9 Jenis Oli Mobil Honda yang Wajib Diketahui

21/12/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
9 Jenis Oli Mobil Honda yang Wajib Diketahui
Honda Prospect Motor menawarkan berbagai jenis oli mobil Honda bagi konsumennya di Indonesia. Oli ini ada yang untuk oli mesin, oli power steering, oli transmisi, dan juga oli rem. Semuanya diklaim mampu memberikan perlindungan tambahan dan membuat berkendara jadi lebih hemat bahan bakar.

Saat ini rasanya hampir setiap produsen mobil mengeluarkan oli untuk produknya sendiri. Begitu pun dengan Honda yang mempunyai Honda Automobile Oil yang direkomendasikan sebagai oli mobil Honda yang cocok digunakan semua tipe mobil Honda di Indonesia.

Tentunya ini menjadi keuntungan bagi Anda terutama para pemakai mobil Honda, sehingga tak perlu pusing lagi untuk menemukan oli apa yang pas dengan spesifikasi mobil Honda kesayangan Anda. Mengingat dipasaran sana banyak sekali ditemukan berbagai merk dan tipe oli mobil yang semuanya diklaim adalah oli mobil terbaik. Tak ayal kondisi itu malah membuat Anda jadi semkin bingung menentukan pilihan.

Nah asyiknya lagi, Honda juga ternyata bukan cuma mengeluarkan oli mesin mobil Honda, tapi juga ada oli mobil Honda untuk transmisi, baik tipe transmisi manual maupun oli matic mobil Honda, oli power steering, serta oli rem. lalu apa saja oli Honda mobil yang sudah dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia? Simak penjelasan Cintamobil.com berikut ini.

>>> Jurus Honda Sambut Peningkatan Penjualan Mobil di Indonesia Akhir Tahun

1. Oli Mobil Honda E-Pro Gold 0W-20

Oli Honda EPro Gold

Oli untuk mobil premium Honda

Oli Honda mobil yang pertama akan kita bahas adalah tipe E-Pro Gold. Ini adalah oli mesin mobil Honda yang direkomendasikan untuk tipe mobil Honda modern. Karena selain memiliki spesifikasi SAE 0W-20 dengan kekentalan yang cukup encer, oli berjenis full sintetis ini juga memiliki kandungan teknologi khusus unutk bisa memberikan perlindungan terhadap ruang mesin sekaligus menciptakan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Adapun teknologi yang terdapat di oli ini adalah aditif berupa Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, dan Anti-Abrasion. Ketiganya mampu membersihkan ruang mesin dari kerak sisa hasil pembakaran yang kemudian menjaganya agar mesin tetap bersih, serta memberikan perlindungan agar tidak terjadi gesekan dari tiap komponen dibagian dalam mesin sehingga mesin bisa terus bekerja dengan optimal.

2. Oli Mobil Honda E-Pro Turbo 0W-20

Oli Honda EPro Tubro

Untuk mobil Honda yang sudah menggunakan mesin turbo

Oli Honda E-Pro Turbo disediakan oleh HPM untuk mobil-mobil Honda yang telah menggunakan teknologi turbo pada mesinnya, seperti Civic Turbo dan Civic Type R. Spesifikasinya tetap memiliki SAE 0W-20 dan berjenis oli full sintetis yang memiliki kandungan teknologi untuk memberikan perlindungan terhadap ruang mesin sekaligus menciptakan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Aditif yang terdapat di pelumas ini juga masih berupa Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, dan Anti-Abrasion. Ketiganya mampu membersihkan ruang mesin dari kerak sisa hasil pembakaran yang kemudian menjaganya agar mesin tetap bersih, serta memberikan perlindungan agar tidak terjadi gesekan dari tiap komponen mesin.

3. Oli Mobil Honda E-Pro Blue 5W-30

Oli Honda Epro Blue

Pakai botol dengan aksen dan penutup warna biru

Sesuai namanya, oli mesin mobil Honda ini hadir dengan kemasan botol beraksen serta menggunakan tutup berwarna biru. Spesifikasinya memiliki SAE 5W-30 dengan jenis pelumas full sintetis yang punya teknologi khusus untuk memberikan proteksi terhadap ruang mesin untuk menciptakan efisiensi dalam berkendara.

Oli ini juga oleh Honda telah diberi aditif tambahan seperti Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, Anti Abrasion dan Detergent. Sehingga pelumas mampu membersihkan ruang mesin sekaligus menjaga setiap komponen mesin agar tetap bersih, dan memberikan perlindungan guna memastikan semua komponen itu dapat terus selalu bekerja dengan maksimal.

>>> Rekomendasi Oli Mobil Ayla Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Mesin

4. Oli Mobil Honda E-Pro Green 10W-30

Oli Honda Epro Green

Botolnya pakai aksen warna hijau

Kalau oli mesin mobil Honda yang satu ini menggunakan tutup dan kemasan beraksen warna hijau. Spesifikasi pelumas full sintetis itu memiliki kekentalan 10W-30 yang diklaim cocok untuk digunakan oleh hampir semua mobil Honda yang beredar di Indonesia.

