Ingin Ganti Atau Tambah Karpet Mobil? Ini Yang Perlu Diperhatikan

21/09/2021

Perawatan dan service

7 menit

Share this post:
Karpet mobil punya beragam jenis dan fungsi dapat dipilih. Dalam penggantian terdapat hal yang perlu diperhatikan supaya tetap aman dan nyaman namun tetap menarik untuk dipandang.

Kabin mobil menjadi bagian yang penting ketika sedang berkendara. Berbeda dengan sisi eksterior yang berhubungan dengan penilaian seseorang terkait tampilan dan bentuknya. Di kabin mobil berhubung dengan kenyamanan dalam perjalanan. Salah satunya adalah adanya karpet mobil yang mempunyai beberapa fungsi seperti peredam dan lainnya.

Pada saat membeli sebuah mobil akan diberikan karpet bawaan yang sudah cukup mendukung kenyamanan. Namun terdapat beberapa faktor seseorang ingin mengganti atau memberikan karpet tambahan. Kalau soal penggantian umumnya karpet bawaan sudah rusak atau memang pemilik kurang puas dengan bawaan karena tampak mudah kotor ataupun kurang mewah.

Jangan Sembarangan Pasang Karpet Tambahan Di Mobil

Adapun yang paling umum adalah memasang karpet tambahan pada lantai mobilnya. Dalam memasangkan karpet mobil tambahan diharapkan dapat memberikan perlindungan pada karpet bawaan mobil sehingga tidak mudah kotor dan perawatan jadi lebih mudah. Akan tetapi kadang kala pemasangan karpet tambahan berakibat jadi sumber masalah.

Gambar ini menunjukkan karpet tambahan pada bagian ruang pengemudi

Penempatan karpet harus dipastikan tidak mengganggu kenyamanan dan pengendaraan

Hal ini perlu diwaspadai, salah satunya adalah karpet yang berada di area pengemudi. Resiko karpet mengganjal di bawah pedal bisa terjadi sehingga putaran mesin jadi terganggu. Selain itu, kasus lainnya adalah karpet berpindah posisi karena di dalam kabin tidak dapat merekat dengan baik.

Biasanya hal tersebut dapat terjadi ketika membeli karpet dengan ukuran yang umum ditujukan semua jenis kendaraan. Jangan anggap sepele karena bisa saja menjadi penyebab terjadi kecelakaan selama perjalanan. Ketika membeli mobil disarankan untuk memilih yang mengukur sendiri atau custom. Dengan begitu karpet akan presisi dan sama dengan bentuk kabin mobil.

Perhatian yang lebih ditujukan pada area pengemudi karena terdapat pedal gas, rem dan kopling. Pastikan tidak mudah bergerak atau berpotensi mengganjal pedal yang ada.

Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik

Dalam pemilihan karpet untuk mobil kesayangan perlu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya adalah agar tidak kecewa, ditambah lagi saat tidak serasi dengan kabin maka tidak dipasang dan jadi mubazir.

1. Bau Karpet

Ketika membeli karpet mobil tentunya pilih karpet yang bagus, dalam hal ini pilihlah yang tidak berbau. Dalam hal ini bau yang dimaksud yaitu dapat memberikan gangguan selama perjalanan. Untuk masalah tersebut umumnya saat membeli online karena tergoda dengan motif dan warna serta harganya.

Jika ingin terhindar dari karpet bau maka pembelian perlu dilakukan secara langsung dan menciumnya apakan baunya tidak enak atau biasa saja. Apabila memang ingin membeli secara online sebaiknya melihat komentarnya, apakah banyak yang merasa puas atau malah kecewa.

>>> Bau Kabin Mobil Kini Menjadi Identitas Merek

Gambar ini menunjukkan kabin mobil dipasangi karpet warna hitam

Pilih karpet yang bisa buat tampilan menarik namun nyaman digunakan

2. Karpet Tidak Licin

Kenyamanan di dalam kabin mobil bisa terganggu pada saat karpet mobil licin. Ketika karpet licin maka posisinya bisa berubah sehingga membuatnya tidak enak dipandang karena tidak rapi dan terasa mengganggu. Untuk mengetahuinya bisa mencobanya secara langsung di mobil kesayangan, apabila tidak diperbolehkan oleh penjual maka biarkan penjual yang melakukan pengujian.

3. Mempunyai Perekat Atau Pengait

Pada saat ingin membeli karpet alangkah baiknya memilih yang terdapat pengait atau perekat apabila ukurannya tidak pas di mobil. Namun jika memang diperuntukkan untuk mobil yang dimiliki sehingga pas maka tidak terlalu butuh perekat.

