Ide Unik L300 Modifikasi yang Patut Dicoba

31/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Tidak hanya sebagai kendaraan operasional atau niaga, L300 juga menarik perhatian bagi pecinta modifikasi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya L300 modifikasi contest di berbagai daerah.

Mitsubishi L300 lebih dikenal sebagai mobil niaga atau pun operasional. Ketangguhan mesin serta tenaganya yang jempolan jadi alasan. Namun siapa sangka, tidak hanya sebagai kendaraan operasional atau niaga, L300 juga menarik perhatian bagi pecinta modifikasi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya kontes-kontes L300 modifikasi di berbagai daerah. Maka tak heran hasil dari modifikasi L300 baik yang jenis pick up maupun minibus sangat menarik untuk diikuti.

Banyak pilihan modifikasi yang bisa dilakukan pada L300. Dari yang sederhana hingga bergaya mewah. Sebagai contoh modifikasi pick up L300. Kategori yang satu ini cukup banyak dijadikan L300 modif contest di berbagai tempat. 

Gaya L300 Modifikasi Simple

Gambar sebuah mobil l300 modifikasi

Meski berbodi pick up, ada banyak modifikasi mobil L300 di Indonesia

Salah satu style modifikasi yang cukup favorit adalah L300 modifikasi simple. Pilihan yang satu ini memang jadi favorit karena cukup mudah dan tidak memakan banyak biaya. Untuk modifikasi simple, item-item yang biasanya diganti antara lain plafon mobil, velg, maupun pemasangan cutting sticker di bagian belakang atau depan.

Untuk memperkaya “rasa modifikasi” pada mobil asal pabrikan Jepang ini, Anda juga bisa menambahkan grafiti, gambar, atau pemasangan body kit pada bumper bagian depan dan belakang. Untuk yang terakhir, tentunya membutuhkan biaya yang lebih.

>>> Ini Caranya Kalau Ingin Modifikasi Mobil L300 Jadi Mewah

Beberapa Kontes L300 Modifikasi di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mobil L300 modifikasi cukup menarik perhatian para pecinta modifikasi mobil. Salah satunya ialah adanya kontes ataupun pameran modifikasi L300 di berbagai daerah, antara lain di Solo dan Yogyakarta. Pada L300 modif contest di Solo misalnya, diikuti sebanyak 26 kontestan.

Hasil modifikasi pick up L300 ini pun tak kalah cantik dengan modifikasi-modifikasi mobil tipe lain. Seperti modifikasi L300 bergaya ceper ataupun penambahan air suspension. Sedangkan pada pameran di Yogyakarta, salah satu peserta melakukan modifikasi yang cukup ekstrem pada mobil pick up legendaris tersebut. Yakni mengubah L300 menjadi layaknya diskotik berjalan dengan penambahan sistem hidrolik di bagian bak belakang. Tak ketinggalan interior yang dipenuhi lampu-lampu gemerlap. Tentu saja dilengkapi dengan speaker yang tidak kalah ‘wah’.  

Gambar sebuah mobil L300 setelah modifikasi

Desainnya yang sederhana membuatnya menjadi target modifikasi

Beberapa Pilihan L300 Modif Stiker

Bisa dibilang trik yang satu ini merupakan modifikasi L300 yang paling mudah. Yup, yakni memasang cutting sticker di bagian depan, samping, atau belakang mobil. Memasang cutting sticker menjadi favorit karena prosesnya yang tidak ribet serta tidak terlalu menghabiskan biaya banyak seperti style modifikasi lainnya. Untuk memulainya, Anda bisa mengkonsep terlebih dahulu gaya modifikasi yang Anda pilih. Kemudian tentukan cutting sticker yang sesuai. Bisa berupa grafiti, ornamen, atau gambar-gambar tokoh favorit maupun logo-logo lainnya. 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memasang cutting sticker pada mobil L300 modifikasi adalah kombinasi antara warna cat dan sticker. Jangan sampai warna cutting sticker Anda kalah dengan warna dasar mobil, sehingga tidak terlihat. Pilihlah warna-warna yang saling berlawanan. Semisal mobil L300 Anda berwarna hitam, maka pilihan warna untuk cutting sticker adalah warna-warna cerah. 

