5 Contoh Mobil Genio Modifikasi yang Gak Kalah Sama Sedan Modern

04/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Berikut ini adalah beberapa contoh mobil Genio modifikasi dengan hasil yang keren mulai dari modifikasi yang simple sampai ekstrim. Dan semua hasil modifikasi ini bisa membuat Honda Civic Genio tampil hak kalah keren dibanding sedan-sedan keluaran terbaru.

Mobil Genio modifikasi tentunya bisa tampil dalam berbagai gaya. Ada yang sengaja dikembalikan kondisinya seperti saat dulu mobil ini baru diluncurkan, ada yang modif mobil Genio secara simple, bahkan tak jarang juga yang modifikasi mobil Genio dengan cukup ekstrim. Semua tentu kembali lagi pada selera masing-masing pemilik mobil tersebut.

Maraknya populasi mobil Genio modifikasi ini juga tak lepas dari pengguna Honda Civic generasi kelima itu yang masih tumbuh subur. Dikenal sebagai sedan yang irit bahan bakar namun lincah untuk pemakaian di perkotaan, mobil yang diproduksi rentang tahun 1991-1995 ini masih menarik untuk dimiliki sampai sekarang. Dengan harga yang lebih murah ketimbang versi hatchback-nya yang dikenal dengan nama Civic Estilo, sejatinya Honda Civic Genio adalah pilihan mobil 1990-an yang masih sangat layak untuk dipertimbangkan.

Dan kalau mau tampilannya gak kalah dengan sedan-sedan modern, berikut ini Cintamobil.com berikan setidaknya 5 referensi contoh mobil Genio modifikasi.

>>> Honda Civic Si Coupe Ini Harganya Hampir Rp 700 Juta!

1. Honda Civic Genio Modif JDM

Honda Civic Genio JDM

Modif simple tapi pakai komponen berkelas

Apabila Anda ingin membangun mobil Genio modif yang tidak terlalu mencolok namun tetap berkelas, mengapa tidak coba gaya modif JDM alias Japanese Domestic Market. Yaitu gaya modifikasi dengan merujuk pada mobil Honda Civic yang sama namun hanya dipasarkan di Jepang.

Untuk bisa mendapatkan referensi seperti apa wujud Honda Civic Genio ala JDM, maka Anda harus cari sebanyak mungkin gambar kondisi Honda Civic EG ini yang ada di Jepang. Bisa juga intip komponen-komponen aftermarket yang disediakan untuk mobil tersebut. Karena untuk Honda, biasanya ada dua tuner yang khusus menyediakan part modifikasi, yaitu Spoon dan Mugen. Nah Anda bisa tentukan mau pakai gaya modifikasi mobil Honda Genio dari Spoon atau dari Mugen.

Jika semua referensi sudah didapat sedetil mungkin, maka proses selanjutnya adalah lakukan perburuan komponen-komponen tersebut. Mengingat part-part modifikasi ini harus didapatkan dari negara asalnya, maka Anda sebaiknya lakukan perburuan melalui situs-situs jual beli internasional, misalnya e-Bay. Atau bisa juga pilih importir part impor yang sudah terpercaya, misalnya dari Nitro Auto Part melalui akun Instagram @endrinitro

2. Honda Civic Genio Modif Simple

Honda Civic EG Modifikasi

Cukup ganti velg, pasang lip spoier, tampilan mobil sudah lebih ganteng

Honda Civic Genio merupakan sedan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Tapi kalau rasanya Anda gatal untuk membiarkan mobil dalam kondisi standar, maka cukup lakukan langkah modifikasi yang simple. Misalnya hanya dengan mengganti velg dan melakukan sedikit sentuhan di ruang kabin.

Untuk modif mobil Genio dengan memasang velg aftermarket misalnya, kalau mobil masih dipakai harian maka sebenarnya cukup pasang velg ukuran 15 inci atau 16 inci. Tapi perhatikan PCD velg dari Honda Genio yaitu 4x100. Jadi pastikan beli velg aftermarket yang juga punya PCD sama.

Sementara untuk ruang kabinnya, Anda bisa ganti pelapis jok dengan material baru yang lebih lembut namun tetap mudah dibersihkan. Untuk pilihan warnanya, supaya kesan mewah dan nyaman masih didapat, bisa pilih warna-warna natural seperti hitam, cokelat, atau merah tua.

>>> 8 Referensi Mobil Sedan Modifikasi yang Keren

3. Modifikasi Honda Civic Genio Ceper

Honda Civic Genio Modifikasi Ceper

Kalau mobil masih dipakai harian sebaiknya jangan terlalu ceper

Masih dengan tema modifikasi yang sebenarnya cukup simple, namun kalau Anda mau tampil lebih stand out, maka bisa buat Honda Civic Genio kesayangan Anda jadi lebih ceper. Namun sebelum membuat sedan tersebut lebih dekat ke aspal, ada baiknya pertimbangkan dulu velg yang hendak dipakai.