Resiko karpet yang tidak ada perekat dan ukurannya tidak pas adalah bisa bergeser sehingga kotoran bisa sampai ke lantai karena ruang yang terbuka akibat karpet bergeser. Tentunya hal ini sangat disayangkan, niatnya menjaga lantai dasar dengan memberi karpet tapi tetap kotor.

4. Elastis Dan Lentur

Karpet mobil yang lentur biasanya lebih awet dan kualitasnya lebih bagus. Umumnya harga karpet yang memiliki elastisitas dan kelenturan  tinggi lebih mahal dibandingkan yang rendah. Jadi alangkah membeli dengan harga lebih dibandingkan membeli yang kualitasnya rendah dengan harga murah tapi penggantian sering dilakukan.

5. Motif Besar

Motif yang terlalu rapat pada karpet membuat pemilik lebih susah dalam melakukan pembersihan. Berbeda dengan karpet bermotif besar, jika terdapat kotoran bisa lebih mudah dibersihkan dan tentunya lebih cepat.

Gambar ini menunjukkan karpet mobil jenis PVC dipasang di mobil

Terdapat beberapa jenis karpet yang dapat dipilih

6. Warna Netral

Memang selera warna setiap orang berbeda-beda, namun saat memilih karpet perlu dipadukan dengan warna kabin mobil. Jangan memaksakan warna yang diinginkan tapi tidak pas dan malah membuat tampilan kurang menarik. Seperti misalnya karpet dengan warna mencolok, ketika dipasangkan tampak kurang menarik.

Alangkah baiknya memilih warna yang netral seperti cokelat, hitam atau karpet dengan warna gelap. Meskipun begitu, memilih warna cerah juga bisa saja sesuai apabila telah membayangkan terkait perpaduan warnanya atau sudah pernah melihat penggunaan warna karpet yang diinginkan saat  terpasang di kabin mobil.

7. Mencari Rekomendasi

Ketika membeli karpet mobil tentunya ada 2 kemungkinan yaitu cocok dengan kabin atau malah perpaduan warna dan modelnya tidak pas. Oleh sebab itu bertanya terlebih dahulu menjadi salah satu solusi tepat agar mendapatkan karpet yang sesuai.

Tanyakan kepada saudara, teman atau orang yang sudah ahli dalam masalah karpet yang dipasangkan pada kendaraan. Bahkan penjual yang baik akan memberikan referensi dalam pemilihan karpet agar bisa sesuai dengan mobil yang dimiliki. Hal ini penting supaya tidak kecewa ketika telah melakukan pembelian dan pemasangan.

>>> Tips Membersihkan Karpet Mobil Selama PPKM, Tak Butuh Peralatan Khusus

Karpet Mobil Avanza

Toyota Avanza merupakan mobil sejuta umat yang menjadi andalan semua kalangan untuk dijadikan kendaraan keluarga. Pakai karpet adalah salah satu cara yang bagus dalam merawat mobil kesayangan Anda. Karpet dasar bawaan Toyota Avanza adalah beludru. Penggantian bisa saja dilakukan karena hilang saat dijemur atau sudah mengalami kerusakan.

Gambar ini menunjukkan karpet mobil Toyota Avanza

Mengganti karpet atau menambahnya terdapat beberapa model yang bisa dipilih

Pada saat ingin membeli karpet mobil Toyota Avanza terdapat banyak pilihan. Jika ingin yang original, harganya berada di angka Rp 600 ribuan. Namun Sobat bisa menggantinya dengan bahan material selain beludru seperti karet, sintetis atau PCV.

Jika memilih yang lebih murah bisa pilih bahan karet dengan harga di angka Rp 300 ribuan di toko online. Sobat juga bisa memilih karpet custom sehingga bisa memilih motif, bahan sesuai keinginan dan tentunya pas di kabin mobil.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah karpet mobil bisa menaikkan harga jual mobil bekas?
Bukan menaikkan, namun saat karpet mobil kondisinya masih bagus tentu harga mobil bekas lebih baik dibanding yang karpetnya telah rusak.
Apa yang harus diperhatikan saat pasang karpet tambahan di mobil?
Perhatian tertuju di bagian ruang pengemudi, pastikan karpet tidak mengganjal pedal yang ada di mobil supaya pengendalian mobil tetap aman.
Apakah bisa pasang karpet mobil sendiri?
Bisa, apabila karpet tambahan hanya perlu memasangkannya dengan posisi yang pas. Sedangkan karpet dasar perlu melepas kursi terlebih dahulu baru dipasang.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top