Waspada Bahaya Isi Oli Mobil Melebihi Batas Maksimum

26/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Waspada Bahaya Isi Oli Mobil Melebihi Batas Maksimum
Saat isi oli mobil sangat penting untuk mengetahui batas kapasitas oli di mesin kendaraan tersebut. Tidak boleh kurang, dan juga jangan diisi berlebihan.

Oli mobil bertugas melumasi seluruh bagian komponen mesin agar pergerakannya selalu lancar. Dengan oli, antara komponen-koponen di mesin itu tidak terjadi gesekan berlebih secara berulang-ulang sehingga memperpanjang usia pakai komponen tersebut.

Untuk itulah oli mesin harus selalu rutin diganti demi menjaga kualitasnya. Namun saat melakukan penggantian oli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu selain wajib menyesuaikan spesifikasi oli yang bakal digunakan dengan spesifikasi mesin, juga perlu isi oli mobil sesuai batas yang sudah ditetapkan. Tidak boleh kurang, bahkan juga jangan berlebih.

Sebab ternyata jika isi oli mesin mobil melebihi batas yang telah dianjurkan pabrkan kendaraan tersebut, bakal terjadi kerusakan di komponen-komponen bagian dalam mesin.

>>> Gear Oil Suzuki ECSTAR Jamin Pelumasan Optimal

Ketahui Batas Kapasitas Oli Mesin Mobil

Kapasitas Oli Mesin Mobil

Kapasitas dan spesifiaksi oli yang diajurkan pabrikan, ada pada buku manual

Apabila melakukan pengisian oli baru untuk menggantikan oli yang sebelumnya sudah terpakai dalam jarak waktu tertentu, maka Anda wajib mengetahui kapasitas oli di mesin mobil tersebut. Kapasitas oli mesin ini ada pada buku petunjuk pedoman pemilik kendaraan yang biasanya diserahkan pihak dealer ketika Anda membeli mobil.

Atau Anda juga bisa berpatokan pada dipstick oli mobil yang posisinya ada di dekat blok mesin. Dari dipstick ini biasanya kan terlihat garis batas minimal dan garis batas maksimal oli mesin mobil tersebut.

>>> Flush Oli Matic Secara Berkala Membuat Transmisi Otomatis Tetap Prima

Jangan Sampai Melebihi Batas Maksimal Kapasitas Oli Mesin Mobil

Banyak orang beranggapan, saat isi oli mesin mobil maka boleh sedikit dilebihkan dari batas maksimal yang sudah dtentukan pabrikan mobil. Alasannya, sifat oli yang cenderung menguap tentu akan membuat kuantitas oli di mesin mobil lama kelamaan berkurang. Dengan mengisi oli sedikit melebihi batas maksimum, maka si pemilik kendaraan itu tak perlu lagi khawatir oli akan berkurang.

Dipstick Oli

Pastikan oli tidak melebihi batas maksimal

>>> Review Hyundai i20 2020: Wujud Identitas Baru Hyundai

Anggapan ini jelas keliru. Sebab pabrikan mobil sudah menentukan seberapa banyak oli yang perlu ada di ruang mesin kendaraan tersebut. Dikutip dari laman Hyundai Indonesia, etika oli diisi sampai melebihi batas maksimum, komponen harus bekerja ekstra karena oli membanjiri internal mesin.

Selain itu, apabila kondisi mesin diisi penuh dengan oli, maka mesin akan mengalami tekanan yang berlebih pada saat mesin bekerja. Jika tekanannya sangat tinggi, komponen internal mesin pun bisa mengalami kerusakan. Selain itu, paking atau gasket pada mesin baik di karter oli, engine head, dan paking lainnya, bisa mengalami kebocoran karena mengalami tekanan yang terlalu besar.

Jadi, sebaiknya perhatikan seberapa banyak Anda menuangkan oli mobil ke mesin tersebut ya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top