5 Inspirasi Modifikasi Pick Up Gran Max Jadi Mobil Pengangkut yang Keren

07/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

5 Inspirasi Modifikasi Pick Up Gran Max Jadi Mobil Pengangkut yang Keren
Modifikasi pick up Gran Max sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan juga tak membutuhkan biaya banyak asalkan mampu mengkombinasikan antara part yang akan dipasang dengan kondisi mobil supaya terlihat keren.

Modifikasi pick up Gran Max bukan suatu hal yang tabu untuk dilakukan. Meskipun kebanyakan Daihatsu Gran Max dipakai sebagai kendaraan pengangkut barang, nyatanya banyak juga yang mengubahnya jadi mobil pick up berpenampilan keren.

Bahkan untuk melakukan modifikasi pick up Grand Max tidak membutuhkan dana yang terlalu banyak. Mengingat permukaan bodi dan interior mobil ini juga lebih irit ketimbang kendaraan jenis penumpang seperti Daihatsu Gran Max tipe van atau blind van.

Lalu seperti apa modifikasi pick up Gran Max biat terlihat keren meskipun jadi kendaraan pengangkut barang? Berikut kami berikan beberapa referensi modif mobil pick up Grand Max yang bisa Anda tiru.

>>> Sigra, Gran Max,Terios Kerek Pangsa Pasar Daihatsu di Indonesia

1. Modifikasi Gran Max Pick Up Putih Pakai Cutting Sticker

Gran Max Pick Up Modifikasi Stiker

Pakai stiker semeriah ini pasti akan langsung jadi pusat perhatian

Teknik paling sederhana tapi hasilnya tetap maksimal saat modifikasi mobil pick up Grand Max adalah dengan memasang cutting sticker. Pemasangan stiker ini bisa disesuaikan dengan selera Anda sebagai pemilik mobil tersebut. Kalau mau tampil meriah dan nyeleneh, bisa pilih tema stiker gambar animasi atau tokoh-tokoh animasi maupun superhero. Atau bisa juga Anda pilih tema stiker grafis maupun tulisan-tulisan tertentu. Misalnya tulisan tentang moto-moto hidup atau kata-kata penyemangat kerja, bisa juga tulisan-tulisan bertema racing.

Kemudian perhatikan juga kombinasi warna stiker dengan cat mobil. Untuk Gran Max pick up putih akan lebih leluasa dalam mengkombinasikan warna stiker. Sementara untuk Gran Max warna lain perlu melakukan permainan warna yang tepat. Misalnya untuk Gran Max hitam, maka ada baiknya pilih stiker dengan warna-warna cerah seperti merah, putih, silver, kuning, hijau muda, atau biru muda. Ini supaya stiker bisa terlihat menonjol di bodi mobil.

Sementara untuk lokasi pemasangan stiker, supaya modifikasi mobil Grand Max pick up tersebut terlihat meriah di jalan, maka tempelkan stiker pada seluruh bodi mobil, baik di bagian depan atau pun pada seluruh bodi bak belakang. Karena dimensi permukaan bodi Gran Max pick up tidak seluas Gran Max van, maka umumnya biaya pembuatan dan pemasangan cutting sticker ini bisa lebih murah.

>>> Tips Modifikasi Mobil Brio Simple Buat Harian

2. Modifikasi Gran Max Pick Up Hitam Pakai Velg Besar

Grand Max Pick Up Modifikasi Velg

Kombinasi modif stiker dan velg besar

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk modifikasi pick up Gran Max agar penampilannya lebih keren dari kondisi standar adalah cukup dengan mengganti velg. Namun sebelum memasang velg baru, sebaiknya perhatikan dan ketahui dulu spesifikasi velg standar dari Daihatsu Gran Max. Adapun Daihatsu memberikan Gran Max pick up velg jenis steel wheel alias velg kaleng yang berdiameter 13 inci dengan lebar 5 inci. Velg ini memiliki 5 buah lubang baut yang masing-masing baut berjarak 114 mm, sehingga PCD velg tersebut adalah 5x114.

Jadi ketika memilih velg aftermarket untuk modif mobil pick up Grand Max adalah dengan memastikan velg tersbeut punya PCD 5x114. Sementara ukuran velg yang direkomendasikan tanpa merubah sistem suspensi atau modifikasi di bagian fender adalah memilih velg dengan ukuran naik 2 step dari ukuran velg standar. Yaitu velg dengan diameter maksimal 15 cini dengan lebar maksimal 7 inci.

Tapi pada kenyataannya banyak juga yang modifikasi mobil Grand Max pick up dengan memakai velg ukuran 16 inci atau 17 inci. Namun risikonya perlu beberapa penyesuaian di sistem suspensi dan melakukan sedikit modifikasi pada bagian ruang fender. Ini supaya velg dan ban tetap bisa bebas berputar baik saat jalan lurus, berbelok, atau ketika mobil mengangkut barang.

>>> Tips Cara Modifikasi Mobil Pick Up Futura

3. Modifikasi Gran Max Pick Up Silver Ceper

Grand Max Pick Up Modifikasi Ceper

Kalau sudah pakai velg besar dan ceper seperti ini rasanya hanya untuk kebutuhan kontes

Modifikasi pick up Gran Max berikutnya yang banyak dilakoni pemilik mobil komersial tersebut adalah dibuat lebih ceper. Seringkali langkah modifikasi ini dilakukan ketika sudah mengganti velg standar dengan velg aftermarket atau velg dari mobil lain yang diameternya lebih besar.

