Kaca Depan Pecah Atau Retak, Bisakah Di Perbaiki?

03/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Kaca Depan Pecah Atau Retak, Bisakah Di Perbaiki?
Jika kaca depan pecah atau terjadi keretakan bisakah diperbaiki? Lalu keruskan seperti apa yang dapat diperbaiki dan mana yang tidak?

Saat kita mengemudikan mobil bahaya apapun dapat mengincar Anda, mulai dari bahaya tabrakan, ditabrak atau sesuatu yang tidak terduga seperti kaca depan mobil pecah. Retakan kaca tersebut tentunya enggak boleh dianggap enteng. Hal itu mungkin tidak nampak seperti masalah besar. Namun berdampak pada jarak pandang dan dapat kembahayakan keselamatan. Kalau kaca sudah retak, sebaiknya direparasi atau dilakukan pergantian baru?

Tampak Kerusakan kaca depan

Kaca pecah seperti ini umumnya masih dapat diperbaiki

Ada dua opsi yang dapat jadi pilihan untuk menangani kaca depan mobil retak atau pecah. Pertama Anda dapat memperbaikinya jika lubang yang terjadi berukuran kecil, atau mengganti seluruh kaca depan. Namun solusi kedua ini sepertinya akan membuat dompet beberapa dari Anda bergetar, karena windshield atau kaca depan mobil tidak semuanya berharga terjangkau. Alhasil mengganti kaca depan pecah atau kaca depan retak membutuhkan biaya yang lebih mahal, sementara pilihan pertama dilakukan untuk memperbaiki kerusakan kecil.

Mengemudikan mobil Honda HR-V

Kaca depan pecah dapat terjadi ketika sedang mengemudi seperti ini

Jika lokasi pecahan atau retakan kaca sudah terlalu besar sehingga sangat mengganggu atau berada di lokasi yang sulit untuk dilakukan reparasi, kami dari Cintamobil.com lebih menyarankan Anda menabung lalu mengganti kaca depan mobil Anda. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda memaksakan ‘menambal’ atau menge-las retakan kaca tadi. Lantas kriteria kerusakaan yang seperti apa yang dapat diperbaiki perbaikan kacanya?

>>> Tidak hanya mengulas secara lengkap dan mendalam seputar mobil, kami juga mengulas bus tercanggih didunia disini

Tampak proses las kaca

Kaca yang retak dapat diperbaiki dengan cara ditambal seperti ini

Untuk kaca depan mobil umumnya menggunakan laminated glass atau tempered glass, retakan berukuran kurang dari 14 inci masih memungkinkan untuk diperbaiki. Namun jika celah atau retakan yang terjadi lebih besar dari itu, maka seperti yang kami bilang sebelumnya, Anda perlu melakukan penggantian kaca secara utuh. Kualitas perbaikan retakan dengan ukuran besar sangat ditentukan oleh keterampilan teknisi yang mereparasi kaca.

Jika pecahan kaca depan terlalu besar tidak disarankan untuk diperbaiki

Jika pecahannya terlalu besar maka tidak disarankan untuk diperbaiki, gantilah jika kerusakannya seperti ini

Biasanya keretakan kaca mobil tidak dapat diperbaiki jika kerusakan terjadi memanjang dari panel kaca eksterior atau bahkan menembus interior. Kondisi tersebut terlalu sulit untuk diperbaiki. Keratakan yang terjadi di bagian sudut juga kerap sulit diperbaiki. Oh ya, jangan lupa Anda harus mempertimbangkan pula sensor suhu, radar, antena radio, serta berbagai teknologi canggih lainnya yang biasanya disematkan di kaca depan mobil.

 Tampak Radar di Suzuki Wagon R 2019

Perhatikan juga fitur terkini di mobil Anda yang melibatkan kaca depan mobil

Proses memperbaiki kaca retak memerlukan waktu sekitar 30 – 40 menit dan dilakukan dengan menyuntikkan resin ke dalamnya. Ketika cairan tersebut mengeras, resin akan membantu mengembalikan kerekatan kaca. Kerin kemudian dipoles dan dilanjutkan dengan proses penyinaran UV. Jika proses ini dilakukan secaca benar, retakan tidak akan bisa menyebar lebih jauh.

Pembaca juga mencari: cara memperbaiki kaca retak, cara memperbaiki kaca mobil retak, cara mengatasi kaca depan mobil retak, kaca depan avanza retak, cara mengatasi kaca mobil retak, memperbaiki kaca mobil retak

 >>> Baca juga tips perawatan otomotif lainnya disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top