Review Daihatsu All New Xenia 2022: Sahabat Keluarga (Sudah) Naik Kelas

12/11/2021

Share this post:

Daihatsu Xenia 2022

Editor rate:

Rp 221.000.000

Lihat promo

Daihatsu All New Xenia 2022 telah 'naik kelas' dari mobil keluarga entry level impian konsumen keluarga di Indonesia menjadi mobil keluarga yang lebih advance

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Sahabat Keluarga (Sudah) Naik Kelas
Review Daihatsu All New Xenia 2022: Sahabat Keluarga (Sudah) Naik Kelas
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Xenia 2022

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Xenia 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin Lega

Kombinasi Mesin & Transmisi CVT Berpotensi Hemat BBM

Trim Lengkap

Kekurangan

Tidak Tersedia Fitur Cruise Control

Height Adjuster Tak Tersedia & Setir Belum Telescopic

Kualitas Buatan Harusnya Bisa Lebih Baik Lagi

Daihatsu All New Xenia 2022 yang kami ulas secara lengkap untuk Anda ini memang benar-benar sudah 'going to the next level'. Bukan maksud naik kasta menjadi medium Multi Purpose Vehicle (MPV). Namun, dengan ubahan yang total, menurut kami membuatnya sudah layak disebut naik kelas.

Brosur Daihatsu Xenia 2004

Xenia tipe terendah dulu ditawarkan hanya Rp 60 jutaan

Anda bisa bayangkan, di masa awal kemunculannya 18 tahun silam Xenia ditawarkan sebagai MPV 'berhidung' Daihatsu dengan harga mulai Rp 60 juta (tipe Li varian 1.000 cc). Bandingkan dengan harga jual saat ini yang berada di angka Rp 190 jutaan untuk trim paling terjangkaunya.

Brosur Daihatsu Xenia 2003

Mobil impian, mobil pilihan jadi tagline Xenia kala itu

Mengutip info dari buku berjudul 17 Tahun Fenomena Avanza-Xenia di Indonesia karya M Syakur Usman, di buku itu disebutkan bahwa Xenia adalah perpanjangan proyek dari Batra (Basic Transportation) yang sempat 'disuntik' mati oleh prinsipal Daihatsu tahun 1998 akibat krisis moneter.

Program Daihatsu Setia

Program apresiasi loyalis Daihatsu Xenia by PT Astra Daihatsu Motor

Sedikit membahas mengenai sejarah Daihatsu Xenia. Xenia meluncur bersamaan dengan saudaranya yakni Toyota Avanza pada tanggal 11 Desember 2003 di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan. Saat itu terlihat jelas Avanza jadi mobil keluarga terjangkau yang prestise, sementara Xenia lebih ke fungsionalitasnya.

Sejarah Xenia

Perjalanan panjang Daihatsu Xenia di Tanah Air

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyediakan tiga tipe yakni Mi bermesin 1.000 cc 3-silinder dengan kode mesin EJ-DE. Lalu ada tipe Li pakai mesin yang sama dengan trim Mi, dan tipe Xi sebagai top of the line dengan mesin 1.300 cc 4-silinder yang sama dengan kepunyaan Avanza (K3-DE).

Sepanjang perjalanannya Daihatsu Xenia generasi pertama mendapat dua kali facelift yakni di bulan Juli 2006 ganti mesin berteknologi VVT-i + ubahan minor di tampilan eksterior, serta bulan September 2008 ada oenambahan dua warna baru yakni grey metallic & royal red metallic. Di November 2009 ada varian matik untuk mesin 1.300 cc.

Daihatsu Xenia generasi kedua tahun 2011

Daihatsu Xenia generasi kedua muncul tahun 2011

8 Tahun sejak kemunculannya Daihatsu sadar mereka harus berbenah dan melakukan lebih. Ganerasi kedua Xenia muncul di hadapan publik pada bulan November tahun 2011. Nomenklatur Xenia pun berubah. Trim Mi, Li, dan Xi ditiadakan. Sebagai gantinya ada tipe D, M, dan R sebagai tipe tertinggi.

