ini sudah terdapat sabuk pengaman 3 titik plus sandaran kepala dan kursi bagian tengah sudah ada colokan ISOFIX.

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Bagasi

Foto bagasi Toyota Kijang Innova tipe V

Bagasi luas jadi daya tarik Kijang

Salah satu keunggulan utama Toyota Kijang Innova adalah bagasinya yang luas, tak terkecuali di Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini. Baik ketika dalam kondisi semua kursi digunakan maupun kursi paling belakang dilipat. Anda bisa lihat sendiri seberapa luas kursi tersebut pada foto di atas dan di bawah ini. Kursi baris ketiga juga dapat terlipat secara 50:50 mempermudah fleksibilitas bagasi pada mobil ini. Pelipatannya juga mudah dan tidak makan tempat, karena mampu terlipat ke samping.

Fitur Toyota Kijang Innova 2020

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2.4 V AT 2020

Suara audio sudah cukup memadai

Kualitas reproduksi suara dari audio standar Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini serupa dengan Innova keluaran 2018 ke atas dan cukup bisa diacungi jempol. Selain karena kekedapan kabin yang baik, juga ditunjang dengan kehadiran 4 buah speaker plus 2 tweeter yang membuat respon frekuensi cukup lengkap. Sama seperti Toyota Kijang Innova tipe V dan Q dengan tahun produksi 2018 ke atas, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan rear seat entertainment yang juga dapat memutar video.

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Multi Information Display

Foto MID Toyota Kijang Innova tipe V

MID Kijang mulai tipe V ke atas baik varian bensin maupun diesel sudah cukup lengkap

Sama seperti Toyota Kijang Innova lainnya, Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini juga punya layar Multi Information Display (MID) yang lengkap pada bagian tengah di antara cluster spidometer dan takometer. Layar MID ini punya informasi yang lengkap, dari mulai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, odometer, 2 buah trip meter, kecepatan rata-rata, serta ‘kalkulator otomatis’ yang dapat menunjukkan seberapa hemat pengeluaran Anda terhadap pembelian bahan bakar.

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: AC Double Blower & iON

Foto AC double blower Toyota Kijang Innova tipe V

AC Dual Blower bisa diatur via tombol ini

Kijang Innova TRD Sportivo Limited ini dilengkapi dengan AC dual blower plus fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat. Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin. Integrated Air purifier (Car Ionizer) ini terintegrasi pada register A/C yang ada pada kabin kendaraan dan dapat bekerja secara otomatis maupun manual.

Gambar Tombol iON AC Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

iON AC ini mampu bekerja secara otomatis

Operasi Toyota Kijang Innova 2020

Foto mesin 2GD-FTV Toyota

Mesin 2GD ini berkarakter overbore dan bertenaga

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini hanya tersedia satu varian mesin baik tipe G maupun V. Mobil ini mengusung mesin diesel 4-silinder 2.4L berkode 2GD-FTV. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 145,6 HP pada 3.400 rpm, serta torsi 360 Nm yang sudah dapat dihasilkan sejak 1.600 hingga 2.600 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan roda belakang melalui pilihan transmisi otomatis 6-percepatan atau manual 5-percepatan.

Foto turbocharger Toyota 2GD-FTV

Turbo mulai spooling di putaran 1.600 rpm

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 ini juga tersedia tiga pilihan mode berkendara, yakni ECO Mode, NORMAL Mode, dan PWR (POWER) Mode. Dengan menekan tombol ECO Mode maka sistem ECU pada mobil akan memerintahkan mobil untuk ditahan tenaganya dan Anda dapat berkendara secara santai dan hemat BBM. Sedangkan saat tombol PWR (POWER) Mode ditekan, maka ECU akan memerintahkan throttle position sensor untuk membuka lebih cepat, serta menyemprotkan BBM ke ruang bakar lebih banyak, jadi lebih agresif.

Foto tuas transmisi otomatis Toyota Kijang Innova tipe V

Perpindahan gigi dari girboks Aisin Warnernya cukup halus

Spesifikasi Toyota Kijang Innova 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020.

