8 Inspirasi Modifikasi Xenia Biar Terlihat Wah

25/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi Xenia berikut ini bisa menjadi inspirasi jika Anda berniat untuk merombak penampilan kendaraan keluarga itu jadi makin keren dan mewah.

Modifikasi Xenia banyak dilkukan oleh pemilik mobil ini karena ingin kendaraannya berbeda dari pengguna Daihatsu Xenia lainnya. Mengingat populasi MPV (Multi Purpose Vehicle) 7 penumpang dari Daihatsu itu memang sangat banyak. Jadi bukan tidak mungkin Anda akan menemui Xenia yang serupa baik warna maupun tipenya. Kalau sudah ketemu kembaran seperti itu kan gengsi juga ya. Bisa-bisa salah masuk mobil lagi?! smileylaugh

Nah daripada kejadian zonk seperti itu, lebih baik modifikasi mobil Xenia Anda jadi lebih keren. Untuk membuat penampilan kendaraan kesayangan jadi terlihat berbeda dibanding sebelumnya tidak butuh dana yang terlalu banyak kok. Jika tepat melakukan kombinasi komponen-komponen yang akan dipasang termasuk pemilihan warnanya, maka mobil itu akan tampil jadi lebih wah.

Lalu seperti apa sih modif mobil Xenia yang bisa terlihat keren? Berikut ini akan kami suguhkan beberapa konsep modifikasi Xenia yang mungkin bisa jadi inspirasi Anda untuk modifikasi Xenia lama maupun baru.

1. Modifikasi Xenia 1000cc Biar Tenaganya Lebih Galak

Mesin Daihatsu Xenia 1000 cc

Mesin 1000 cc Xenia juga bisa dibuat lebih tangguh

Tidak seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga hadir dengan varian mesin 1.000 cc. Mesin ini digunakan untuk Xenia tipe terendah yang ciri khas utamanya masih menggunakan steel wheels alias velg besi. Beberapa pemilik Xenia tipe ini merasa jika tenaganya kurang responsif dibandingkan yang varian mesin 1.300 cc.

Untuk modifikasi mobil Xenia dengan keluhan seperti itu, bisa dengan cara membuat sirkulasi udara masuk dan keluar dari mesin lebih lancar. Yakni dengan mengganti filter udara aftermarket, dan membuat exhaust system baru supaya jalur udara semakin lapang. Jika terasa kurang, Anda bisa juga tambah dengan teknik polish porting agar sirkulasi udara dari luar menjadi lebih lancar.

>>> Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

2. Daihatsu Xenia Modif Simple Cuma Ganti Velg

Modifikasi Daihatsu Xenia 1000cc

Cukup pasang velg maksimal ring 16 untuk Xenia

Modifikasi Xenia berikutnya yang bisa Anda tiru adalah dengan sekedar mengganti velg mobil keluarga tersebut. Pada kondisi standar, Daihatsu membekali Xenia dengan velg 13 inci dan 14 inci, untuk yang 13 inci berjensi velg besi sementara yang 14 inci alloy wheel.

Jika ingin mengganti velg ke ukuran lebih besar, maka disarankan cukup naik 2 step, yakni maksimal menggunakan velg ukuran 15-16 inci. Tapi perhatikan spesifikasi dari velg tersebut, pastikan harus sesuai dengan PCD roda dari Daihatsu Xenia. Adapun PCD dari mobil Xenia adalah 4x114,3, sehingga jika ingin mengganti velg, pilihlah yang juga punya PCD serupa. Sebagai informasi, PCD Daihatsu Xenia juga sama dengan PCD Toyota Avanza, Toyota Kijang (selain Innova), dan Nissan Grand Livina.

3. Modifikasi Xenia 2005 Menolak Tua

Modifikasi Daihatsu Xenia 2005

Xenia pakai bemper depan Avanza tipe S

Jika Anda memiliki Daihatsu Xenia generasi awal, jangan dulu berkecil hati karena mobil tersebut sudah terlihat menua. Sebab ada beberapa trik untuk modifikasi Xenia lama biar terlihat segar kembali.

Misalnya dengan mengganti muka dari mobil ini menggunakan gril dari Xenia generasi di atasnya. Kemudian bemper depan juga bisa diganti dengan Xenia tahun muda. Bahkan beberapa ada yang modifikasi Xenia lama dengan memakai bemper dari Toyota Avanza tipe S.

>>> Cari Mobil Keluarga Terjangkau? Harga Daihatsu Xenia Bekas Sekarang Mulai Rp50 Jutaan!

4. Modifikasi Xenia 2008 Ceper Keren

Modifikasi Daihatsu Xenia Ceper

Bikin ceper Daihatsu Xenia cukup ganti per dan shock

Supaya mobil penampilannya terlihat berbeda dan lebih stand out memang satu diantaranya membuat kendaraan itu lebih dekat ke aspal alias ceper. Nah untuk membuat modifikasi mobil Xenia jadi ceper juga bukan perkara sulit. Sudah cukup banyak bengkel modifikasi kaki-kaki mobil yang memiliki ramuan pas untuk membuat modif mobil Xenia ceper tapi tetap nyaman buat harian.

