Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: The Most Wanted Variant

27/12/2021

Share this post:
Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022
Editor rate:

Rp 213,000,000 - Rp 228,300,000

Mobil Xenia bekas - Harga bekas Daihatsu Xenia Lihat promo

Yes! Inilah varian yang paling dicari dari Daihatsu All New Xenia, yakni varian 1.300 cc manual tipe R dengan body kit ADS, seberapa menarik sih mobil ini?

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: The Most Wanted Variant
Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: The Most Wanted Variant
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Desain sporty mudah diterima konsumen di Indonesia

Kabin luas dan praktis

Mesin kencang dan irit

Kekurangan

Ground clearance hanya 195 mm

Kualitas buatan seharusnya bisa lebih baik lagi

Head unit kerap bermasalah pada sambungan bluetooth

Sejak kemunculannya tanggal 11 November 2021 silam di ajang GIIAS 2021, Daihatsu All New Xenia langsung mencuri perhatian. Tak sedikit decak kagum tersirat dari para pengunjung di booth pabrikan Jepang tersebut oleh karena desain mobil ini yang begitu sporty.

Performa penjualan Daihatsu All New Xenia 2021

Xenia tipe R dengan varian mesin 1.300 cc bertransmisi manual jadi yang paling diminati

Bahkan bila dibandingkan dengan saudaranya yakni Toyota All New Avanza terutama untuk sisi desain. Karena Daihatsu Xenia terbaru ini memang mempunyai desain yang lebih sporty bila dibandingkan dengan All New Avanza bahkan Xenia merupakan salah satu MPV dengan desain paling sporty di Indonesia.

Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS MT 2022

Seberapa menarik Xenia tipe terlaris ini?

Tentu tak hanya jadi bintang pameran saja, terbukti data penjualan retail sales hingga bulan November 2021, All New Xenia diminati oleh konsumennya. Dan yes! Inilah review terhadap varian yang paling dicari dari Daihatsu All New Xenia, yakni varian 1.300 cc manual tipe R dengan body kit ADS, seberapa menarik sih mobil ini? Simak ulasan Cintamobil.com ini hingga tuntas ya!

Mobil Baru Populer

Rp 175.1 - Rp 191.1 Juta
Rp 184.5 - Rp 225.9 Juta
Rp 191.6 - Rp 255.8 Juta
Rp 120.65 - Rp 163.4 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Tampilan Depan

Daihatsu All New Xenia tampilannya kini semakin memikat dan sporty banget. Kendati pada varian 1.300 cc ini tidak ada garis merah membentang yang terinspirasi dari corporate identity Daihatsu di atas headlamp dan grillenya, tetapi grille warna hitamnya membuat kesan sporty semakin kental.

Eksterior depan Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Anda pasti setuju jika desain ini sporty banget

Versi Astra Daihatsu Styling (ADS) pada All New Xenia 1.3 R yang kami review ini dilengkapi dengan body kit yang lebih 'heboh' dan berkesan lebih anak muda. Hal itu membuat eksterior depannya terlihat dinamis. Desain seperti ini juga dirancang agar target efisiensi aerodinamika dapat tercapai.

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Tampilan Samping

Dilihat dari samping, terlihat jelas bahwa Daihatsu Xenia generasi ketiga ini kini lebih besar dibanding generasi kedua. Panjangnya bertambah 205 mm, lebarnya pun lebih melar 70 mm, tapi untuk varian 1.300 cc ini tinggi bodinya lebih rendah 5 mm dibanding Xenia generasi sebelumnya. 

Eksterior samping Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Jarak sumbu rodanya kini setara Toyota Kijang Innova Reborn

Wheelbase (jarak sumbu roda) pun meningkat 95 mm yang berdampak positif pada kelegaan kabin mobil ini. Meski demikian, untuk varian 1.300 cc seperti foto di atas ini Ground Clearance lebih ceper 5 mm dari Xenia generasi kedua. Hal ini disebabkan perbedaan ukuran lingkar roda yang digunakan (lebih kecil dari varian 1.500 cc).

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Tampilan Belakang

Berlanjut ke bagian belakang dari Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022 ini, lekuk-lekuk bodinya kini semakin dinamis dan sporty berkat kombinasi stoplamp yang punya efek tiga dimensi dan spoiler belakang yang terintegrasi dengan pintu bagasi.

