Begini Cara Modifikasi APV Biar Penampilannya Jadi Keren

22/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Begini Cara Modifikasi APV Biar Penampilannya Jadi Keren
Modifikasi APV berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat hendak merubah penampilan MPV boxy dari Suzuki tersebut jadi lebih keren dan terlihat mewah.

Modifikasi APV mungkin bukan sesuatu yang sering Anda jumpai di jalan raya. Mengingat Suzuki APV sering kali dijadikan kendaraan operasional perusahaan baik swasta atau perusahaan milik pemerintah. Selain itu, APV juga kerap dijadikan kendaraan ambulans atau mobil jenazah.

Lalu apakah Suzuki APV tidak bisa dimodifikasi jadi lebih keren? Jelas salah. Sebab semua kendaraan dapat di modif sesuai keinginan pemiliknya, tak terkecuali jika ingin modifikasi mobil APV, baik APV tipe MPV atau minibus, maupun APV pick up.

Lalu bagaimana cara modifikasi APV biar menjadi mobil APV modif yang terlihat menarik dan keren sekaligus mewah? Tenang, Cintamobil.com sebagai situs paling lengkap yang mengulas tentang mobil, kali ini akan membahas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk modifikasi APV biar jadi tambah keren.

>>> Bagaimana Nasib Suzuki APV di Indonesia Saat Ini?

1. Modifikasi APV Keren dengan Ganti Velg dan Ceper

Modifikasi Suzuki APV velg

Pakai velg besar dan dibuat kandas, menambah kegantengan Suzuki APV

Langkah paling mudah untuk langsung mendongkrak penampilan mobil jadi lebih keren adalah dengan mengganti velg standarnya. Begitu pun saat hendak modifikasi mobil APV. Dengan memasang velg aftermarket atau velg dari mobil lain yang desain serta ukurannya berbeda, otomatis bakal merubah penampilan Suzuki APV Anda jadi semakin ganteng.

Tapi sebelum membeli velg aftermarket untuk dipasang ke APV kesayangan Anda, ada baiknya ketahui dulu spesifikasi velg standar dari Suzuki untuk APV. Adapun Suzuki APV memiliki PCD 5x114,3, sehingga velg yang terpasang di mobil ini memiliki jumlah lubang baut sebanyak 5 buah dengan jarak antara lubang baut tersebut 114,3 mm. Jadi ketika hendak membeli velg aftermarket, pastikan velg tersebut juga punya PCD 5x114,3.

Sementara ukuran velg original dari Suzuki APV adalah ring 14. Sehingga Anda masih bisa mengganti dengan velg dengan ukuran 16-17 inci. Kalau ingin pakai velg bawaan mobil lain, Anda bisa pilih velg original dari Chevrolet Captiva, Honda BRV, CRV, Civic, Odyssey, atau Stream, Mazda Biante, mobil-mobil Mitsubishi, atau velg dari Toyota Innova, Harrier, Alphard, maupun Vellfire. Karena mobil-mobil tersebut menggunakan velg dengan PCD serupa Suzuki APV tapi ukurannya 16 inci dan 17 inci.

Setelah ganti velg, maka biasanya mobil akan berubah jadi lebih tinggi. Untuk mengatasi hal itu, Anda tinggal datang bengkel-bengkel spesialis kaki-kaki mobil, untuk modifikasi APV kesayangan Anda jadi lebih ceper. Kalau sudah pakai velg besar dan dibuat lebih ceper, otomatis mobil ini akan terlihat jauh lebih keren dari semula.

>>> Cara Modifikasi Mobil Panther Supaya Jadi Keren dan Gagah

2. Suzuki APV Modifikasi Stiker

Modifikasi Suzuki APV Ceper

Bodinya yang besar membuat aplikasi decal lebih leluasa

Trik berikutnya yang juga bisa membuat penampilan Suzuki APV kesayangan Anda jadi berbeda adalah dengan modifikasi APV pakai cutting sticker. Mobil APV modif stiker ini sangat mudah diterapkan bahkan tanpa perlu melakukan ubahan di komponen lainnya. Selain itu biaya pemasangan cutting sticker ini juga paling terjangkau diantara modifikasi di komponen lainnya.

