ISOFIX Adalah Fitur Standar Keselamatan Wajib di Dunia, Ini Alasannya

18/06/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
ISOFIX Adalah Fitur Standar Keselamatan Wajib di Dunia, Ini Alasannya
Bukan sekedar aksesoris, Anda wajib tahu jika ISOFIX adalah fitur standar keselamatan yang wajib ada pada kendaraan penumpang. Tujuannya melindungi anak-anak selama ada di dalam mobil ketika melakukan perjalanan.

Setiap kendaraan modern yang diproduksi oleh pabrikan otomotif, wajib memenuhi standar keselamatan yang sudah ditetapkan. Penetapan standar perangkat keselamatan ini telah ditetapkan oleh International Standart Organitation (ISO) atau Organisasi Standar Dunia. Selain itu masing-masing negara juga sudah memiliki kebijakan terkait batas minimum perangkat keselamatan yang wajib ada pada sebuah kendaraan.

Satu diantara fitur standar keselamatan pada sebuah mobil yaitu keberadaan ISOFIX. ISO sudah menetapkan ISOFIX adalah fitur keselamatan wajib pada kendaraan penumpang khususnya bagi anak-anak. Lalu sebanarnya apa sih ISOFIX itu? Dimana posisinya pada sebuah mobil? Bisakah mobil yang belum terdapat ISOFIX diberi tambahan fitur ini? Berikut penjelasan lengkapnya dari tim Cintamobil.com

1. Mari Mengenal Istilah ISOFIX

Logo ISOFIX pada jok mobil

ISOFIX sudah ditetapkan sebagai fitur standar keselamatan oleh ISO

ISOFIX adalah kependekan dari International Standard Organizations FIX, yang kalau diartikan berarti standar keselamatan internasional yang sudah dipatenkan. ISOFIX pertama kali dikembangkan oleh Britax-Roemar yang merupakan salah satu pekerja di pabrik Volswagen (VW). Hasil pengembangannya pertama kali berhasil diterapkan pada jok belakang mobil pada 1997. Kemudian inovasi demi inovasi terus dilakukan hingga pada 2004 United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) menetapkan regulasi akan pentingnya ISOFIX pada sebuah kendaraan penumpang.

Pada beberapa negara lain, ISOFIX juga punya nama yang berbeda. Misalnya di Amerika Serikat juga dikenal sebagai LATCH (Lower Anchors and Tethers for Children). Kemudian di Kanada dikenal pula dengan nama LUAS (Lower Universal Anchorage System). Ada juga sejumlah negara lain yang menyebutnya sebagai UCSSS (Universal Child Safety Seat System) . Walaupun penamaannya berbeda-benda, namun maknanya tetap serupa. Yakni ISOFIX adalah sebuah fitur keselamatan untuk anak-anak yang tengah berada dalam sebuah kendaraan.

>>> Gunakan Fitur-Fitur Ini untuk Menghemat BBM Saat Berkendara

2. Bagaimana Cara Kerja ISOFIX?

Child seat dengan ISOFIX

ISOFIX untuk mengaitkan child seat pada jok mobil baris kedua

Lalu bagaimana cara kerja ISOFIX pada sebuah kendaraan? Banyak yang menyebut fitur ini merupakan keseluruhan dari konstruksi sebuah jok penumpang pada mobil. Padahal ISOFIX adalah hanya berupa besi pengait yang terpasang pada jok baris kedua di mobil. Pengait ini berfungsi untuk memasang child seat yang menjadi kursi khusus untuk penumpang anak-anak usia 6 bulan hingga 8 tahun.

Karena merupakan konstruksi yang berdiri sendiri dan terpisah dari jok mobil, maka child seat wajib dikaitkan dengan konstruksi pada jok mobil mobil tersbeut saat terpasang. Tujuannya agar child seat tidak bergeser selama mobil melaju atau melewati guncangan. Disinilah peranan ISOFIX tersebut agar child seat tetap berada pada posisinya apapun yang terjadi pada kendaraan itu.

>>> Demi Keamanan Anak-anak, Kenali Fitur ISOFIX

3. Mengapa ISOFIX Hanya Ada di Jok Belakang?

Child seat

Jok baris kedua adalah posisi paling aman untuk menempatkan anak-anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ISOFIX adalah perangkat keselamatan standar bagi penumpang anak-anak dalam sebuah mobil. Namun fitur ini hanya terpasang ada jok penumpang belakang baris kedua. Mengapa?

Menurut ketentuan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat (AS), setiap anak-anak yang ikut dalam sebuah perjalanan menggunakan mobil penumpang, wajib duduk pada jok belakang baris kedua. Sementara untuk anak-anak berusia 8 tahun ke bawah saat berada di dalam mobil harus menggunakan child seat.

Ketentuan ini diumumkan demi mencegah anak-anak terhindar dari risiko berat saat mobil mengalami kecelakaan. Jika ISOFIX adalah perangkat yang diletakkan pada jok penumpang depan, maka pada bagian dashboard umumnya sudah dipasang juga airbags. Manakala kantung udara ini mengembang saat terjadi benturan, maka airbag malah berisiko menutupi wajah si anak yang tengah duduk di child seat. Belum lagi adanya ancaman pecahan kaca depan yang juga sangat rawan mengenai muka si buah hati.

Karena itulah posisi duduk anak-anak dianggap paling aman pada jok baris kedua. Sehingga ISOFIX pun terpasang pada jok baris kedua. Bukan di jok penumpang depan atau jok penumpang paling belakang yang juga memiliki risiko cidera cukup tinggi manakala terjadi tubrukan dari belakang.

>>>  Ini dia alasan kenapa Fitur ISOFIX Dipasang di Bangku Baris Kedua?

4. Bisakah ISOFIX Dipasang Optional?

Konstruksi ISOFIX pada jok mobil

ISOFIX sudah menyatu dengan konstruksi jok mobil yang dibuat produsen mobil

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak tips dan trik mengemudi yang berguna lainnya

Mungkin banyak juga pertanyaan yang muncul, seandainya mobil belum dilengkapi ISOFIX bisakah dipasang secara optional? Jawabanya tentu saja tidak bisa. Mengingat ISOFIX adalah merupakan fitur yang sudah dirancang oleh pabrikan kendaraan agar terpasang presisi dalam konstruksi jok penumpang baris kedua.

ISOFIX wajib memenuhi tiga prinsip dasar keselamatan yang sudah ditetapkan dalam ISO. Pertama wajib mengikuti kontur tubuh anak-anak. Kedua mampu menahan tubuh anak-anak agar tidak terlepas dari kursi meskipun terlibat benturan sangat keras atau bahkan menyebabkan mobil terguling. Ketiga wajib memiliki sabuk pengaman yang bisa tetap menjaga tubuh anak tetap berada pada kursi saat terjadi kecelakaan.

Dengan demikian ISOFIX adalah perangkat yang wajib tertanam dalam satu rangkaian konstruksi sebuah jok mobil yang didesain oleh pabrikan otomotif tersebut. Demi menjamin keselamatan penumpangnya, ISOFIX juga tidak bisa dicopot pasang terpisah.

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya seputar mobil disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top