Brosur Daihatsu Xenia 2011

Brosur Daihatsu Xenia generasi kedua

Jantung pacu 1.000 cc 3-silinder VVT-i (EJ-VE) masih tetap dipertahankan untuk Daihatsu Xenia tipe D dan trim M. Sedangkan mesin 1.300 cc 4-silinder VVT-i (K3-VE) mereka hanya ada di tipe R. Oh ya nama trim di Xenia ini cukup banyak, dari Standar, Deluxe, Family, dan Sporty.

Eksterior belakang Daihatsu Xenia 2011

Tahun 2013 Xenia generasi kedua mengalami minor improvement

Berbekal bodi yang lebih aerodinamis di Daihatsu Xenia generasi kedua ini membuat nilai hambatan koefisien menjadi lebih kecil, otomatis berdampak positif pada konsumsi BBM yang semakin hemat. Padahal mesin yang digunakan itu cenderung minim ubahan dibanding generasi sebelumnya.

Daihatsu Great New Xenia 2016

Tampilan Grand New Xenia semakin menawan setelah facelift

Bulan Agustus tahun 2015 Xenia kembali mendapatkan 'operasi' wajah. Kali ini tampilannya lebih keren dan cukup berubah drastis. Ada beberapa warna menarik di Daihatsu Great New Xenia ini, seperti warna cokelat seperti gambar yang kami sajikan di atas ini. Secara umum banyak penyempurnaan yang dilakukan ADM di sini.

Daihatsu Grand New Xenia 1500 2019

Tahun 2019 Xenia pertama kali mengusung mesin 1.500 cc

Bulan Januari 2019 sama seperti saudara kembarnya Daihatsu Xenia mendapat facelift terakhir di generasi kedua ini. Tampilan eksterior depan jadi highlight utama. Dan yang terpenting Xenia pertama kali mendapat pilihan varian 1.500 cc. Facelift ketiga ini bertepatan dengan 15 tahun Daihatsu Xenia eksis di Indonesia.

Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2022

Bisa dibilang Xenia generasi ketiga ini mengalami ubahan 180°

Akhirnya pada tahun 2021 ini, Daihatsu All New Xenia resmi mengaspal di Indonesia setelah sebelumnya diresmikan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Seperti yang kami bilang, ia kini jauh lebih dewasa dan mapan. Lantas, seperti apa sih istimewanya mobil ini? Silahkan simak ulasan kami terhadap Daihatsu All New Xenia 2021 ini hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 184.5 - Rp 225.9 Juta
Rp 191.6 - Rp 255.8 Juta
Rp 214.45 - Rp 269.05 Juta
Rp 120.65 - Rp 163.4 Juta

Eksterior Daihatsu Xenia 2022

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Tampilan Depan

Daihatsu All New Xenia tampilannya kini semakin memikat dan anak muda banget. Aksen merah yang membentang di atas grille serta headlamp pada varian bermesin 1.500 cc tipe R ini membuat eksterior depannya terlihat dinamis.

Eksterior depan Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

All New Xenia yang kami ulas ini adalah tipe R bermesin 1.500 cc

Sebagai informasi Daihatsu Xenia generasi ketiga yang kami review ini bukan sebagai trim tertinggi. Masih ada lagi versi Astra Daihatsu Styling (ADS) yang dilengkapi dengan body kit yang lebih 'heboh' dan berkesan lebih anak muda.

Bumper depan Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Lubang-lubang ini juga berfungsi untuk mengarahkan angin guna mendinginkan rem depan

Bila Anda melihat foto di atas yang kami ambil, tampak beberapa lubang udara di airdam dan grille-nya. Hal ini bukan tanpa maksud, melainkan para insinyur di Daihatsu sengaja merancang hal ini agar target efisiensi aerodinamika dapat tercapai. Serta menjaga agar suhu di balik kap mesin tak lebih dari 80°.