Untuk tema stiker yang bisa dipasang pada bodi Suzuki APV dapat disesuaikan dengan selera Anda. Bahkan dengan permukaan bodi yang cukup luas, maka pemasangan variasi stiker lebih leluasa karena motif stiker bisa dengan ukuran yang cukup besar.

Yang perlu diperhatikan ketika hendak modifikasi mobil APV dengan pasang cutting sticker adalah memperhatikan kombinasi antara warna bodi mobil dengan warna stiker. Sebaiknya pilih warna stiker yang kontras dengan warna cat bodi. Dengan demikian keberadaan stiker bisa terlihat menonjol.

>>> Menilik Harga Suzuki APV Bekas, MPV Kompak yang Bisa Muat Banyak

3. Modifikasi Mobil APV Arena Jadi Alphard

Modifikasi Suzuki APV Arena

Suzuki APV Arena bisa juga dibuat semewah Alphard

Jika Anda mencari referensi di internet, maka ada beberapa poto mobil APV modifiasi dengan tema elegan yang dibuat mewah layaknya Toyota Alphard. Modifikasi APV seperti ini sebenarnya cukup advance, mengingat banyak komponen di mobil berkapasitas hingga 8 penumpang itu yang diubah.

Misalnya untuk gril dan bemper depan sudah diubah dengan mengganti komponen baru yang dibentuk custom. Selanjutnya juga sudah terpasang sideskirt tambahan, serta bemper belakang juga ikut diubah. Tak lupa velg standar juga sudah diganti dengan ukuran yang lebih besar supaya menunjang tampilan mewahnya.

Kemudian pada ruang interior, mobil yang terkenal dengan julukan Roti Tawar itu juga sudah dibentuk jadi lebih mewah. Joknya pakai model sofa, bahkan ada poto mobil APV modifikasi yang memperlihatkan desain minibar pada ruang kabinnya.

>>> Inspirasi Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus yang Gaul

4. Modifikasi Jok Mobil APV yang Mewah

Modifikasi Interior Suzuki APV

Bisa pakai cover jok model sofa supaya terlihat makin mewah

Setelah tampilan mobil bagian luar terlihat sudah lebih mewah, maka modifikasi APV berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah merombak ruang interior jadi lebih mewah dari sebelumnya. Mengingat Suzuki APV adalah kendaraan MPV untuk keluarga, maka tak ada salahnya selain mewah, ruang kabin juga dibuat lebih nyaman.

Contohnya dengan mengganti jok menggunakan teknik memasang cover jok model sofa. Kemudian jangan lupa juga perlengkap sistem hiburan di mobil ini dengan memasang headunit yang sudah bisa membaca berbagai format audio dan video serta tersambung dengan speaker, tweeter, dan subwoofer. Tambahkan pula monitor untuk penumpang belakang, baik yang terpasang di atap, atau pada sandaran kepala jok depan.

Dengan kabin yang nyaman dan mewah ini, maka seluruh anggota keluarga bisa lebih betah dalam menikmati setiap perjalanan dengan kendaraan tersebut.

>>> Profil Suzuki Every Plus 2003, “Prototipe” Suzuki APV

5. Modifikasi Mobil APV Pick Up yang Keren

Modifikasi APV Pick Up

Pakai stiker warna ngejreng biar terlihat makin menarik

Lalu bagaimana kalau Anda cuma punya Suzuki APV pick up tapi tetap mau tampil keren? Tenang, beberapa modifikasi APV yang sudah kami sebutkan tadi bisa juga kok diterapkan pada modifikasi mobil APV pick up.