Mesin Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020

Seri mesin

2GD-FTV, 4-Silinder Segaris, 16 Valve, DOHC, VNT Intercooler

Pasokan Bahan Bakar

Common Rail Direct Injection

Jumlah Katup

16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

147,5 Hp (149 PS) @ 3.400 Rpm

Torsi Maksimum

360 Nm (36,7 Kgm) @ 1.200 - 2.600 Rpm

Kapasitas Silinder

2,393 cc

Bore X Stroke

92,0 mm X 90,0 mm

Pilihan Transmisi

Otomatis 6 Tingkat Percepatan ECT, Penggerak Roda Belakang

Manual 5 Tingkat Percepatan, Penggerak Roda Belakang

Rangka Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm

Jarak Sumbu Roda

2.750 mm

Jarak Pijak Depan & Belakang

1.540 mm & 1.540 mm

Jumlah Tempat Duduk

7 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

55 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Dual Wishbone with Coil Spring + Stabilizer

Belakang:  4-Link Rear Suspension & Lateral Road

Sistem Kemudi

Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, LSPV

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, Ladder Frame

Struktur Sasis

Monokok, IMV, C-Segment MPV

Pelek

Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

Radial, 215/55R17

Daftar Harga Toyota Kijang Innova 2020

Gambar Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2.4 V AT 2020

Innova TRD seperti mobil tes kami kali ini dihargai Rp 431 jutaan

Harga Toyota Kijang Innova TRD Sportivo (On The Road DKI Jakarta)

  • TRD Sportivo  G  MT Diesel   Rp 359.150.000
  • TRD Sportivo  G  AT Diesel    Rp 380.650.000
  • TRD Sportivo  V  MT Diesel   Rp 411.950.000
  • TRD Sportivo  V  AT Diesel    Rp 431.950.000

Kesimpulan Toyota Kijang Innova 2020

Gambar ilustrasi kesimpulan review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Innova ini cocok untuk Anda pecinta TRD

Jika Anda adalah penggemar Toyota Kijang Innova dan pecinta TRD Sportivo maka mobil ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Sasis ladder frame yang diusung serta kaki-kaki tangguh membuatnya kapabel menerabas medan apapun di Indonesia. Terbukti ia cukup banyak diandalkan menjadi mobil dinas Aparatur Sipil Negara (ASN). Apalagi nama besar Toyota di Indonesia membuat Anda seolah tak perlu khawatir soal layanan purna jualnya. Namun sayangnya ia hanya tersedia dalam pilihan varian bermesin diesel saja dan berbasis dari tipe G dan V.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005, Kijang Paling Berotot Dan Terkencang Sepanjang Masa

Review Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005, Kijang Paling Berotot Dan Terkencang Sepanjang Masa

Rp 105.000.000

04/07/2019

Editor rate:

Jika Anda menganggap Toyota Kijang Innova Reborn bermesin diesel 2GD-FTV bertorsi lebih dari 360 Nm (untuk yang betransmisi otomatis) adalah Toyota KIjang paling berotot? Maka Anda harus lihat dulu ulasan kami tentang Toyota Kijang Innova 2.7 V AT 2005 yang bermesin Toyota Fortuner bensin yang didaulat sebagai Toyota Kijang paling berotot dan terkencang sepanjang masa ini.

Lihat juga
Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004: Beautiful [R]evolution

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004: Beautiful [R]evolution

Rp 100.000.000

11/11/2019

Editor rate:

Kijang berubah total! Toyota menghasilkan Kijang Innova yang benar-benar menghadirkan konsep ubahan inovatif, namun tetap cantik alias Beautiful [R]evolution.

Lihat juga
Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?

Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?

23/10/2019

Editor rate:

Inilah Kijang termewah pada masanya. Ia hadir sebagai varian top of the line dari Toyota Kijang. Dan tahun 2003 adalah masa-masa terakhir Kijang Krista dipasarkan, sebelum ia digantikan oleh generasi Innova di 2004 hingga saat ini. Inilah ulasan kami mengenai Toyota Kijang Krista tahun 2003 yang masih jadi incaran konsumen keluarga di daerah.

Lihat juga
Review Toyota Kijang LGX 2.0L EFI 2000: Mesin Baru untuk Varian Tertinggi

Review Toyota Kijang LGX 2.0L EFI 2000: Mesin Baru untuk Varian Tertinggi

01/12/2019

Editor rate:

Bulan September tahun 2000 adalah tonggak sejarah dimana Toyota Kijang mendapat pilihan mesin baru, yakni unit 2.000 cc. Mesin ini hanya digunakan pada varian-varian tertinggi, yakni SGX, LGX dan Krista. Penasaran istimewanya Kijang yang pakai mesin ini? Simak terus ulasan Toyota Kijang LGX 2.0L EFI 2000.

Lihat juga
Review Toyota Kijang 1981: Penerus Kesuksesan Generasi Pertama

Review Toyota Kijang 1981: Penerus Kesuksesan Generasi Pertama

31/12/2019

Editor rate:

Tidak melulu mobil keluaran terbaru yang kami ulas, kami juga melakukan review terhadap mobil lawas dengan kondisi baik. Salah satunya Toyota Kijang 1981 ini

Lihat juga