Eksterior belakang Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Bumper belakangnya enak dilihat karena punya tampilan yang sporty

Penggunaan spoiler serta desain lampu belakang seperti itu bukan tanpa alasan. Pihak riset dan pengembangan Daihatsu Indonesia bilang desain seperti itu mampu meningkatkan aerodinamika pada mobil sehingga efeknya mobil bisa lebih efisien dalam mengolah BBM.

>>> Baca juga review mobil Daihatsu lainnya:


Interior Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Layout Dashboard

Masuk ke bagian interiornya, Anda langsung disambut dengan tata letak dashboard yang benar-benar baru. Meski padu padan warnanya hanya dua buah yakni hitam dan silver tetapi kesan canggih langsung terlihat dari penggunaan monitor di tengah dashboard yang mencerminkan kesan kekinian.

Interior Daihatsu All New Xenia R

Baik varian 1.300 cc maupun 1.500 cc menggunakan layout dashboard yang sama

Karena All New Xenia ini didesain untuk orang Indonesia, maka seluruh tombol sudah diset agar mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan. Satu hal yang patut disayangkan adalah pengaturan setir yang hanya bisa tilt (naik-turun) saja, tanpa adanya fitur telescopic (maju-mundur).

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Pengatur AC

Mengatur hembusan Air Conditioner (AC) kini makin mudah karena pengaturan AC di seluruh lini All New Xenia sudah mengusung format digital. Anda tinggal tekan saja untuk mengatur suhu maupun kecepatan kipasnya.

Pengatur AC Digital Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

AC mudah untuk dioperasikan

Meski ini masih pengaturan manual tanpa adanya automatic climate control, tetapi tetap saja ia mudah dioperasikan, bahkan ketika Anda sedang mengemudikan mobil pun Anda akan cepat hafal di mana letak tombol pengaturan AC ini.

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Bagasi

Salah satu efek positif dari berpindahnya layout penggerak dari penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive ke penggerak roda depan atawa Front Wheel Drive adalah para insinyur di Daihatsu bisa memaksimalkan kepraktisan kabin. Salah satunya adalah bagasi yang lebih lega.

Bagasi Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS

Bagasi luas jadi salah satu keunggulan All New Xenia

Contohnya saat semua kursi digunakkan, ia masih memberikan volume bagasi sebesar 400 liter. Kapasitas bagasinya bisa lebih besar lagi saat kursi baris kedua dan ketiga dilipat ke depan. Ini akan menghasilkan lantai bagasi yang rata sehingga memudahkan Anda saat hendak meletakkan barang-barang bawaan.

Fitur Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: In-Car Entertaiment System

Head unit baru dengan bentang layar 9 inci pada All New Xenia 2022 menjadi sistem hiburan utama pada mobil ini. Head unit ini memiliki beragam konektivitas modern seperti Radio, USB, & Bluetooth. Anak muda pasti senang karena sudah ada koneksi Android Auto™ maupun Apple CarPlay® yang kekinian.

Head Unit Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Sayangnya saat digunakan koneksi Bluetoothnya agak sulit terkoneksi

Kualitas reproduksi suaranya juga terbilang cukup memadai dari keenam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A) yang ada pada mobil ini, hal ini juga terbantu berkat kekedapan kabin yang meningkat. O ya, mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudinya.

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Panel Instrumen

Sama seperti varian di atasnya, untuk panel instrumen dari mobil ini masih mengandalkan dua buah cluster berisi jarum untuk menunjukkan putaran mesin dan kecepatan (speedometer) lengkap dengan layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci.

Panel instrumen Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Panel instrumen tak kalah sporty

Cukup banyak informasi yang disajikan oleh MID ini, di antaranya ada odometer, tripmeter, jam digital, posisi gigi, dan juga average fuel consumption. Sekadar informasi meter cluster yang sporty ini merupakan murni karya desainer lokal Astra Daihatsu Motor.