Head Lamp Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Sayang lampu seinnya masih bohlam biasa

Pemilihan lampu utama berjenis bohlam LED (Light Emitting Diode) juga bukan tanpa alasan. Selain lebih terang dan hemat daya, ia juga punya respon lebih cepat dari jenis bohlam lainnya. Meski demikian foglamp mobil ini tetap menggunakan bohlam halogen agar punya kapabilitas lebih dalam 'menembus' kabut.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Tampilan Samping

Daihatsu Xenia generasi ketiga ini kini tumbuh lebih besar dibanding generasi kedua. Panjangnya bertambah 205 mm, lebarnya pun lebih melar 70 mm, serta tingginya lebih tinggi 5 mm (kecuali varian 1.300 cc yang lebih pendek 5 mm) dari Xenia generasi sebelumnya. 

Eksterior samping Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Wheelbase melar bikin kabin kian lega

Wheelbase (jarak sumbu roda) juga meningkat 95 mm yang berdampak positif pada kelegaan kabin mobil ini. Tak hanya itu, Ground Clearance juga lebih jenjang 5 mm dari Xenia sebelumnya. Meski untuk varian bermesin 1.300 cc jarak terendah ke tanahnya lebih ceper 5 mm dari Xenia generasi kedua.

Spion Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Rumah spion juga didesain agar lebih mudah 'membelah' angin

Hal ini dikarenakan perbedaan ukuran ban dan velg yang digunakan antara varian 1.300 cc dengan varian 1.500 cc. Bila Xenia 1.500 cc pakai ukuran roda  195/60R16, di Xenia 1.300 cc mengadopsi ukuran roda 185/65R15.

Ban & Velg Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Ban dan velg All New Xenia tipe R varian 1.5

Bila Anda perhatikan lebih detail di bagian kaki-kakinya kini menggunakan 5 baut roda dari sebelumnya hanya 4 baut roda. Pitch Circle Diameter (PCD) All New Xenia kini 5x100, sama dengan Toyota Sienta, dan Toyota 86.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Tampilan Belakang

Berlanjut ke bagian buritan, lekuk-lekuk bodinya kini makin dinamis dan sporty dengan kombinasi stoplamp yang punya efek tiga dimensi dan spoiler belakang yang terintegrasi dengan pintu bagasi.

Eksterior belakang Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Penerapan material Ultra-high Tensille mampu memangkas bobot hingga 45 kilogram

Penggunaan spoiler serta desain lampu belakang seperti itu bukan tanpa alasan atau gaya-gayaan semata. Pihak riset dan pengembangan Daihatsu Indonesia bilang desain seperti itu mampu meningkatkan aerodinamika pada mobil sehingga efeknya mobil bisa lebih efisien dalam mengolah BBM.

Bumper belakang Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Desain bumper mampu kurangi kebisingan angin

Demikian juga dengan bumper belakangnya. selain bikin enak dilihat karena punya tampilan yang sporty juga mampu meningkatkan konsumsi BBM. Coefficient drag yang baik akan berpengaruh ke wind noise (suara angin) dan juga konsumsi BBM.

>>> Baca juga review mobil Daihatsu lainnya:


Interior Daihatsu Xenia 2022

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Layout Dashboard

Masuk ke bagian interiornya, Anda langsung disambut dengan tata letak dashboard yang 100% baru. Meski padu padan warnanya hanya dua buah yakni hitam dan silver tetapi kesan canggih langsung terlihat dari penggunaan monitor di tengah dashboard yang mencerminkan kesan modern.

