Tips Membersihkan Karpet Mobil Selama PPKM, Tak Butuh Peralatan Khusus

08/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Selagi Anda Work from Home selama periode PPKM Darurat, ada baiknya membersihkan interior kendaraan kesayangan. Berikut tips dalam membersihkan karpet mobil.

Karpet mobil adalah salah satu bagian interior yang paling mudah kotor. Wajar saja, karpet menjadi alas yang selalu terinjak oleh sepatu dan sandal yang dipakai untuk berjalan ke berbagai jenis medan.

Selagi PPKM Darurat, ada baiknya Anda membersihkan karpet mobil sebelum kembali beraktivitas di luar rumah. Karena mobil yang bersih akan menunjang kenyamanan dan kesehatan saat mobilitas sehari-hari.

Gambar Kabin Mobil

Kabin mobil yang bersih membuat Anda lebih nyaman dan sehat

Bersihkan Secara Vertikal

Untuk membersihkannya, keluarkan karpet dari dalam mobil dan letakkan dengan posisi vertikal atau menggantung. Anda bisa menggunakan pagar sebagai media untuk meletakkan karpet tersebut.

>>> Tips Bikin Mobil Kinclong Selama PPKM, Tak Perlu ke Salon Mobil!

Hal ini dilakukan agar kotoran yang nantinya akan disemprot dan disikat akan lebih mudah turun. Setelah itu, Anda bisa mulai membersihkan karpet dengan cara menyemprotkan air ke permukaan.

Jika Anda memiliki semprotan air bertekanan tinggi, merontokkan kotoran dari karpet menjadi lebih mudah. Jika tidak, gunakan bantuan sikat halus. Jangan gunakan sikat kasar karena bisa merusak serat fabric dari karpet bawaan pabrik.

Gambar Sikat Karpet

Gunakan sikat yang halus agar tidak merusak karpet

Agar lebih bersih, Anda menggunakan cairan fabric treatment atau shampoo mobil dengan pH balance. Jangan menggunakan deterjen untuk mencuci baju karena sifatnya yang keras bisa merusak karpet fabric.

Setelah itu jemur sampai karpet benar-benar dalam keadaan kering. Kalau tidak, karpet mobil yang basah akan menimbulkan bau yang tak sedap dan membuat kabin mobil menjadi lembab.

Bagaimana Dengan Karpet Karet dan PVC?

Jika Anda menggunakan karpet berbahan karet atau PVC, sebenarnya tidak ada perlakuan khusus yang harus dilakukan. Justru, karpet jenis ini lebih kuat saat harus dicuci.

>>> Konsumen Mitsubishi Dapat Fogging Disinfektan Gratis! Ini Syaratnya

Bahkan, karpet jenis ini bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring jika Anda ingin menghemat penggunaan shampoo mobil yang harganya lebih mahal.

Gambar Vacuum Karpet Mobil

Jangan lupa membersihkan debu secara berkala

Setelah dicuci, jangan lupa untuk rutin membersihkan debu yang menempel dengan menggunakan sapu atau vacuum cleaner. Ini dilakukan agar saat kotoran tidak sampai menempel sehingga membuat karpet mobil lebih sulit dicuci.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top