Begini Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak

17/05/2021

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Masalah kaca mobil retak tidak selalu harus diganti dengan kaca baru. Teknik ini bisa digunakan untuk memperbaiki kaca mobil retak asalkan memenuhi syarat

Kaca mobil memiliki peran yang sangat vital karena mampu melindungi penumpang dan pengemudi dari hujan, angin, dan partikel berbahaya di luar mobil. Namun ada kalanya musibah terjadi pada mobil Anda seperti keretakan pada bagian kaca yang disebabkan oleh benturan benda tumpul. Kaca mobil retak juga bisa disebabkan karena hal yang sepele seperti tidak sengaja terkena batu atau kerikil yang terpental dari arah berlawanan. 

Terlepas dari apa pun penyebabnya, keretakan pada kaca mobil memang harus segera diatasi karena sangat mengganggu visibilitas pengemudinya. Apabila sudah terjadi demikian, lantas apa yang harus Anda lakukan? Bisakah diperbaiki? Simak penjelasannya berikut. 

Suntik Kaca Adalah Salah Satu Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak

Keretakan pada kaca mobil sebenarnya bisa diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan teknik suntik kaca atau bor kaca. Dengan cara ini kaca mobil Anda yang retak bisa diperbaiki tanpa harus dilakukan penggantian. Pertama-tama, kaca mobil yang retak dibersihkan dari debu, serpihan kaca, atau kotoran lainnya. Kemudian kaca harus dibor untuk membuat lubang sehingga cairan resin bisa dimasukkan pada lubang tersebut. Lubang yang dibuat sebaiknya tidak terlalu besar, secukupnya saja di sekitar retakan. 

Resin berfungsi untuk merekatkan kembali kaca yang retak sehingga permukaan kaca mobil bisa utuh kembali. Isikan cairan ini pada lubang yang sudah dibuat dengan cara dibor tadi. Tunggu beberapa jam hingga resin mengeras. Setelah itu retakan kaca akan terlihat mengecil. Dan setelah beberapa menit, perbaikan kaca retak pakai cairan resin bisa selesai. Terakhir, biasanya pihak bengkel akan memberikan penyinaran sinar UV sebelum dilakukan pemerataan menggunakan lapisan film. 

suntik kaca untuk memperbaiki kaca retak

Perbaikan kaca mobil yang retak bisa dilakukan dengan teknik suntik kaca

>>> Kaca Depan Pecah Atau Retak, Bisakah Di Perbaiki?

Syarat Kaca Mobil Retak yang Masih Bisa Diperbaiki

Namun, tidak semua keretakan juga bisa diperbaiki. Saat ini memang ada cara yang lebih mudah dan murah untuk memperbaiki kaca mobil dengan teknik suntik kaca. Perlu diketahui bahwa suntik kaca ini hanya bisa dilakukan dengan beberapa syarat.

1. Area yang retak kurang dari 14 inci

Jika kaca depan mobil Anda menggunakan tempered glass atau laminated glass maka masih bisa disuntik kaca asalkan area yang retak maksimal 14 inci atau sekitar 36 cm. Jika lebih dari itu tentu saja tidak bisa dilakukan perbaikan dan harus dilakukan penggantian seluruh permukaan kaca. 

kaca retak harus diganti untuk menghindari tindak kejahatan

Jika kaca mobil yang retak lebih dari 14 inci sebaiknya segera lakukan penggantian

2. Keretakan tidak tembus kaca interior

Perlu diketahui bahwa resin tidak bisa mencapai bagian dalam kaca. Jadi, apabila keretakan yang terjadi pada kaca depan mobil Anda kedalamannya sampai ke bagian interior maka sayang sekali perbaikan tidak bisa dilakukan. 

>>> Asyik! Komunitas Mobil Ini Bisa Dapat Promo Kaca Film V-Kool

3. Tidak terjadi keretakan sudut

Sering kali kaca mobil mengalami keretakan di bagian sudut-sudutnya yang disebabkan oleh berbagai hal seperti cuaca ekstrem atau lemahnya kualitas kaca. Ketika Anda mengalami hal seperti ini secara otomatis perbaikan tidak bisa dilakukan. Solusinya, iAnda harus segera mengganti kaca baru karena keretakan sudut dapat berpotensi untuk melebar hingga bagian tengah. 

tidak terjadi keretakan pada sudut bisa menjadi syarat pergantian kaca mobil

Perhatikan kedalaman keretakan pada kaca mobil anda 

4. Fitur yang ada pada kaca mobil masa aman

Beberapa tipe mobil telah dilengkapi dengan fitur canggih pada bagian kacanya seperti sensor suhu, antena, dan sejenisnya. Jika keretakan menembus pada bagian fitur ini maka tidak ada pilihan lain selain segera membawanya ke bengkel untuk diganti. 

Memang memperbaiki kaca mobil retak terlihat mudah, namun ada baiknya jika belum terbiasa memperbaiki kaca retak dengan cairan resin, Anda langsung percayakan saja pada bengkel kesayangan. Biaya perbaikan kaca retak menggunakan cairan resin biasanya dibanderol mulai dari Rp 500 ribuan, sementara untuk waktunya dibutuhkan sekitar 30 hingga 40 menit saja. 

>>> [INFOGRAFIK] Mary Anderson, Sang Ibu yang ‘Melahirkan’ Pembersih Kaca Depan Mobil

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top