Layout dashboard Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Interior praktis dan modern

Karena didesain untuk orang Indonesia, maka seluruh tombol mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan. Hanya saja yang patut disayangkan menurut kami, seharusnya kualitas plastik di mobil ini bisa lebih baik lagi.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Kursi

Kursi di Daihatsu All New Xenia 2022 ini juga 100% baru. Saat kami coba terasa nyaman ketika diduduki karena kursinya empuk. Terlebih untuk kursi pengemudi dan penumpang depan kini lebih 'memeluk' tubuh ketika mobil bermanuver.

Kursi depan Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Kursi kini lebih memeluk tubuh

Menurut kami yang istimewa adalah pengaturan kursinya yang bisa diatur sebagai long sofa mode. Jadi sandaran kursi baris kedua direbahkan habis lalu headrest adjustable di kursi itu dicopot maka jadilah kursi sofa panjang yang dapat digunakan untuk bersantai.

Kursi Baris Kedua Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Kabin lega!

Terlebih lagi kursi baris kedua di All New Daihatsu Xenia ini dapat digeser maju-mundur dengan jarak 20 cm yang membuat pengaturan kursi lebih fleksibel. Kursi baris ketiganya juga memberikan jarak kaki cukup baik, demikian juga dengan ruang kepalanya.

Double Blower Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Blower AC di All New Xenia

Penumpang di baris ketiga pun tidak perlu khawatir, sebab AC double blower di mobil ini mampu mendinginkan kabin dengan cepat. Meski model kisi AC mobil ini agak mirip adiknya yakni Daihatsu Sigra, tetapi di All New Xenia dijamin lebih cepat dingin karena sudah pakai evaporator.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Ruang Penyimpanan

Kepraktisan kabin dari All New Xenia juga patut diacungi jempol. Terdapat banyak ruang penyimpanan baik terbuka maupun tertutup di mobil ini. Ambil contoh cup holder, untuk penumpang depan ada 6 buah (2 di masing-masing pintu + 1 pull type di sisi penumpang depan & 1 di depan kisi AC pengemudi).

Cup Holder Depan Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Cup Holder persis di depan kisi AC pengemudi

Empat cup holder untuk penumpang di baris kedua lalu ada empat lagi untuk penumpang baris ketiga. Selain itu masih ada Smartphone Pocket, Card Holder untuk menyimpan kartu uang elektronik Anda serta multi tray di bawah lantai bagasi belakang.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Bagasi

Salah satu efek positif dari berpindahnya layout penggerak dari penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive ke penggerak roda depan atawa Front Wheel Drive adalah para insinyur di Daihatsu bisa memaksimalkan kepraktisan kabin. Salah satunya adalah bagasi.

Bagasi Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Kapasitas bagasi memadai

Contohnya saat semua kursi digunakkan, ia masih memberikan volume bagasi sebesar 400 liter. Kapasitas bagasinya bisa lebih besar lagi saat kursi baris kedua dan ketiga dilipat ke depan. Ini akan menghasilkan lantai bagasi yang rata sehingga memudahkan Anda saat hendak meletakkan barang-barang bawaan.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Setir

Lingkar kemudi yang digunakan di All New Xenia juga anyar. Diameternya dan ketebalan setirnya terasa pas sehingga mantab untuk digenggam. Sayangnya, semua varian All New Xenia pengaturan setirnya hanya tilt (naik-turun) saja tanpa telescopic (maju-mundur).

Setir Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Tombol di spoke sebelah kiri itu untuk mengatur head unit dan MID (Multi Information Display)

Tapi sebenarnya menurut kami saat mencobanya, walau ia hadir tanpa telescopic sekalipun posisinya sudah cukup pas untuk kebanyakan orang Indonesia. Hal ini karena sudah disesuaikan postur tubuh orang indonesia sehingga bisa cover posisi mengemudi hanya dengan tilt steering. 