Antara lain Suzuki APV pick up Anda diganti pakai velg aftermarket atau velg mobil lain dengan ukuran yang lebih besar yakni antara 15-16 inci. Kemudian bodi depan dan bak belakang diberi tambahan cutting sticker dengan warna-warna cerah supaya terlihat makin menarik.

Selanjutnya Anda juga bisa modifikasi jok mobil APV pick up dengan melapis menggunakan material kulit sintetis baru. Pilihan warnanya bisa pakai warna-warna cerah supaya ruang kabin mobil pengangkut ini juga lebih ceria.

Tuh kan, tidak sulit modifikasi APV untuk merubah dari bentuknya yang biasa saja jadi mobil yang terlihat keren. Asiknya lagi, Suzuki APV juga terkenal sebagai mobil yang bandel dan minim perawatan. Sehingga banyak pengguna mobil ini meskipun sudah dimodif tapi mereka masih bisa bawa kendaraan itu pelesir ke berbagai kota di Indonesia.

>>> Pastikan klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Suzuki APV?
Ketika berbicara biaya yang diperlukan untuk modifikasi mobil, maka rasanya tidak ada batasan konkritnya. Karena semua kembali lagi pada komponen modifikasi apa yang akan dipasang pada mobil tersebut. Kalau hanay sekedar pasang cutting sticker, maka cukup sediakan dana mulai Rp 100.000. Tapi kalau smapai modifikasi velg, dan interior, tentunya biaya yang dibutuhkan jauh lebih banyak.
Cara bikin ceper Suzuki APV yang nyaman?
Ketika mobil sudah diubah suspenisnya jadi lebih ceper, maka otomatis kenyamanan akan hilang. Demikian juga ketika membuat Suzuki APV lebih ceper. Tapi kalau mau ceper dan roda tidak mudah gesrot ke fender, maka selain pemilikan lebar dan offset velg yang pas, suspensi juga dibuat jangan terlalu ceper. Maksimal sisakan jarak 3 jari antara tapak ban dengan bibir fender. Dengan jarak seperti ini mobil masih aman dipakai ahrian.
Berapa ukuran velg maksimal yang bisa masuk ke Suzuki APV?
Jika ingin menjejealkan velg berdiameter 19 inci di sebuah Suzuki APV masih bisa, namun harus ada beberpaa penyesuaian di ruang fender dan suspensi mobil. Namun umumnya modifikasi velg yang dilakukan para pemilik Suzuki APV adalah mengganti ke ukuran 16-17 inci.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Suzuki APV Laku Keras di Tengah Pandemi

29/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus Corona memang menjadi polemik tersendiri di Tanah Air, namun meski demikian ternyata Suzuki APV jadi pahlawan penanggulangan pandemi Covid19

Lihat juga

Suzuki APV Masuk 5 Besar Penjualan Mobil Terlaris Bulan April, Didominasi Ambulance

24/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Secara mengejutkan Suzuki APV berhasil merangsek masuk penjualan 5 besar di bulan April 2020 lalu, ternyata penjualan mobilnya didominasi produk ambulance

Lihat juga

Ini Caranya Kalau Ingin Modifikasi Mobil L300 Jadi Mewah

17/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil L300 ini bisa Anda terapkan baik untuk Mitsubishi L300 pick up atau L300 minibus. Tapi yang jelas, modifikasi ini akan membuat mobil Anda terlihat mewah dan mengundang perhatian di jalan raya.

Lihat juga

Inspirasi Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus yang Gaul

16/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus bisa dilakukan untuk membuat kendaraan tersebut terlihat tetap menarik seiring usianya yang tak lagi muda. Nah berikut ini beberapa tipsnya untuk mengubah minibus legendaris dari Suzuki itu.

Lihat juga

Tips Modifikasi Mobil Gran Max Biar Tampil Wah Tapi Murah

30/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Gran Max juga bisa tampil lebih mewah namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Jika menggunakan komposisi yang pas, mobil pekerja ini juga dapat disulap jadi lebih wah.

Lihat juga
 
back to top