Penyesuaian alias fittment antara bodi mobil dengan velg yang bakal dipasang ini penting untuk menentukan bagaimana kondisi mobil nantinya bakal terlihat. Misalnya kalau mau tampil sangat ceper, maka sebaiknya pakai velg berdiameter cukup besar seperti 16 inci atau bahkan 17 inci. Kemudian kalau velg posisinya terlalu keluar dari fender, maka perlu setting ulang sudut camber agar ban tetap dapat bergerak leluasa di ruang fender.

Kemudian mobil Genio modifikasi ceper juga bisa dengan beberapa cara. Pertama dengan memotong per standar beberapa ulir. Cara ini tergolong paling murah tapi berisiko karena kekuatan per sudah berkurang akibat dipotong. Cara lainnya yang lebih aman adalah memasang coilover atau suspensi sport yang cenderung lebih rendah, atau aplikasi suspensi udara.

4. Honda Civic Genio Modif Racing

Mesin Honda Civic

Untuk mendapatkan tenaga lebih powerfull tinggal lakukan engine swap

Konsep modifikasi mobil Honda Genio berikutnya yang juga banyak diaplikasikan adalah bertema racing. Tentunya fokus modifikasi pada mobil ini ada pada peningkatan performa mesin dan pengemudian. Cara paling instan untuk bsia mendpaatkan mobil yang lebih bertenaga adalah dengan cara engine swap. Yaitu mengganti mesin standar dengan mesin dari mobil lain.

Sama seperti mobil Honda lain, Civic Genio juga sanggup menggunakan beragam jenis mesin Honda lainnya. Kalau mau paling bertenaga tapi masih pakai mesin keluarga Civic EG, maka bisa pilih mesin berkode B16A2 yang punya tenaga 160 Hp. Tapi banyak juga kok pemilik Civic Genio atau Estilo yang pakai mesin K-Series dari Civic Type R.

Setelah mesin, maka langkah modifikasi selanjutnya bisa meningkatkan kemampuan pengendalian mobil ini. Anda bisa memasang suspensi sport atau bisa juga pasang coilover dari sejumlah produsen aftermarekt seperti Spoon, Mugen, Tein, dan sebagainya. Kalau suspensi sudah lebih rigid, baru pilih velg aftermarket yang lebih ringan dipadu ban dengan grip yang lebih baik.

>>> Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

5. Honda Civic Genio Modifikasi Ekstreme

Honda Civic Genio Modifikasi Extreme

Modifikasi ekstrim sebaiknya hanya untuk kebutuhan kontes

Konsep modifikasi untuk Honda Civic Genio yang terakhir adalah dengan gaya cukup ektrim. Bahkan sampai-sampai terkadang wujud asli mobil ini sudah tak bisa dikenali lagi lantaran semua bagian dari sedan retro tersebut sudah tersentuh modifikasi.

Misalnya mobil Genio modifikasi dengan pintu model gullwing seperti model pintu Lambroghini. Lantas suspensinya sudah sangat ceper berkat dipasang suspensi udara. Kemudian velg yang terpasang juga diamater besar yang diikuti langkah pemasangan wide bodykit.

Untuk mesinnya juga sudah di ganti dengan mesin mobil lain sehingga tenaganya bisa lebih dari 200 hp. Lantas pada kabinnya sudah terpasang juga roll bar, jok racing full bucked, serta jok belakang dilungsurkan gantinya seperangkat audio dan video system.

Itu tadi beberapa contoh mobil Genio modifikasi yang bisa jadi inspirasi bagi Anda. Tentunya semua bisa disesuaikan dengan selera dan dana yang perlu disiapkan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Bisakah Honda Genio pakai aksesoris Honda Estilo?
Sebenarnya antara Genio dan Estilo adlaah sama-sama Honda Civic generasi kelima sehingga bisa saling bertukar komponen. Hanay saja beberapa part atau aksesoris berebda, mengingat untuk Genio bertipe sedan sementara Estilo hatchback.
Modifikasi engine swap Honda Genio bisa pakai mesin apa saja?
Honda Genio sebenarnya bsia menggunakan mesin Honda Civic dari berbagai generasi, mau B16, B20, atau K-Series pun bisa. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan ketersediaan dananya.
Dimana bisa dapatkan komponen modifikasi Spoon atau Mugen untuk Honda Genio?
Untuk mendapatkan perangkat yang lengkap, tentu Anda sebaiknya memesan langsung dari produsen tersebut melalui situs resminya. Tapi sebenarnya, banyak juga kok importir di Indonesia yang bersedia membuka pesanan komponen modifikasi dari Spoon maupun Mugen.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top