Fitur Daihatsu Xenia 2022

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Ringkasan Fitur Keselamatan

Pada Daihatsu All New Xenia tipe tertinggi yakni 1.500 R dengan Advance Safety Assist (A.S.A) dibekali dengan beragam fitur keselamatan tingkat lanjut yang mampu melindungi Anda dan keluarga agar selamat di jalan. Fitur ASA tersebut antara lain:

1. Pre-Collision Warning

Fitur yang tersemat di Daihatsu All New Xenia ini bertugas untuk mendeteksi risiko tabrakan depan. Sistem ini bisa aktif dengan memanfaatkan 'mata' yang terpasang di balik spion tengah. Apabila sistem mendeteksi mobil, motor, dan pejalan kaki yang ada di depan mobil, maka pengemudi diberi peringatan via suara (buzzer) dan lampu di panel instrumen dashboard.

2. Pre-Collision Braking

Anda tak perlu khawatir menabrak kendaraan di depan All New Xenia yang Anda kemudikan. Karena berkat fitur ini, mobil bisa melakukan pengereman otomatis untuk membantu pengemudi menghindari terjadinya tabrakan depan. Cara kerjanya juga sama, dengan memanfaatkan radar yang terpasang di bagian atas kaca depan, lalu sistem mengirim sinyal ke ECU (Electronic Control Unit) dan memerintahkan rem untuk diambil alih oleh sistem.

3. Front Departure Alert

Fitur ini akan memberitahu pengemudi via peringatan suara ketika mobil di depan sudah bergerak maju. Saat mengemudi di kemacetan lalu lintas fitur ini akan membantu Anda untuk segera maju ke depan.

Bumper Depan Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

ABS (Anti-Lock Braking System & EBD (Electronic Brake-force Distribution) jadi standar di semua varian...

4. Pedal Misoperation Control

All New Daihatsu Xenia juga akan semakin aman saat pengemudi secara tidak sengaja menginjak penuh pedal gas atau melakukan akselerasi mendadak. Sebab fitur ini akan menekan keluaran tenaga mesin dan otomatis mengaplikasikan rem sehingga mobil tidak berjalan maju kedepan secara tidak sengaja dan menghindarkan Anda untuk menabrak kendaraan lain di depan.

5. Lane Departure Warning

Fitur ini mengandalkan sensor untuk membaca marka jalan dan akan memberi peringatan ke pengemudi jika mobil berpindah jalur secara tidak sengaja. Fitur ini bekerja sama dengan Lane Departure Prevention di bawah ini.

6. Lane Departure Prevention

Fitur ASA terakhir yang ada di All New Xenia ini berfungsi mencegah pengemudi pindah jalur secara tidak sengaja dengan cara memberikan daya koreksi ringan di setir. Jadi itulah enam fitur ASA milik All New Xenia yang telah dijabarkan oleh tim Cintamobil.com.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: Panel Instrumen

Panel instrumen dari mobil ini masih mengandalkan dua buah cluster berisi jarum untuk menunjukkan putaran mesin dan kecepatan (speedometer). Untuk All New Xenia varian 1.500 cc tipe R seperti yang kami ulas kali ini sudah dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci.

Panel Instrumen Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Panel instrumen mudah dipantau

Cukup banyak informasi yang disajikan oleh MID ini, di antaranya ada odometer, tripmeter, jam digital, dan juga mampu menyajikan informasi mengenai fitur ASA alias Advance Safety Assist yang jadi fitur keselamatan aktif dan pasif andalan pada mobil ini.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: KeyFree & Start Stop Engine Button

Kehebatan PT Astra Daihatsu Motor dalam menerapkan leadership cost tak perlu diragukan lagi. Apalagi sejak memasuki era Daihatsu New Global Architecture (DNGA) di mana tiap 1 milimeter, 1 gram, 1 yen, dan 1 detik dihitung demikian presisi.

KeyFree Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Kunci hanya perlu dikantungi untuk tipe 1.5 R

Mobil yang harganya tak sampai Rp 250 juta (untuk varian tertingginya) bahkan sudah pakai fitur KeyFree yang membuat proses keluar dan masuk kendaraan kian mudah. Kunci hanya perlu dikantungi saja lalu sentuh dua garis pada gagang pintu untuk membuka dan menutup kunci.

