5 Pilihan Mobil Offroad Modifikasi Buat Pemula

25/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Mobil offroad modifikasi yang kami rekomendasikan berikut ini harganya terbilang murah tapi punya ketangguhan yang sudah teruji. Selain itu, mobil-mobil tersebut juga cocok untuk dipakai para pemula di dunia offroad sembari beradaptasi.

Mobil offroad modifikasi merupakan mobil siap memuaskan dahaga para pecinta offroad maupun adventure. Umumnya modifikasi mobil offroad ini memang sengaja berfokus agar kendaraan tersebut bisa melintas di median jalan yang cukup ekstrim dan tak dapat dilalui oleh kendaraan lain.

Tapi bukan berarti membangun mobil offroad modifikasi harus berbasis mobil berpenggerak 4x4 atau All Wheel Drive (AWD). Sebab ternyata banyak juga mobil-mobil yang hanya berpenggerak roda belakang di modif mobil offroad. Tetapi memang ketika memilih mobil yang sudah berpenggerak 4x4 untuk di modif mobil offroad, proses modifikasinya jadi lebih mudah.

Untuk Anda yang baru terjun ke dunia offroad tapi sudah kepincut ingin segera nyemplung ke kubangan lumpur dengan kendaraan jagoan Anda, kali ini Cintamobil.com akan beberkan apa saja pilihan mobil offroad modifikasi yang harganya cukup terjangkau, mudah dikuasai, tapi sudah terbukti tanggu di medan offroad.

>>> Jeep Wrangler 4xe Tawarkan Kemampuan Off-Road Ramah Lingkungan

1. Daihatsu Taft Mobil Offroad Dibawah Rp 50 Juta

Mobil Daihatsu Taft Modifikasi Offroad

Pilihan mobil offroad paling murah untuk pemula

Pilihan bahan mobil offroad modifikasi yang pertama kami rekomendasikan adalah Daihatsu Taft. Mobil jenis SUV dari Daihatsu itu memang sudah cukup berumur. Mengingat mobil ini sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1976. Walau demikian Taft masih banyak diandalkan untuk menerabas hutan atau pegunungan.

Kemudahan untuk dikemudikan, ketersediaan suku cadang yang berlimpah, serta banyaknya pilihan aksesoris untuk mobil ini menjadikan Daihatsu Taft sangat layak dijadikan modifikasi mobil offroad untuk pemula.

Kalau mau yang hargnya terjangkau bisa pilih Daihatsu Taft generasi pertama yang dikenal dengan sebutan Taft Kebo. Tapi kalau ingin yang sedikit modern, bisa lirik Taft Rocky Independent. Untuk Daihatsu Taft generasi pertama harganya di kisaran Rp 30 juta - Rp 40 juta. Sementara untuk Daihatsu Taft GT harganya Rp 40 juta - Rp 60 juta. Kalau mau pilih yang Taft Rocky, harganya antara Rp 70 jutaan sampai Rp 130 jutaan.

2. Suzuki Jimny Mobil Offroad Terbaik

Suzuki Jimny Modifikasi Offroad

Jimny disukai mulai dari pemula hingga pembalap profesional

Mobil berikutnya yang bisa di modif mobil offroad adalah Suzuki Jimny. Namun kalau mau bahan mobil offroad modifikasi yang masih terjangkau, jangan pilih Suzuki Jimny generasi terbaru. Pilihlah Jimny produksi 1980-an hingga 1990an.

Sama seperti Daihatsu Taft, meskipun usianya sudah tak lagi muda, tetapi ketersediaan suku cadang dan komponen serta aksesoris offroad untuk mobil ini berlimpah ruah. Sehingga ini menjadi kemudahan Anda dalam memilih sesuai kebutuhan.

Para penggemar offroad pun sampai saat ini masih mengandalkan Jimny sebagai tunggangannya. Baik untuk sekedar fun offroad di akhir pekan, maupun masuk ke jalur kompetisi. Tak heran harga mobil bekas Jimny pun masih bertahan. Misalnya untuk Suzuki Jimny keluaran tahun 1982 saja, jika kondisinya cukup apik, harga yang dipatok di atas Rp 60 jutaan. Tapi harga itu tentu masih jauh lebih murah daripada Anda membeli Suzuki Jimny generasi terbaru.

>>> Suzuki Jimny Tanpa Ban Serep Belakang, Cocok Gak?

3. Ford Ranger Alternatif Mobil Offroad Murah

Ford Ranger Modifikasi Offroad

Mobil tangguh berharga terjangkau yang aksesorisnya berlimpah

Apabila Anda ingin bahan mobil offroad modifikasi yang cukup modern tapi harganya tidak terlalu mahal, bisa pilih Ford Ranger bekas tambang. Sebab mobil-mobil kabin ganda seperti ini sudah terbukti tangguh dipakai di medan-medan ekstrim saat ada di lokasi pertambangan. Karenanya tak heran sebagai mobil pekerja keras, Ford Ranger juga banyak dijadikan modifikasi mobil offroad Indonesia.

