Awas! Modifikasi Mobil Tak Wajar Bisa Bikin Harga Jualnya Jatuh

21/06/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Awas! Modifikasi Mobil Tak Wajar Bisa Bikin Harga Jualnya Jatuh
Modifikasi mobil sah-sah saja dilakukan oleh pemiliknya. Namun ada baiknya untuk memodifikasinya dengan wajar agar harga jualnya tak jatuh di kemudian hari.

Modifikasi mobil biasanya dilakukan oleh mereka yang tak puas akan tunggangannya sendiri. Modifikasi juga merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih apabila budget Anda terbatas untuk memiliki model mobil tertentu. 

Anda bisa mengakalinya dengan cara modifikasi mobil, entah mengubah bagian eksterior, interior, ataupun hal lainnya. Modifikasi mobil memang sah-sah saja dilakukan, tapi jangan menyalahkan ya kalau ketika Anda ingin menjualnya harganya langsung jatuh. 

Modifikasi mobil

Modifikasi bagian interior

>>> Wajib Tahu, Modifikasi Kendaraan Bermotor Tak Sesuai Aturan Bisa Didenda Rp 24 Juta

Pilih Modifikasi yang Aman

Ya, mobil yang dimodifikasi bisa membuat harganya anjlok di samping kondisi kendaraan, usia, dan sederet faktor lainnya. 

"Kebanyakan customer kita maunya standar jadi justru gini, kalau pelek udah diganti nggak jadi faktor penambah justru jadi faktor pengurang karena kita ganti lagi ke standar karena orang mau beli di kita ke posisi standar," ungkap President Director Mobil88 Halomoan Fishcer beberapa waktu dalam sesi wawancara virtual. 

Menurutnya modifikasi itu penilaiannya subjektif. Tak semua orang suka akan modifikasi yang dilakukan pada sebuah mobil. Pandangan setiap orang soal model mobil memang tak bisa disamaratakan.

"Modif itu relatif, menurut saya bagus, menurut orang jelek nah itulah modifikasi sangat relatif," terang Fischer lagi. 

>>> Mau Beli Mobil Bekas Merek China? Intip Dulu Nih Harganya

Meski begitu, ada beberapa modifikasi yang masih bisa diterima oleh para pedagang mobil bekas. Artinya, modifikasi tersebut tak memberikan pengaruh besar terhadap harga jual mobil nantinya. 

Modifikasi Berlebihan Bikin Harga Anjlok

Disebutkan Fischer, modifikasi mobil dengan mengganti sound system merupakan salah satu yang masih bisa diterima. Namun tidak dengan modifikasi yang melibatkan sistem kelistrikan pada mobil. 

"Tapi ada yang pasang sound system isi mobil kabel semua itu kita hindari. Bukan apa-apa, kan belum tentu aman instalasinya, nanti kalau kita beli jual lagi yang beli dari kita masalah ntar konslet lah apa lah. Kalau modif dalam batas aman itu nggak apa-apa, kalau udah over itu yang masalah," tegas Fischer.

>>> 5 Penyakit Umum yang Sering Menjangkiti Mobil Matik

Modifikasi mobil

Tak perlu berlebihan saat memodifikasi mobil

Modifikasi dengan penggantian pelek tak sesuai ukuran juga merupakan salah satu yang membuat harganya anjlok. Memang di mata si pemilik mobil hal tersebut indah, tapi lain di pandangan pedagang mobil bekas. 

"Contoh gini lah ada yang ganti pelek buat manis aja ring 15 ke 16, 16 ke 17 supaya manis lah tapi kan ada yang lebay banget ya ada ring 16 ke 20 terus ceper-ceper lagi potong per dan lain-lain itu kita hindari sih, itu nanti kaki-kakinya kena kemana-mana. Kita menjaga kualitas agar customer yang beli dari kita tak merasa dirugikan," pungkas Fischer. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik pengemudian yang berguna lainnya 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top