Start Stop Engine Button Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Menyalakan mesin kian mudah

Demikian juga saat hendak menyalakan kendaraan. Di All New Xenia varian CVT Anda hanya perlu menginjak pedal rem lalu menekan tombol engine START STOP berwarna merah itu. Sedangkan untuk transmisi manual demi keamanan sebaiknya Anda injak pedal kopling sebelum melakukan hal yang sama.

Review Daihatsu All New Xenia 2022: In-Car Entertaiment System

Untuk sistem hiburan Daihatsu mengandalkan head unit baru dengan bentang layar 9 inci pada All New Xenia 2022 ini. Head unit ini memiliki kemampuan mengakomodir beragam konektivitas seperti Radio, USB, & Bluetooth. Anak muda pasti senang karena sudah ada koneksi Android Auto maupun Apple CarPlay® yang kekinian.

Head Unit Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Head unit kekinian bakal disukai konsumen millenial bahkan gen Z

Kualitas reproduksi suaranya juga terbilang memadai dari keenam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A) yang ada pada mobil ini, hal ini juga terbantu berkat kekedapan kabin yang meningkat. Dan juga jangan lupa, mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudinya.

Operasi Daihatsu Xenia 2022

Kalau Anda hanya membaca brosur, pasti lantas mengira bila mesin berkode 2NR-VE (untuk varian 1.500 cc), dan 1NR-VE (untuk varian 1.300 cc) adalah unit lama yang hanya dipindah penempatannya. Dari longitudinal (membujur) ke transversal (melintang).

Mesin Daihatsu All New Xenia 2022

Mesin ada beberapa pengembangan yang tak kasat mata

Padahal jika dilirik lebih seksama, terdapat beberapa ubahan yang dilakukan agar mobil ini menjadi lebih halus. Salah satunya adalah engine mounting baru yang terlihat lebih menjorok ke depan (miring). Ini dilakukan agar getaran lebih teredam sempurna.

Daihatsu Xenia 2021 FWD

Tenaga dan torsi jelas kini disalurkan ke dua roda depan

Belum lagi peningkatan standar emisi, dari sebelumnya Euro 4 kini sudah comply dengan Euro 6B. Lantas rocker arm di mobil ini sudah pakai Hydraulic Lush Adjuster, agar pembakaran kian efisien material piston yang digunakan juga lebih ringan, dan dikombinasi dengan performa pompa oli yang sudah dioptimalkan.

Research and Development PT Astra Daihatsu Motor

All New Xenia merupakan prestasi tersendiri bagi tim R&D Daihatsu Indonesia

Yang jelas semua itu dilakukan oleh Daihatsu atas rekomendasi dan hasil keterlibatan tim riset dan pengembangan Daihatsu Indonesia. O ya, untuk output tenaga dan torsi yang disalurkan ke dua roda depan melalui pilihan transmisi manual dan otomatis jenis CVT sudah kami jabarkan lengkap di boks spesifikasi ya.

Spesifikasi Daihatsu Xenia 2022

Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu All New Xenia 2022:

Mesin Daihatsu All New Xenia 2022

 Seri mesin

All New Xenia 1.3: 1NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

All New Xenia 1.5: 2NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

 Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 1NR-VE: 95,5 HP (97 Ps) @ 6.000 rpm

 2NR-VE: 102,5 HP (104 Ps) @ 6.000 rpm

 Torsi Maksimum

 1NR-VE: 120,6 Nm (12,3 Kgm) @ 4.200 rpm

 2NR-VE: 136,4 Nm (13,9 Kgm) @ 4.200 rpm

 Kapasitas Silinder

 1NR-VE: 1,329 cc

 2NR-VE: 1,496 cc

 Bore X Stroke

 1NR-VE: 72,5 mm X 80,5 mm

 2NR-VE: 72,5 mm X 90,6 mm

 Tipe Transmisi

 CVT & Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Daihatsu All New Xenia 2022

