Musim Hujan Datang, Tips Jaga Kondisi Bodi dan Kaca Mobil Tetap Bersih

12/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ketika musim hujan datang, mobil akan lebih sering terlihat dalam kondisi kotor. Bukan hanya karena cipratan air tapi juga bekas air (water spot) yang membuat mobil terlihat kusam. Ada cara untuk menjaga kondisi bodi dan kaca mobil tetap bersih.

Mobil selalu terlihat bersih tentu impian semua orang. Untuk menjaga kondisi kaca dan bodi mobil tidak mudah kotor saat musim hujan, saat ini tidak terlalu sulit. Salah satu cara yang mudah dan bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah menggunakan water repellent. Sudah banyak merek yang mernawarkan produk ini di pasaran, salah satunya adalah Mitsubishi Motors melalui produk genuinenya. Water repellent sendiri adalah produk kimia yang dikhususkan perawatan eksterior seperti bodi luar, kaca dan cat.

Cara kerja dari water repellent, menurut Ronald Reagan, Department Head of After Sales Marketing and Development PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) adalah mampu menghadirkan efek daun talas pada permukaan cat bodi mobil. Sehingga saat musim hujan tiba, air yang terkena bodi akan terlihat seolah-olah tidak menempel pada permukaan cat dan kaca mobil. Pengaplikasiannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu orang yang ahli.

>>> Ingin membeli mobil baru terbaik lainnya? Dapatkan informasinya hanya di sini

Cuci mobil terlebih dahulu sebelum memakai water repellent

Sebelum memakai water repellent pada bodi dan kaca mobil, cuci mobil terlebih dahulu hingga bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci mobil terlebih dahulu hingga bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa pada kaca dan bodi mobil setelah dicuci. Setelah mobil dalam keadaan kering, siapkan water repellent serta dua kain microfiber yang kering dan bersih. Langkah selanjutnya adalah semprotkan cairan water repellent ke permukaan bodi dan kaca mobil. Jangan langsung dilap, diamkan beberapa menit agar kandungan kimianya melekat sempurna pada bodi dan kaca mobil.

Setelah dilap dengan kain pertama, poles lagi permukaan kaca dan bodi mobil dengan kain microfibre lainnya untuk menghilangkan sisa-sisa cairan water repellent yang belum terangkat pada kain microfibre pertama. Efek daun talas pun akan langsung terlihat ketika mobil terpapar air hujan. Bila Anda ingin mengujinya bisa menggunakan semprotan air bertekanan apakah sudah terlindungi dengan water repellent atau belum. Untuk satu kali pemakaian mobil umumnya dibutuhkan sekitar 50 ml water repellent. Sehingga bila ada sisa pada cairan water repellent bisa Anda simpan untuk digunakan kembali kedepannya.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

Poles mobil dengan kain microfibre

Cukup dengan kain microfibre untuk mengelap bodi dan kaca untuk mengaplikasikan water repellent

Lakukan pemolesan dengan water repellent secara rutin minimal sebulan sekali agar efek daun talas tetap terlihat pada mobil Anda. Pemakaian water repellent tidak hanya membantu mobil tetap terlihat bersih, tapi juga mencegah jamur pada kaca dan bodi mobil. Sehingga untuk jangka panjang, penggunaan water repellent bisa menjaga bodi dan kaca mobil tetap apik. Efeknya ketika Anda ingin menjual mobil Anda bisa menaikkan harga jual.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

 
back to top