Setelah bodi lebih rendah dari kondisi awal, maka sebaiknya pilih velg yang ukurannya lebih besar dari velg standar. Ini agar mobil tidak terlalu ceper dan merepotkan ketika harus melewati jalanan yang kurang rata.

>>> Tips Modifikasi Mobilio yang Simple dan Elegan Buat Harian

5. Modifikasi Xenia Xi Hitam Tampil Elegan

Modifikasi Diahatsu Xenia Hitam

Perhatikan kombinasi warna untuk modifikasi mobil hitam

Referensi berikutnya adalah jika Anda ingin modifikasi mobil Xenia hitam. Mengingat mobil hitam peminatnya juga banyak di Indonesia, termasuk dari para pemilik Daihatsu Xenia, maka untuk membuat mobil ini terlihat lebih elegan bisa dengan lakukan hal simple.

Kunci utamanya adalah kombinasi antara warna bodi dengan komponen aksesoris modifikasi yang hendak dipasang. Contohnya jika ingin modifikasi mobil Xenia hitam maka bisa pilih velg yang warnanya kontras. Antara lain putih, silver, atau chrome. Dengan cara ini saja, maka mobil akan terlihat jauh berbeda dari tampilan sebelumnya.

6. Modifikasi Xenia 2010 Bergaya Static

Modifikasi Daihatsu Xenia static

Ceper maksimal tentu akan mengurangi kenyamanannya

Untuk Daihatsu Xenia generasi kedua yang desainnya sudah terlihat modern, maka modifikasi yang dilakukan juga boleh bergaya ala mobil-mobil anak muda masa kini. Antara lain mobil dibuat sangat ceper dan ditopang velg diameter cukup lebar.

Opsi ceper ini pun bisa dengan beberapa cara. Mulai dari mengganti dengan velg aftermarket yang bisa membuat lebih ceper dan karakternya keras. Memotong ulir per bawaan Daihatsu Xenia, bahkan hingga memasang suspensi udara.

>>> Review Daihatsu YRV 2001, Pemanasan Sebelum Era Hegemoni Daihatsu Xenia Dan Toyota Avanza

7. Modifikasi Xenia 2013 Ala Family Adventure

Modifikasi Daihatsu Xenia pakai roofbox

Pakai roofbox siap adventure bersama keluarga

Modifikasi mobil Xenia tidak melulu harus tampil ceper, sebab bisa juga kok mobil ini hadir dengan wujud modifikasi yang berbeda. Misalnya bergaya ala mobil keluarga untuk adventure di akhir pekan.

Caranya bisa dengan mengganti velg yang ukurannya sedikit lebih besar dari velg standar, namun suspensi dibiarkan bawaan Xenia. Lantas dibagian atap dipasang juga roofbox sebagai tempat untuk membawa berbagai perlengkapan keluarga saat pelesiran. Teknik ini sebenarnya bisa juga diaplikasikan untuk modifikasi Xenia 2019 atau tahun-tahun lain.

8. Daihatsu Xenia Modif Offroad

Modifikasi Daihatsu Xenia offroad

Xenia juga bisa jadi mobil offroad

Terakhir inspirasi modif mobil Xenia yang bisa kami berikan adalah diubah menjadi mobil yang siap terjun ke medan offroad. Karena ternyata ada beberapa pemilik mobil ini yang menjadikan kendaraannya bisa andal melibas jalanan yang tidak beraspal.

Biasanya mobil ini akan dipasang suspensi lebih tinggi, menggunakan ban besar bertapak kasar, serta ditambah kawat penarik atau towing pada bagian depan maupn belakang. Sering kali modifikasi Xenia 2019 atau tahun lainnya yang bergaya offroad demi melintas jalan-jalan di daerah yang memang masih berupa tanah lumpur.

Itu tadi beberapa hasil modifikasi Daihatsu Xenia, baik untuk modifikasi Xenia 2019 maupun modifikasi Xenia lama, serta inspirasi untuk modifikasi mobil Xenia hitam atau warna lainnya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik guna mendpaatkan informasi terbaru dan menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Daiahtsu Xenia?
Biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi mobil termasuk Daihatsu Xenia ditentukan dari komponen modifikasi yang akan dipasang. Makin banyak yang dimodifikasi maka makin ebsar juga biayanya.
Bagaimana cara bikin Daihatsu Xenia ceper?
Untuk membuat Daihatsu Xenia lebih ceper maka ada beberapa cara. Pertama bsia potong ulir per bawaan Xenia 1-2 ulir. Kemudian bisa juga mengganti per dan shock menggunakan produk aftermarket atau dari komponen mobil lain. Kalau mau suspensi bsia disetting tinggi rendahnya bisa juga pakai suspensi model coilover custom atau pakai suspensi udara.
Bisakah Daihatsu Xenai dimodif jadi Toyota Avanza?
Mengingat antara Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza dibangun dari platform yang serupa, maka keduanya bisa saling subtitusi komponen. Mulai dari body part hingga komponen mesin.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top