Mengenal Jenis Oli Mobil Daihatsu Genuine Oil dan Kapasitas Oli Mesin

30/06/2021

Perawatan dan service

4 menit

Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan yang mempunyai tugas melakukan pelumasan terhadap komponen yang saling bergesekan. Bahkan terdapat fungsi lain yang dapat membuat kinerja mesin mobil jadi maksimal. Nah oli mobil Daihatsu menjadi salah satu bagian pada mobil Daihatsu yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Peranan oli pada kendaraan sangatlah penting karena berhubungan dengan performa mesin dan kenyamanan berkendara bisa didapatkan, termasuk bagi Anda pengguna mobil Daihatsu. Jadi oli mobil Daihatsu sangat penting untuk dilakukan penggantian dan memastikan dilakukan secara berkala supaya tidak ada masalah pada mesin mobil.

Berhubungan dengan oli, Daihatsu Genuine Oil merupakan hasil dari kerjasama antara pihak PT Pertamina Lubricants dengan Daihatsu. Produksi oli yang dilakukan tidak sembarangan karena disesuaikan dengan standar kualitas dari pabrik Daihatsu. Selain itu, pengujian juga dilakukan secara global  sehingga dapat memberikan kepercayaan terhadap masyarakat terkait oli Daihatsu genuine Oil yaitu DGO 10W-40 dan DGO 5W030.

Di pasar otomotif Indonesia juga sudah beredar oli yang sudah dikenal oleh Sahabat Daihatsu dan terpercaya. Untuk beberapa contoh oli mobil Daihatsu adalah Daihatsu Genuine Oil 0W-20 dan juga Automatic Transmission Fluid (ATF). Selain itu ada juga Manual Transmission Fluid dan Differential Gear Oil.

Gambar ini menunjukkan Daihatsu Genuine Oil kemasan 1 liter

Oli jadi bagian penting pada kendaraan perlu diperhatikan

>>> Yuk, Cek Rekomendasi 3 Oli Mobil Diesel Terbaik

Jenis oli mobil Daihatsu Genuine Oil (DGO)

Berkaitan dengan oli DGO 10W-40 dan DGO 5W030, berikut ini kami berikan beberapa keunggulan yang dimiliki diantara keduanya.

Oli Daihatsu 5w-30

Kedua jenis oli dalam pembahasan ini terdapat keunggulan sendiri-sendiri secara spesifik. Untuk oli jenis DGO 5W-30 yang menggunakan spesifikasi API SN/GF-5 dapat memberikan perlindungan terhadap mesin supaya tetap dalam keadaan prima. Selain itu, oli jenis tersebut juha bisa memberikan dukungan terhadap akselerasi kendaraan dan bahan bakar yang lebih hemat.

Mobil Daihatsu yang bisa memanfaatkan oli jenis ini adalah yang menggunakan mesin berjenis NR dan KR seperti mobil Daihatsu Sigra, All New Terios, Ayla dan Grand New Xenia.

Oli Daihatsu 10W-40

Pada oli jenis DGO 10W-40 yang menggunakan spesifikasi API SN adalah pelumas jenis sintetis. Dimana oli tersebut bisa memberikan perlindungan terhadap mesin dengan maksimal meskipun lalu lintas sedang dalam kondisi berat. Adapun mobil Daihatsu yang bisa menggunakan oli jenis ini adalah mobil dengan mesin 3S, K3 dan EJ meliputi Daihatsu Sirion, Gran Max, Terios dan Xenia.

Sedikit membahas tentang oli sintetis. Dimana keunggulan yang dimiliki bisa membuat mesin tetap terjaga sehingga selalu dalam keadaan prima, saat lalu lintas padat mesin terlindung, tarikan jadi lebih responsif dan bahan bakar bisa lebih hemat. Berkat beberapa manfaat tersebut membuat mesin jadi mudah dirawat, hemat bbm, responsif dan juga awet.

Ditambah lagi jika mobil Daihatsu memakai secara teratur Daihatsu Genuine Oil maka kinerja mesin tetap terjaga dengan baik. Hal tersebut bisa didapatkan meskipun dalam kondisi stop and go ataupun ketika melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi.

>>> Oli Mesin Daihatsu Rocky Turbo Bisa Pakai Kepunyaan Ayla & Sigra

Gambar ini menunjukkan 3 jenis oli dengan ukuran 3,5 liter dan SAE berbeda

Terdapat beberapa jenis oli Daihatsu Genuine Oil

Oli mobil Terios berapa liter?

Kali ini kami juga akan membahas sedikit mengenai oli mobil Daihatsu Terios. Sebelum pembahasan lebih lanjut, yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli mesin. Jadi untuk Terios dilakukan ketika telah digunakan sejauh 10.000 km, dalam waktu normal biasanya ditempuh dalam waktu 6 bulan. Kalau jenis oli apa saja yang perlu diganti disesuaikan dengan komponen yang dilakukan servis. Bisa saja hanya oli mesin atau oli lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pada mobil.