Sama seperti varian oli mobil Honda lainnya, pelumas ini juga sudah diberi aditif tambahan seperti Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, Anti Abrasion dan Detergent. Sehingga pelumas mampu membersihkan ruang mesin sekaligus menjaga setiap komponen mesin agar tetap bersih, dan memberikan perlindungan guna memastikan semua komponen itu dapat terus selalu bekerja dengan maksimal.

5. Oli Power Steering Honda PSF-S

Oli Honda PSF

Oli untuk sistem power steering mobil Honda

Sesuai namanya, Honda PSF-S merupakan oli power steering yang bisa digunakan untuk semua jenis mobil Honda. Umumnya oli ini dipasarkan oleh Honda Indonesia hanya dengan kemasan 1 liter dengan botol berwarna dasar putih dan memiliki aksen merah serta sedikit tambahan biru pada bodi botol, serta menggunakan tutup warna merah.

6. Oli Honda MTF

Oli Honda MTF

Oli untuk mobil Honda bertransmisi manual

Kalau oli mobil Honda yang satu ini adalah pelumas untuk transmisi manual pada mobil Honda. MTF sendiri merupakan singkatan dari Manual Transmission Fluid. Dan karena dibuat sendiri oleh Honda, maka oli ini cocok digunakan untuk semua mobil Honda yang bertransmisi manual. Kemasannya sendiri hanya 1 liter dengan botol berwarna dasar putih dan memiliki aksen merah dan biru serta memakai tutup warna merah yang terlihat khas.

>>> Menghitung Cicilan Mobil Honda Untuk Pembelian Kredit

7. Oli Honda CVTF

Oli Honda CVTF

Oli untuk mobil Honda bertransmisi CVT

Kalau pelumas yang satu ini adalah oli matic mobil Honda yang sudah menggunakan transmisi tipe CVT atau Continuously Variable Transmission. Botolnya tetap menggunakan warna dasar putih dengan aksen merah dengan dengan sedikit tambahan warna oranye serta tutupnya tetap berwarna merah. Namun oli CVTF Honda ini memiliki kemasan berukuran 1 liter dan 3,5 liter yang sudah diperhitungkan sesuai kebutuhan oli transmisi CVT di mobil-mobil Honda.

8. Oli Honda ATF

Oli Honda ATF

Oli untuk mobil Honda matic yang belum CVT

Jika oli sebelumnya untuk mobil Honda bertransmisi CVT, maka kalau oli yang satu ini oli matic mobil Honda yang non CVT. Kemasannya tetap berwarna dasar putih dengan tutup merah, namun pada bagian tengah botol ada aksen merah serta biru. Karena Honda menyediakan oli untuk transmisi manual, matic, dan CVT, maka sebaiknya periksa terlebih dulu jenis transmisi di mobil Anda sebelum ganti oli mobil Honda ini ya.

9. Oli Honda BF Ultra

Oli Rem Mobil Honda

Oli untuk rem

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, oli mobil Honda yang dipasarkan HPM bukan hanya oli untuk mesin tapi juga cairan rem pun ada. Misalnya Honda BF Ultra ini. BF merupakan singkatan dari Brake Fluid dan pada kemasan tertera jika oli rem ini memiliki spesifikasi DOT 3 yang bisa digunakan pada semua jenis mobil Honda di Indonesia.

Itu tadi beberapa oli mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia. Ada oli untuk mesin, oli power steering, oli transmis, dan juga oli rem. Pastikan memeriksa spesifikasi mobil Honda Anda terlebih dulu ya sebelum ganti oli, supaya oli yang digunakan sesuai kebutuhan mobil tersebut.

>>> Jangan lupa untuk klik tips dan trik guna menemukan tips menarik lainnya tentang mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Saatnya Ganti Oli? Ini Oli Mobil Terbaik untuk Toyota Avanza Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Kesalahan dalam memilih oli sangat mungkin berdampak buruk pada mobil Anda. Karena itu, Cintamobil.com berikut tips memilih oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza Anda.

Lihat juga

Rekomendasi Oli Mobil Ayla Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Mesin

09/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Buat Anda para pemilik sebaiknya ganti oli mobil Ayla Anda agar performa kendaraan selalu terjaga. Berikut rekomendasi oli mobil Ayla terbaik yang bisa dipilih.

Lihat juga

Tips Memilih Oli Mobil Terbaik untuk Fortuner Diesel Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Toyota Fortuner dipasarkan dengan dua pilihan bahan bakar, diesel dan bensin. Ini dia tips bagi yang ingin mendapatkan oli mobil terbaik untuk Fortuner diesel.

Lihat juga

Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

21/08/2017

Perawatan dan service

2 menit

Semua mobil memiliki sistem power steering hidrolik yang membantu pengemudi untuk memutar setir dengan ringan. Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa ketinggian oli power steering dan menambahkannya kalau diperlukan

Lihat juga

Segini Biaya Ganti Oli Mobil Sendiri dan di Bengkel

17/08/2020

Perawatan dan service

8 menit

Saat hendak ganti oli mobil, sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentunya ini akan jauh lebih hemat dari pada ke bengkel umum atau bengkel resmi.

Lihat juga
 
back to top