Dengan tampilan ceper, mobil memang jauh terlihat keren daripada kondisi standarnya. Tapi perlu diingat, jangan terlalu membuat ceper mobil ini ya, karena bisa-bisa mobil malah tidak bisa dibuat mengangkut barang akibat ban mentok dengan dinding fender.

Untuk membuat modifikasi mobil pick up Grand Max yang ceper juga sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak perlu biaya mahal. Yaitu cukup dengan memotong ulir per sesuai keinginan. Makin panjang ulir per yang dipotong maka makin ceper mobil tersbeut. Atau bisa juga menukar per standar dengan per Suzuki Escudo untuk dipasang sebagai pengganti per depan, dan per Toyota Avanza untuk menggantikan per belakang.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

4. Modifikasi Gran Max Pick Pu Pakai Bodykit

Grand Max Pick Up modifikasi bodykit

Pasang bodykit biar terlihat lebih ceper

Opsi lain saat hendak modifikasi mobil Grand Max pick up adalah dengan memasang bodykit. Langkah tersbeut juga menjadi salah satu solusi kalau potong atau ganti per tidak mau dilakukan demi membuat tampilan ceper akibat takut kemampuan angkut barang kendaran tersebut  jadi berkurang. Dengan pemasangan bodykit ini bodi mobil bisa terlihat lebih dekat dengan aspal padahal sistem suspensi tidak diotak atik.

Bodykit bisa Anda pasang untuk bagian bemper depan depan dan belakang saja, atau lengkap dengan sideskirt. Selain itu ad ajuga yang modifikasi mobil pick up Grand Max dengan pakai pagar mobil pick up Grand Max. Pagar mobil pick up Grand Max ini umumnya dipasang sebagai pembatas tambahan pada bagian bak belakang. Fungsinya agar barang abwaan tidak mudah jatuh di jalan.

>>> Review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007: Lawan Sejati Suzuki Carry

5. Modifikasi Pick Up Gran Max dengan Interior Mewah

Modifikasi interior Grand Max Pick Up

Kabin mobil pick up juga bisa dibuat keren dan mewah

Langkah terakhir untuk modif mobil pick up Grand Max adalah dengan merombak ruang kabinnya. Karena mobil ini berjenis pick up, maka ruang kabinnya hanya terdiri atas dua tempat duduk. Sehingga biaya modifikasi bisa lebih murah daripada mobil berjenis van atau 7 penumpang.

Pertama-tama tentukan dulu bagian mana dari ruang kabin yang akan diubah, apakah cukup jok saja, atau berikut doortim, dasbor, dan plafon. Kemudian tentukan kombinasi warnanya. Kalau mau tampilan elegan bisa pakai warna-warna natural seperti hitam, cokelat, atau merah maroon. Tapi kalau mau meriah pakai kombinasi warna cerah misalnya hijau, biru, kuning, dan sebagainya.

Untuk bahan pelapis kabinnya sendiri cukup kaia kulit semi sintetis yang cenderung lebih mudah dibersihkan jika terkena noda. Terkahir tentukan motif jahitannya. Mau garis-garis lurus bernuansa racing atau futuristik, model wajik, atau dibentuk model sofa. Semuanya kembali pada selera Anda karena nantinya semuanya akan menghasilkan suasana kabin yang lebih mewah.

Kalau masih ada dana lebih, bisa juga tambahkan audio system pada ruang kabin tersebut. Yaitu pasang headunit single din atau 2 Din yang bisa membaca segala format audio video, pasang sepaker, tweeter, dan mungkin juga satu subwoofer.

Nah kelima opsi modifikasi Daihatsu Gran Max pick up ini bisa Anda terapkan salah satunya saja atau boleh semuanya. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan ketersediaan dananya.

>>> Klik sini untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah mobil pick up bisa dimodifikasi?
Sebenarnya hampir semua merk, tipe, dan jenis mobil bisa dimodifikasi, tinggal apa tujuan modifikasinya, apakah untuk meningkatkan kenyamanan, menaikkan performanya, atau hanya ingin terlihat lebih keren. Semua tujuan ini akan menentukan komponen apa yang bakal dipasang sata proses modifikasi tersebut.
Berapa biaya modifikasi mobil pick up?
Modifikasi mobil pick up sebenarnya sama saja dengan modifikasi mobil jenis lain seperti MPV, SUV, sedan, atau hatchback. Namun biaya modifikasi pick up biasnaay lebih murah karena mobilnya lebih ringaks dibanding kendarana penumpang.
Apakah modifikasi mobil pick up menurunkan kemampuan angkutnya?
Jika modifikasi yang dilakukan tidak berlebihan, maka kemampuan angkut mobil pick up tersebut bisa tetap sama. Misalnya tidak mengganti velg dengan ukuran terlalu besar, tidak membuat mobil pick up terlalu ceper sehingga tak mampu lagi mengangkut barang bawaan yang cukup banyak.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top