Review Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022: Key Free

Kehebatan PT Astra Daihatsu Motor dalam menerapkan leadership cost tak perlu diragukan lagi. Apalagi sejak memasuki era Daihatsu New Global Architecture (DNGA) di mana tiap 1 milimeter, 1 gram, 1 yen, dan 1 detik dihitung demikian presisi.

Keyless Entry Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Kunci hanya perlu dikantungi

Trim Daihatsu All New Xenia yang terlaris ini sudah pakai fitur KeyFree yang membuat proses keluar dan masuk kendaraan kian mudah. Kunci hanya perlu dikantungi saja lalu sentuh dua garis pada gagang pintu untuk membuka dan menutup kunci.

Operasi Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Mesin yang digunakan pada Daihatsu All New Xenia 1.300 cc ini sebenarnya masih mengusung kode mesin yang sama dengan sebelumnya, yakni 1NR-VE. Namun ada beberapa penyempurnaan pada mesin ini yang tidak kasat mata.

Mesin 1NR-VE Daihatsu All New Xenia 2022

Mesin berkode 1NR-VE tersemat di balik bonnet untuk varian 1.300 cc

Seperti usaha peningkatan standar emisi, dari sebelumnya Euro 4 kini sudah comply dengan Euro 6B. Lantas rocker arm di mobil ini sudah pakai Hydraulic Lush Adjuster, agar pembakaran kian efisien material piston yang digunakan juga lebih ringan, dan dikombinasi dengan performa pompa oli yang sudah dioptimalkan.

Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS MT 2022

Kami sudah buktikan All New Xenia ini andal melibas berbagai medan di Indonesia

Semua itu dilakukan oleh Daihatsu atas rekomendasi dan hasil keterlibatan tim riset dan pengembangan Daihatsu Indonesia. O ya, untuk output tenaga dan torsi yang disalurkan ke dua roda depan melalui pilihan transmisi manual dan otomatis jenis CVT sudah kami jabarkan lengkap di boks spesifikasi ya.

Spesifikasi Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022:

Mesin Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Seri mesin

 1NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 95,5 HP (97 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 120,6 Nm (12,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 1,329 cc

Bore X Stroke

 72,5 mm X 80,5 mm

Tipe Transmisi

CVT & Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Panjang X Lebar X Tinggi

4.395 mm X 1.730 mm X 1.690

Jarak Sumbu Roda

2.750 mm

Ground Clearance

 195 mm

Radius Putar

 4,9 Meter

Kapasitas Tangki

 43 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu All New Xenia 1.3 R ADS 2022

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA, VSA

Teknologi Safety Sasis

 Daihatsu New Global Architecture (DNGA)

Struktur Sasis

 Monokok, MPV B-Segment

Pelek

 Alloy, 15 Inch

Jenis Ban

 Radial, 185/65R15

Daftar Harga Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Berikut daftar harga All New Xenia 2022 terbaru.

Varian & Tipe Xenia 2022

Harga

All New Xenia 1.3 M MT

Rp 190.900.000

All New Xenia 1.3 X MT

Rp 193.900.000

All New Xenia 1.3 X CVT

Rp 209.200.000

All New Xenia 1.3 R MT

Rp 204.000.000

All New Xenia 1.3 R MT ADS

Rp 213.000.000

All New Xenia 1.3 R CVT

Rp 219.300.000

All New Xenia 1.3 R CVT ADS

Rp 228.300.000

All New Xenia 1.5 R MT

Rp 221.000.000

All New Xenia 1.5 R CVT ADS

Rp 230.000.000

All New Xenia 1.5 R MT

Rp 233.700.000

All New Xenia 1.5 R CVT ADS

Rp 242.700.000

All New Xenia 1.5 R CVT ASA

Rp 242.400.000

Kesimpulan Daihatsu Xenia 1.3 R MT 2022

Daihatsu All New Xenia 2022

Seusai baca artikel review ini, lanjut beli All New Xenia di Cintamobil.com ya!

Bila Anda mencari sebuah mobil keluarga yang punya desain stylish, punya fitur lengkap, hemat BBM, dan memiliki kelegaan kabin yang memadai. Maka All New Xenia varian 1.300 cc tipe R tahun 2022 ini adalah mobil yang sangat layak Anda pertimbangkan. Bravo Daihatsu!

Arfian Alamsyah
Share this post:
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top