L300 Modif Ceper

Mobil L300 modifikasi dengan cara memakai stiker

L300 modifikasi keren dan unik

Selain pemasangan cutting sticker, trik modifikasi L300 lainnya adalah membuat ketinggian mobil rendah alias modif ceper. Dibanding dengan memasang cutting sticker, membuat L300 modifikasi bergaya ceper memang membutuhkan effort yang lebih namun tidak terlalu sulit.

Yang pertama, untuk suspensi bagian depan, Anda hanya perlu memotong ulir per sesuai kebutuhan yang Anda inginkan. Jika ingin mobil tampak lebih ceper maka ulir per yang dipotong makin panjang.

Sedangkan untuk suspensi belakang yang masih berjenis leaf springs atau per daun, hanya perlu roll atau press lembaran per tersebut. Tidak sulit menemukan bengkel modifikasi yang sanggup mengerjakan proses ini. 

>>> Review Mitsubishi Colt L300 2017, Aksi Sang Legenda Hidup

Variasi L300 Modif Truk 

Sebuah mobil L300 berwarna hitam sedang siapkan untuk modifikasi

L300 pick-up warna hitam

Tidak hanya memasang cutting sticker dan gaya ceper, modifikasi L300 pick up atau truk juga masih memiliki variasi lainnya, mulai dari bagian velg, interior, hingga pemasangan bodykit.

Modifikasi L300 dengan velg besar

Yang pertama dan cukup sederhana adalah modifikasi di bagian velg. Untuk memulainya, Anda bisa mengganti velg ukuran standar pada L300 ke velg ukuran diameter 17. Untuk diameter ini cukup mudah karena Anda tidak perlu melakukan perubahan pada bagian kaki-kaki maupun fender. 

Modifikasi L300 dengan bodykit

Sebuah mobil pickup L300 telah modifikasi dengan pasang banyak stiker di bagian bodinya

Modifikasi Mitsubishi L300 dengan beragam stiker unik

Selanjutnya adalah menambahkan bodykit pada bemper depan dan belakang. Modifikasi pada sektor ini akan membuat tampilan L300 menjadi lebih mewah. Biasanya, bahan untuk bodykit bisa dari plat besi maupun fiber. Untuk plat besi risiko yang muncul adalah bobotnya yang lebih berat sehingga akan menambah beban mobil. Sedangkan bodykit yang berbahan fiber lebih ringan namun lebih mudah hancur jika terjadi benturan.

Modifikasi interior

Setelah bergulat pada sisi eksterior, kini Anda perlu memperhatikan sisi interior. Untuk interior, Anda bisa memadupadankan dengan corak maupun warna yang sudah dipilih pada bagian eksterior. Sedangkan untuk aksesorisnya Anda bisa mengubah pada bagian plafon mobil, jok, maupun door trim. Untuk bahan bisa menggunakan kulit asli ataupun kulit sintetis bila ingin mengeluarkan biaya yang lebih murah.

Untuk melakukan modifikasi interior ini, perhatikan kondisi mobil serta kebutuhan Anda. Tak masalah membawa berbagai ubahan untuk memberikan rasa nyaman sepanjang perjalanan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil L300?
Harga mobil Mitsubishi L300 itu mulai dari Rp 200,5 - Rp 201,5 Juta
Berapa ukuran ban Mitsubishi L300 dan bisakah modifikasi ban ini?
Ukuran ban Mitsubishi L300 adalah 185 R14 dan jika mau Anda bisa saja modifikasi bannya.
Apakah ada kontes modifikasi mobil?
Iya ada. Mitsubishi L300 Modif Contest adalah salah satunya.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top