Soal oli mobil Terios berapa liter, untuk kapasitasnya adalah 2,7 liter itu untuk mesin. Akan tetapi bila melakukan penggantian filter olu mobil maka kapaitas dari oli yang bisa ditanggung oleh mesin Daihatsu Terios mencapai 3 liter.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika mengisi oli mesin. Jadi ketika melakukan pengisian secara berlebihan bisa menjadi penyebab terjadi masalah. Adapun salah satu akibatnya adalah beban mobil jadi tambah berat. Hal tersebut disebabkan yang bekerja melumasi komponen kendaraan lebih banyak. Bahaya selanjutnya adalah performa malah menurun dan mesin jadi cepat panas. Untuk yang terakhir adalah bisa menjadikan kebocoran pada bagian mesin karena ruang untuk menampung oli tidak cukup karena olinya berlebihan.

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Terios tampak bagian depan

Sebuah mobil Daihatsu nyaman untuk temani aktivitas sehari-hari

Sementara untuk SAE oli mesin terios sudah disebutkan di atas. Bahwa menggunakan DGO 10W-40 bisa untuk Terios, begitupun dengan DGO 5W-30 juga bisa dipakai untuk mobil All New Daihatsu Terios. Untuk lebih meyakinkan bisa melihat buku manual kendaraan atau menanyakan kepada mekanik bengkel resmi Daihatsu saat servis berkala.

Pemilik mobil Daihatsu saat ingin membeli oli untuk kendaraannya tentu harus mengetahui berapa yang dibutuhkan untuk penggantian. Nah sebelumnya konsumen bisa mendapatkan oli DGO dengan 4 botol dan per botolnya adalah 1 liter. Pihak pabrikan memberikan kemudahan dan menjadi semakin cicik pada mesin mobil dengan menghadirkan 1 botol dengan ukuran 3,5 liter. Dimana kemasan baru tersebut dihadirkan secara virtual pada bulan Desember 2020. Berkat kehadirannya membuat konsumen bisa lebih hemat 17%.

>>> Waspada Bahaya Isi Oli Mobil Melebihi Batas Maksimum

Gambar ini menunjukkan pengisian mesin mobil dengan oli Daihatsu Genuine Oil

Mengisi oli secara berlebihan juga ada bahayanya

Sementara untuk harga oli mobil Daihatsu ukuran 3,5 liter tersebut bervariasi tergantung jenis olinya. Untuk jenis 10W-40 SN harganya adalah Rp. 270.000, kemudian untuk 5W-30 SN harganya berada di angka Rp. 325.000 dan 0W-20 SN dibanderol Rp.400.000. Harga tersebut berdasarkan informasi  pada saat diluncurkan, bisa saja ada perbedaan dengan di daerah Sobat. Hanya saja untuk perbedaannya tidak terpaut terlalu jauh. Di situs jual beli online, harga Daihatsu Genuine Oil masih berada di kisaran tersebut.

Sementara itu, sedikit memberikan informasi tentang kapasitas oli mesin pada beberapa mobil Daihatsu. Berikut informasinya:

  • Daihatsu Xenia 1000 cc kapasitas oli tanpa ganti filter 2,1 liter dan 2,3 liter dengan filter
  • Daihatsu Xenia 1300cc kapasitas oli tanpa ganti  filter  2,7 liter tanpa filter dan 3 liter dengan filter
  • Daihatsu Ceria kapasitas oli tanpa ganti  filter  2,1 liter tanpa filter dan 2,3 liter dengan filter
  • Daihatsu Espass kapasitas oli tanpa ganti  filter  3,7 liter tanpa filter dan 4 liter dengan filter
  • Daihatsu Taft/Rocky Diesel kapasitas oli tanpa ganti filter  5,5 liter tanpa filter dan 6 liter dengan filter
  • Daihatsu Sigra 1000 cc kapasitas oli tanpa ganti filter  2,5 liter tanpa filter dan 2,7 liter dengan filter
  • Daihatsu Sigra 1200 cc kapasitas oli tanpa ganti filter  2,7 liter tanpa filter dan 3 liter dengan filter
  • Daihatsu Sirion kapasitas oli tanpa ganti filter  2,8 liter tanpa filter dan 3,1 liter dengan filter

gambar ini menunjukkan bengkel resmi Daihatsu dengan mekanik dan mobil di servis

Serahkan servis dan penggantian oli di bengkel resmi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang jenis oli mobil Daihatsu dan beberapa informasi menarik lainnya. Semoga bisa memberikan manfaat buat Sobat pembaca semua dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lain yang tentunya sangat bermanfaat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana cara mengetahui oli yang tepat untuk mobil Daihatsu?
Oli yang tepat pada mobil Daihatsu bisa melihat buku manual kendaraan atau menanyakan langsung ke mekanik bengkel resmi.
Bagaimana jika oli mesin mobil tidak diganti?
Resiko terjadi masalah pada mesin bahkan bisa terjadi kerusakan parah karena pelumasan tidak terjadi dan beberapa komponen saling beradu secara langsung.
Bolehkan menggunakan oli mesin selain Daihatsu pada mobil Daihatsu?
Boleh saja asalkan spesifikasi oli sesuai rekomendasi pabrikan mobil, alangkah baiknya bertanya kepada mekanik terpercaya dalam hal ini.
 
back to top