Tips Dasar Untuk Mengurangi Kaca Mobil Berkabut Ketika Musim Hujan

15/01/2018

Pengemudian
Share this post:
Tips Dasar Untuk Mengurangi Kaca Mobil Berkabut Ketika Musim Hujan
Dengan musim hujan yang ada sekarang, terkadang kaca mobil dipenuhi dengan kabut yang mengganggu penglihatan dalam mengemudi. Dengan tantangan tersebut, mengemudi diwaktu hujan menjadi lebih besar. Lalu, bagaimana mengurangi kaca mobil berkabut sewaktu hujan?

Kabut yang ada pada jendela mobil sangat menggangu perjalanan anda. Biasanya, hal yang lumrah dilakukan oleh pengemudi adalah membersihkan kaca tersebut menggunakan lap atau tangan. Namun, Cintamobil akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi kaca mobil berkabut ketika hujan.

1. Jangan langsung menghidupkan pemanas

Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh pemilik mobil modern adalah menyalakan pemanas mobil untuk menghangatkan mobil. Penghangatan ini akan membuat bagian dalam mobil menjadi hangat dan menghilangkan kabut pada kaca mobil. Tapi, anda seharusnya tidak boleh menyalakan pemanas langsung saja begitu mobil dihidupkan. Panas yang dihasilkan dari pemanas akan langsung ditarik lagi dari sistem pendingin mesin.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang menyalakan pemanas pada dashboard mobil

Jangan terburu-buru dalam menghidupkan pemanas mobil

Jika anda menghidupkan pendingin udara langsung, pendingin akan mengambil sedikit kehangatan yang diciptakan mobil. Jangan hidupkan penghangat anda selama 5 sampai 10 menit. Setelah itu, anda bisa menggunakan penghangat dan membersihkan kaca depan anda lebih cepat daripada langsung menyalakan ketika mobil baru dihidupkan.

2. Jika ingin cepat, bersihkan secara manual

Jika anda sedang terburu-buru, menggunakan lap tangan atau membersihkan dengan lengan baju anda bisa menjadi solusi. Namun, hal ini bisa membuat masalah baru. Mengelap kaca depan sembarangan akan membuat kaca depan menjadi kotor dan berminyak. Hal ini akan memudahkan kelembapan membuat kaca menjadi berkabut lagi.

Gambar yang memperlihatkan tangan yang sedang membersihkan kaca mobil dari dalam menggunakan lap

Bersihkan jendela mobil secara manual

Untuk itu, gunakan permbersih kaca yang bagus dan yang membersihkan kaca sehingga benar-benar bersih. Gunakan pembersih kaca yang bisa meningkatkan visibilitas ketika wiper anda tidak bisa melakukannya. Dengan membersihkan kaca, anda bisa mengurangi kelembapan yang ada sehingga mengurangi kaca mobil berkabut.

>>> Baca juga Tips berkendara yang aman ketika hujan

3. Periksa karpet untuk keretakan kaca

Jika anda selalu mengalami kaca berkabut setiap hujan atau di pagi hari karena embun, periksa karpet mobil anda dari air atau kelembapan yang ada. Jika karpet kaki anda terlalu basah, anda mungkin memiliki masalah dengan kaca depan.

Gambar yang memperlihatkan karpet kaki pada mobil basah dan lembab

Periksa kembali karpet kaki anda untuk menghindari keretakan kaca

Hal ini bisa terjadi ketika kaca depan retak, memiliki bagian yang pecah atau kebocoran di matriks pemanas anda. Kebocoran pada matriks pemanas bisa membuat anda kehilangan air di tangki induk. Saatnya mengganti kaca depan agar anda tidak mengalami kaca yang berkabut setiap kali hujan turun.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

4. Beberapa tips lain dalam mencegah kaca jendela berkabut

  • Bersihkan semua jendela dengan benar dari bagian dalam
  • Hapus embun beku dari kaca depan
  • Jangan gunakan spons atau kain untuk mengelap kaca depan
  • Gunakan waktu anda untuk menghangatkan mesin sehingga pemanas bisa menghilangkan kondensasi.

Gambar yang memperlihatkan kaca mobil yang basah terkena air hujan

Buka jendela sedikit untuk mengeluarkan kelembapan

  • Buka jendela sedikit untuk membiarkan kelembapan keluar. Hal ini bisa terjadi jika anda memiliki pakaian basah di dalam mobil. Letakan jaket yang basah di dalam bagasi atau di bagian belakang mobil
  • Ganti kaca depan yang retak atau terkelupas.

Mengurangi kaca mobil berkabut menjadi salah satu yang menjadi perhatian ketika musim hujan telah datang. Memperhatikan kaca depan merupakan salah satu cara untuk membuat anda bisa berkendara dengan nyaman dan meningkatkan fokus pada jalan. Keep safety riding, guys!

Untuk lebih detail, anda bisa memperhatikan video berikut ini

Share this post: