Tips Modifikasi Mobil Gran Max Biar Tampil Wah Tapi Murah

30/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Gran Max juga bisa tampil lebih mewah namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Jika menggunakan komposisi yang pas, mobil pekerja ini juga dapat disulap jadi lebih wah.

Modifikasi mobil Gran Max sering dilakukan para pemilik kendaraan ini supaya mobilnya terlihat lebih berkelas. Mengingat sejatinya Gran Max diciptakan Daihatsu sebagai kendaraan komersial. Bentuknya ada yang van atau minibus, blind van, dan juga pick up.

Namun Daihatsu Gran Max begitu diandalkan sebagai kendaraan pengangkut di dalam kota. Dengan dimensinya yang ringkas, mobil ini mampu mengantarkan barang sampai ke perumahan atau gang-gang cukup sempit. Sementara kapasitas dan daya angkutnya juga lumayan besar. Apalagi kemudian ditunjang efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Tak heran kalau mobil ini jadi kendaraan andalan para perusahaan cargo atau jasa ekspedisi. Dengan menggunakan Gran Max pick up maupun blind van, mereka dapat menjangkau sampai lapisan masyarakat kelas bawah.

Tetapi ketika balik lagi membicaraan modifikasi mobil Grand Max supaya tampil lebih keren dari kondisi standarnya, maka sejatinya sama saja dengan memodifikasi mobil kendaraan peumpang jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Sebab ada beberapa point yang perlu dipertimbangkan ketika hendak modif mobil Grand Max.

1. Modifikasi Mobil Grand Max Pick Up Pakai Stiker Meriah

Modifiaksi Grand Max pakai Stiker

Pakai stiker full body seperti ini penampilan Gran Max jadi meriah

Langkah paling sederhana untuk melakukan modifikasi Grandmax agar penampilannya semakin menarik perhatian adalah dengan memasang cutting stiker. Stiker ini bisa ditempel pada bagian depan mobil saja, bagian sisi saja, atau mungkin di bagain bak belakang saat hendak modif mobil Gran Max pick up atau malah boleh diseluruh bodi mobil.

Sementara tema dari stiker yang hendak dipasang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun agar terlihat meriah serta wah, bisa terapkan tema grafis-grafis yang sedikit meniru dari livery-livery mobil balap. Dengan cara ini akan langsung mendongkrak penampilan mobil tanpa ada ubahan lain pada kendaraan tersebut. Modifikasi mobil Grandmax dengan penggunaan cutting sticker juga alternatif terbaik jika Anda ingin modifikasi mobil Gran Max murah meriah tapi wah.

>>> Jadi Salah Satu Tulang Punggung Daihatsu, Yuk Intip Daihatsu Gran Max Termewah

2. Modifikasi Gran Max Pick Up Putih Makin Keren Pakai Velg Racing

Modifikasi Grand Max Putih

Ganti velg saja sudah bikin Gran Max jadi lebih keren

Langkah berikutnya jika ingin modif mobil Gran Max supaya tampil lebih wah adalah dengan mengganti velg standar dari mobil tersebut. Adapun pada kondisi asli dari Daihatsu, mobil ini baik yang pick up, blind van, maupun van, menggunakan velg diameter 13 inci dengan lebar 5 inci dan memiliki jumlah lubang baut velg 5, dengan PCD 114. Perbedaannya, untuk Gran Max blind van atau pick up pakai steel wheel alias velg kaleng, sedangkan Gran Max van pakai velg alloy.

Untuk modifikasi mobil Gran Max dibagian velg, maka Anda bisa naikkan 2 step dari ukuran velg standar. Yaitu memilih velg yang punya diameter maksimal 15 inci dengan lebar velg maksimal 7 inci. Pastikan juga velg aftermarket atau copotan velg mobil lain yang mau Anda pasang itu juga punya PCD 5x114. Jika ini dilakoni, maka tidak perlu melakukan ubahan apapun di suspensi mobil.

Sementara untuk pilihan warnanya, Anda bisa pakai velg dengan warna kontras dengan cat bodi mobil. Misalnya untuk modifikasi Grand Max pick up putih bisa pakai warna-warna cerah seperti merah, hijau, atau biru. Tapi kalau mau modifikasi Grand Max Pick Up hitam bisa pilih velg warna putih atau silver.