Harga Ford Ranger bekas tambang ada yang di bawah Rp 100 juta. Namun sebaiknya pilih yang mesin dan kaki-kakinya masih cukup sehat. Kalaupun ada minus, maka pertimbangkan kekurangan itu masih bisa diperbaiki. Sebab tak jarang juga mobil-mobil eks tambang ini kondisinya sudah cukup busuk akibat telah dipaksa bekerja sangat keras. Kalau sudah seperti itu, maka biaya untuk perbaikan dan modif mobil offroad bisa makin membengkak.

Jika kondisi mesin dan kaki kaki sudah sehat, barulah mobil tersebut bisa di modifikasi untuk siap digunakan di trek offroad. Jangan khawatir juga tentang bengkel dan ketersediaan suku cadang untuk Ford Ranger. Sebab dua kebutuhan ini masih mudah dijumpai baik di kota besar maupun di daerah.

4. Mitsubishi Triton Double Cabin Asik Buat Offroad

Mitsubishi Strada Triton Modifikasi Offroad

Kalau mau yang murah bisa cari Triton eks perusahaan

Mobil kabin ganda berikutnya yang juga kami rekomendasikan untuk modifikasi mobil offroad Indonesia adalah Mitsubishi Triton. Namun kalau mau yang harganya masih terjangkau jangan pilih Triton generasi pertama. Cobalah untuk hunting Triton generasi ketiga atau keempat. Tapi kalau mau lebih mruah lagi, bisa lirik mobil-mobil tersebut yang bekas dipakai perusahaan tambang atau perhutanan.

Untuk Mitsubishi Triton generasi ketiga sering berjuluk L200 Strada. Desainnya masih cenderung mengkotak namun ini malah membuatnya terlihat lebih gagah. Sementara untuk Triton generasi keempat juga punya julukan lain Strada Triton dan modelnya sudah lebih modern dibanding L200.

Di listing Cintamobil.com, untuk L200 Strada yang masih dalam kondisi belum jadi mobil offroad modifikasi dilego mulai dari Rp 55 juta hingga Rp 100 juta tergantung kondisi. Sementara untuk Strada Triton harganya mulai dari Rp 70 jutaan.

>>> Review Mitsubishi Triton Absolute 2019: Hadiah Istimewa Dari Thailand Untuk Para Pecinta Off-Road Indonesia

5. Toyota Hilux Juga Keren Dimodifikasi Offroad

Totota Hilux Modifikasi Offroad

Aksesoris aftermarket offroad untuk Toyota Hilux amat banyak

Mobil terakhir yang kami rekomendasikan jika ingin modif mobil Offroad untuk pemula adalah Toyota Hilux. Mengapa? Sebab selain terbukti tangguh karena dipakai juga untuk perusahaan pertambangan atau perkebunan, ketersediaan suku cadang mobil ini sangat banyak. Bahkan suku cadang aftermarketnya pun tidak kalah banyak dibanding suku cadang original dari Toyota.

Selain itu ragam aksesoris dan komponen untuk modifikasi mobil offroad berbasis Toyota Hilux sangat berlimpah. Tak jarang perusahan aftermarket dari Eropa atau Amerika pun ada yang menyediakan komponen untuk mobil ini supaya dibuat tangguh di medan offroad. Mengingat Hilux bukan cuma dipasarkan di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain.

Perihal harga, Toyota Hilux kabin ganda dalam kondisi bekas memang masih cukup tinggi yaitu di atas Rp 200 juta. Tapi kalau mau yang harganya lebih murah dari itu, bisa cari Hilux bekas perusahaan tambang atau perkebunan. Harganya bisa lebih murah Rp 50 juta dibanding eks pemakai pribadi. Tapi lagi-lagi, cari yang kondisinya masih cukup sehat ya.

Itulah beberapa pilihan mobil offroad modifikasi berharga terjangkau jika Anda baru mulai mencoba terjun ke dunia offroad. Saran kami, jika ingin membangun modifikasi mobil offroad yang benar-benar tangguh, maka siapkan dana yang cukup besar. Mengingat komponen penunjang offroad untuk mobil-mobil tersebut harganya mahal.

>>> Silahkan klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya bangun mobil offroad?
Untuk bsia membangun sebuah mobil offroad dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk memeprsiapkan mobilnya saja setidaknya butuh minimal Rp 10 juta, sementara untuk biasa bangun kaki-kaki termasuk ban, minimal butuh Rp 50 juta. Belum ditambah aksesoris lain seperti transfer case, winch, lampu tembak, dan lainnya. Ini belum termasuk harga mobil itu sendiri.
Bisakan mobil 4x2 dibuat jadi mobil offroad?
Sebenarnya bisa saja mobil MPV atau SUV berpengegrak roda belakang diubah jadi mobil offroad 4x4. Tentunya ini dilakukan dengan menambah gardan dan transfer case baru yang cocok dengan kendaraan tersebut. Masalahnya terkadang tidak ada komponen yang bisa langsung cocok dengan kendaraan itu mengingat perusahaan mobil tersebut memang tidak menyiapkan yang penggerak 4x4.
Apakah mobil offroad dipakai di jalan raya masih nyaman?
Melihat dari peruntukannya, mobil offroad memang selayaknya digunakan di medan-medan tidak beraspal. Sebab sistem suspensi, ban, dan komponen pada mobil itu juga sudah didesain untuk kebutuhan menerjang medan ekstrim. Sehingga jika dipakai di jalan raya, maka mobil tidak dapat mengeluarkan kemampuan maksimalnya.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top