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.395 mm X 1.730 mm X 1.700 mm (1.690 mm untuk varian 1.3)

 Jarak Sumbu Roda

 2.750 mm

 Ground Clearance

 All New Xenia 1.3: 195 mm 

 All New Xenia 1.5: 205 mm

 Radius Putar

 All New Xenia 1.3: 4,9 Meter

 All New Xenia 1.5: 5,0 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu All New Xenia 2022

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA, Advance Safety Assist ® (1.5 Variant Only)

 Teknologi Safety Sasis

 Daihatsu New Global Architecture (DNGA)

 Struktur Sasis

 Monokok, MPV B-Segment

 Pelek

 All New Xenia 1.3: Alloy, 15 Inch
 All New Xenia 1.5: Alloy, 16 Inch

 Jenis Ban

 All New Xenia 1.3: Radial, 185/65R15

 All New Xenia 1.5: Dunlop Enasave, 195/60R16

Daftar Harga Daihatsu Xenia 2022

Daihatsu All New Xenia 2022 dijual dengan harga yang sangat menarik dan dengan positioning price seperti ini, kami cukup yakin akan sedikit memberi rasa gentar terhadap lawan-lawannya.

Emblem XENIA di Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2021

Xenia dijual dengan harga yang sangat menarik

Secara umum ada dua varian mesin berikut dua opsi transmisi yang dapat dipilih, serta tiga trim kemewahan yakni tipe M, tipe X, tipe R. Berikut ini adalah daftar lengkap Daihatsu All New Xenia (harga on the road DKI Jakarta dengan potongan diskon PPnBM):

Tipe & Varian Harga Daihatsu New Xenia
All New Xenia 1.3 M MT Rp 190.900.000
All New Xenia 1.3 X MT Rp 193.900.000
All New Xenia 1.3 X CVT Rp 209.200.000
All New Xenia 1.3 R MT Rp 204.000.000
All New Xenia 1.3 R MT ADS Rp 213.000.000
All New Xenia 1.3 R MT SC Rp 205.500.000
All New Xenia 1.3 R MT SC ADS Rp 214.500.000
All New Xenia 1.3 R CVT Rp 219.300.000
All New Xenia 1.3 R CVT ADS Rp 228.300.000
All New Xenia 1.3 R CVT ADS SC Rp 220.800.000
All New Xenia 1.3 R CVT SC ADS Rp 229.800.000
All New Xenia 1.5 MT Rp 221.000.000
All New Xenia 1.5 MT ADS Rp 230.000.000
All New Xenia 1.5 MT SC Rp 222.500.000
All New Xenia 1.5 MT SC ADS Rp 231.500.000
All New Xenia 1.5 R CVT Rp 233.700.000
All New Xenia 1.5 R CVT ADS Rp 242.700.000
All New Xenia 1.5 R CVT SC Rp 235.200.000
All New Xenia 1.5 R CVT SC ADS Rp 224.200.000
All New Xenia 1.5 R CVT ASA Rp 242.400.000
All New Xenia 1.5 R CVT ASA SC Rp 249.900.000

Keterangan:

  • MT : Manual Transmission
  • CVT : Continuously Variable Transmission
  • SC : Special Color
  • ADS : Astra Daihatsu Styling
  • ASA : Advance Safety Assist

Kesimpulan Daihatsu Xenia 2022

Daihatsu Xenia 2021

Hasil riset PT ADM berbuah manis pada produk ini

Bila Anda mencari sebuah mobil keluarga yang punya desain stylish, berfitur lengkap, hemat BBM, dan memiliki kelegaan kabin yang memadai. Maka All New Xenia 2022 ini adalah mobil yang sangat layak Anda pertimbangkan. Bravo Daihatsu!

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top