>>> Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian

3. Modifikasi Mobil Grand Max Pick Up Biar Terlihat Makin Ceper

Modifiaksi Grand Max Pick Up

Pakai bodykit juga memberi kesan mobil lebih ceper

Walaupun bertugas sebagai mobil pengangkut berbagai barang kebutuhan, taoi tidak ada salahnya bukan modif mobil Grand Max biar terlihat sedikit lebih ceper. Dengan begini mobil akan tampak jauh lebih keren daripada Gran Max lainnya. Tapi perlu diingat, jangan terlalu membuat ceper mobil ini ya, karena bisa-bisa mobil malah tidak bisa dibuat mengangkut barang karena ban akan mentok dengan fender.

Nah opsi untuk bikin ceper Daihatsu Gran Max bisa dengan memotong ulir per depan dan belakang. Panjangnya disesuaikan dengan keinginan Anda. makin panjang ulir per yag dipotong, makin ceper nantinya mobil tersebut. Pilihan kedua adalah ganti per tersebut dengan per dari mobil lain. Bisa pakai per Suzuki Escudo untuk dipasang sebagai pengganti per depan, dan per Toyota Avanza untuk menggantikan per belakang. Dengan subtitusi ini akan membuat mobil sedikit lebih pendek dari kondisi standar.

Apabila tidak ingin mengganti atau memotong per, maka opsi berikutnya bisa pasang variasi mobil Grand Max berupa bodykit. Bodykit ini bisa Anda pasang untuk bagian depan dan belakang mobil saja, atau lengkap dengan sideskirt jika modifikasi mobil Gran Max yang ingin dilakukan adalah untuk Gran Max blind van atau van.

4. Modifikasi Mobil Grand Max Minibus Pakai Interior Mewah

Modifikasi Interior Gran Max

Interior seperti ini tidak kalah dengan mobil mewah bukan?

>>> Review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007: Lawan Sejati Suzuki Carry

Langkah terakhir kalau mau membuat modif mobil Gran Max yang terlihat wah adalah merombak penampilan kabin mobil ini. Jika mobil tersebut berjenis Gran Max pick up maka yang diubah adalah kabin bagian depan saja, sementara jika mobil tersebut adalah Gran Max van, maka modifikasi interior juga bisa sampai ke kabin penumpang baris ketiga.

Langkah-langkahnya, Anda bisa pasang cover jok mobil baik dengan teknik semi permanen atau jok paten. Kemudian tentukan material pelapis jok yang hendak dipasang. Kami sarankan cukup pakai bahan kulit sintetik supaya perawatannya pun mudah mengingat mobil masih dipakai sebagai kendaraan pekerja keras. Lalu tentukan juga kombinasi warna bahan pelapis jok tersebut. Jika mau interior terlihat meriah, maka wajib pakai kombinasi warna-warna cerah seperi merah, biru, hujau, atau kuning. Tapi kalau mau yang bernuansa elegan bisa pakai warna cokelat, hitam, atau bahkan putih atau beige. Terkahir tentukan motif jahitannya. Mau garis-garis lurus bernuansa racing atau futuristik, model wajik, atau dibentuk model sofa. Semuanya kembali pada selera Anda karena nantinya semuanya akan menghasilkan suasana kabin Daihatsu Gran Max yang semakin terlihat wah.

Suapan nuansa kabin jauh makin mewah lagi, bis ajuga aplikasikan pelapis serupa untuk bagian dashborad, doortrim, dan plafon. Kalau ada dana lebih, Anda bisa pasang aksesoris lain seperti audio system lengkap dengan monitor, speaker, tweeter, dan subwoofer, dan pakai lampu kabin warna warni. Kalau sudah seperti ini dipastikan suasana kabin akan semakin semarak.

Nah, tidak sulit bukan untuk bisa modifikasi mobil Gran Max agar tampil wah. Tidak perlu pakai komponen berharga mahal, namun kalau dikombiansikan dengan tepat, mobil ini tidak kalah dengan MPV premium lainnya seperti Alphard atau Vellfire.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu modifikasi mobil?
Modifikasi mboil adalah merubah atau mengganti beberapa komponen mobil dengan perangkat atau komponen aftermarket atau komponend ari mobil yang lain.
Bagaimana cara modifiaski mboil pick up?
Sebenarnya modifikasi mobil pick up tidak ada bedanya dengan mobil penumpang. Modifikasi bisa menyentuh sisi eksterior, interior, kaki-kaki, lampu, dan juga mesin.
Berapa biaya modifikasi mobil pick up?
Biaya modifiaksi mobil pick up tergantung dari komponen yang diganti dan terpasang di mobil tersebut. Kalau hanay memasng cutting stiker, bianay mulai dari Rp 50.000.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top